9ethuk

Berbagi adalah sumber energi abadi

Allah Yang Mengatur


“Wah. Sekarang dah jadi OKM ya An. Dah daftar YM belum? Biar bisa komunikasi terus” begitu SMS Aziz. Gank HAMAS (Halaqoh Anak Masjid Al hakim SMU 1) dulu. Pake istilah baru lagi, OKM? Apaan tuch? Aku SMS balik ternyata “Orang Kaya Mendadak” haha.. aku ketawa lebar tau artinya itu. Kaya dari hongkong. Belum lagi. Lha wong Gajian aja belum, pun ampek sekarang. Kalaupun toh dah gajian emang segitunya. Percaya tidak. Allah selalu memberi jalan. Dengan caraNya. Hari rabu-kamis puncaknya. Pas lagi di steril 2, Si Tobi SMS, mas aku ntar ke kostmu, aku berangkat dari Jakarta jam 4 sore. Besok aku ada test di Unilever. Tobi adalah panggilan akrab Romsihadi, satu desa denganku. Kerja di proyek bangunan di Jakarta. Satu kost ma Pak Omen. Lulusan STM. Dasar si Tobi. Masak hamper tiap jam dia SMS atau telpon. Memberi tau posisinya dimana. Sedang aku sedang sibuk dengan steril 2 dan bule-bule dari Italia itu. Maklum, dia belum pernah ke Bekasi.

Malam semakin larut, tapi si Tobi juga belum datang. Akhirnya jam 22.30 aku pulang. Coz Tobi SMS dah nyampek gerbang jababeka. Paling ntar ketemu dijalan, coz jarak pabrik dari kostku 10-15 menitan. Astaghfirullah, kelupaan. Aku belum ambil uang dari ATM. Lha wong pulang larut terus. ATM dah tutp. Uangku aku pinjamin ke temamku buat bayar tiket bus buat pulang. Katane dah ditransfer 210rb. Itu juga uang buat bayar utang ke Ambar dan makan beberapa hari menuju pulang kampung. Maklum, belum gajian. Yach tinggal 40ribuan. Di dompet. Gimana nich.

Bener juga, pas lagi dijalan, ketemu juga ma Tobi, lagi naik ojek dia. Kusapa dan kuajak dia jalan bareng aku. Udah deket kostku. Beli makan dan roti buat berdua. Ngobrol dengan setengah terkantuk ampek jam 24.00an. Tertidurlah kita. Sahur bareng. Pas bayar aku bilang, “Aku Cuma bayarin maem ma minum, rokok kamu bayar sendiri”. Huh mana gila aku bayarin rokok. Haram kali. Bisa dihitung lagi, sisa uang tinggal 20ribuan. Masih cukup sampai jum’at. Buat ambil di ATM. Lha dalah. Pas lagi di steril 2, si Tobi SMS lagi. “Mas, aku mungkin ntar pulang sore, pengumuman masih semingguan lagi. Bisa ketemu di depan pabrik mas gak?”. “Kayake aku pulang malem, kunci taruh di atas pintu wae” balesku sekenanya. “Eneng opo?” lamjut SMSku. Coz aku hafal banget sifat Tobi dari Pak Omen. Bener juga, “Mas, aku bisa pinjam uangnya 20rb aja buat balik ke Jakarta, ntar biar Di transfer Pak Omen” Hahaha.. Dasar si Tobi. Pancet wae to le le. Selalu seperti itu, bondo nekad. Sudah kuduga. Yach mau apalagi. Untungnya Refa (teman sekerjaku) bisa minjemin uang 20rb. Coba kalau gak ada. Mau ngomong apa. Allah sudah mengaturnya.

Pas ngambil. Di ATM tinggal 290rb. Aku ambil 200rb. Buat hidup 1 minggu, bayar utang 50rb kea mbar, 20 rb ke Refa. Cukuplah nyampek magetan. Coz tiket aku sudah beli. Lha tadi siang, lha kok terkurangi lagi. Iuran rutin RT untuk kebersihan dan keamanan 10 rb. Wah tinggal 100rban buat hidup seminggu ini. Harus bisa. Saat kuliah dah terlatih kok. Hehe… yakin selalu ada jalan. Allah takkan menlantarkan hambanya. Memang, saat tersulit adalah menunggu gaji pertama tanpa meminta.

Leave a Reply

Information

This entry was posted on September 21, 2008 by in [Bertemu] [Reuni] [Kumpul], [Catatan Harian].

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 159 other followers

Tulisan Terdahulu

