9ethuk

Berbagi adalah sumber energi abadi

“Sobat, kau mengajarkan banyak hal padaku”

Berawal dari 2 minggu pertama di bekasi, sekarang menanti 2 minggu penghabisan PKP di bekasi. Menunggu adalah penderitaan yang aku belum bisa mengalahkannya. Namun setidaknya ada dua hal yang mampu menepisnya adalah kegiatan dan teman. Selama masih ada dua hal ini, tak taku lagi aku pada sepi atau menunggu. Berawal dari ‘ latihan’ kehilangan dua minggu pertama hingga berusaha mempertahankan kawan hingga titik akhir perjalanan.

Seperti kata sohibku, “setiap akhir merupakan awal perjalanan yang baru”. Setipa ‘latihan’pun pasti ada buahnya. Dan Allah memberlakukan caraNya tersendiri padaku. Hingga aku mengenal kawan-kawan baru di sini, di kampong Tanah Baru ini. Ya. Minggu pagi, 2 minggu yang lalu aku, Nanang, ma Ambar lari pagi mengelilingai kawasan industri. Nanang sudah 1 tahunan gak lari pagi, Ambar bilang dia sudah 2 tahun gak lari pagi, aku sendiri sudah 2 bulanan gak lari atau sepak bola. Wal hasil baru lari 30 menitan sudah berhenti ganti jalan sehat. Hahaha. Satu hal yang tetap membuat bertahan untuk tetap berjalan. Adalah mencari tukang soto di ujung kawasan. Sampai di sana, “guubrakkk” kagak jualan. Yah akhirnya balik ke kostnya ambar. Setidaknya es juice ma tanggo Ambar sedikit melepas dahaga. Yang menarik baru dimulai. Paginya kami semua mengeluh sakit semua paha dan betis. Kagak bisa kerja maksimal. Hehehe. Ya iyalah, masak ya iya donk. 2 tahun kagak pernah lari pagi. Si Ode pagi itu kagak ikut lari, dia lagi semngat belajar MS. Word di komputernya Mas Anto. Maklum satu minggu lalu dia minta diajarain. Makany aku bilang untuk nyari setiap kertas buat ketik sesuai aslinya. Dan pagi itu dia nemui brosur training setir mobil. Meski lama ngetiknya, tapi ia belajar cepat. Ya iya lah lama, lha wong baru megang kompouter 1 minggu. Hehe. Oh iya dia dijuluki “Ode” kepanjangan dari Over Doses. Kareana badannya kayak tiang listrik, kecil banget. Salah sendiri udah tau badan kecil eh ngerokoknya kagak berhenti-berhenti. Kayak kereta api. Huh. Benci aku.

Apapun mereka, adalah teman bagiku dalam kesendirian dan kesepian. Nanang, Ode kerja di PT. Katsushiro masih kontrak selama 6 bulan. Baru dapet 1 bulan ketika aku dating di bekasi. Sedang mas Anto kerja di CV. Dharma, dia yang paling dewasa. Sebelumnya udah kerja di Tangerang. Mereka bertiga adalah tetangga kostku. Setalh 2 minggu kenal, kami wis kayak saudara sendiri. Kamar mereka juga kamarku. Barang mereka juga barangku. Gitulah istilahnya. Meskipun bentuk kost disini kayak rumah tersendiri. Persis kayang rumah KPR. Berjajar 3- 4 rumah berdempet. Bedanya disini hanya terdiri dari 1 kamar utama dan kamar mandi doank. Begitulah kami menjalani. Eits sampai lupa, si Ambar itu temennya Nanang dari kebumen juga, tapi dia sudah kerja di PT Katsushiro lama. Hamper dua tahun. “1 bulan lagi aku jadi karyawan tetap..” ungkap Ambar saat lari pagi.

Begitulah hari berjalan, hingga kini tinggal 2 minggu penantian di Ferron. Biasanya aku menghabiskan waktu ngobrol atau sekedar melihat TV di kamar mereka. Satu hal yang gak kusuka, pas mereka merokok, biasanya kusush keluar kamar. Meskipun kamar mereka sendiri. Hehe. Atau biasanya mereka keluar sendiri jika mau merokok. Nanang ma Ode jago ngerokok, tapi Mas Anto ma Ambar gak ngerokok. Sekali lagi apapun mereka, aku salut. Banyak hal yang aku harus akui aku kalah. Perjuangan mereka untuk tidak tergantung pada orang tua dan rasa kesetiakawanan yang luar biasa. Bahkan ketika mereka baru gajian, sering menawari aku pinjaman uang. Padahal baru kenal 1 bulan. Kalau hanya sekedar nawari mie instant, kopi sachet, energen dah tak terhitung lagi berapa kali. Kesederhaan dan kesetiakawanan mampu mereka buktikan. Ingin ku menyapa ketika bertemu lagi dengan mereka kelak, “Sobat, kau mengajarkan banyak hal padaku”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 14, 2008 by in [Bertemu] [Reuni] [Kumpul], [Catatan Harian].

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 159 other followers

Tulisan Terdahulu

%d bloggers like this: