9ethuk

Berbagi adalah sumber energi abadi

IMA – Telstar


Menjelaskan cara merubah air ke bentuk gas adalah susah-sasah gampang. Sekarangpun aku juga masih mendalaminya. Biasanya digunakan untuk membuat sedian vaksin, sedian darah, produk yang bahan aktifnya tidak stabil dalam air. Dan itulah fungsi dari alat Freeze Dryer. Bagaimana menarik H2O dari sediaaan menjadi gas tanpa mengurangi sedikitpun komposisi sediaan. Hanya air yang hilang. Secara sederhana terindikasikan lewat LOD sedian jadi hasil proses Lyophylisation.

Proses sederhananya. Pertama(Freezing), membekukan zat tersebut pada -40 C. dalam artian mengubah menjadi dzat padat. Kedua(Primary Drying), Menyublimkan padatan tersebut tanpa menjadi cair dahulu. caranya dengan menurunkan tekanan udara pada ruangan (chaber) sampai hingga o.1 bar serta menaikkan suhu. Serta menarik H2O ke Condenser (Pendingin). Tahap ini hanya mampu menarik 90% air pada sediaan. H2O yang terjebak pada matrik sediaan belum mampu terhilangkan. Ketiga (Secondary Drying), Pada tahap ini proses yang terjadi adalah penguapan biasa namun dengan tekanan udara yang sangat rendah. Jika memungkinkan serendah tekanan udara yang mampu di capai alat serta menikkan suhu lebih tinggi sedikit dari tahap Primary Drying. Biasanya sampai 20 C. Selanjutnya. Tinggal dipilih, sebelum di tutup rapat rubernya. Apakah sediaan akan diisi menggunakan gas N2 atau hampa, atau udara biasa. Biasanya memakai N2.

Gimana? Jadi bingung khan? hehe… Pada prinsipnya. Pada proses Freeze Drying (Lyophylisation) adalah memainkan tekanan dan suhu saja. Maka alat menyesuaikan pencapaian tekanan dan suhu sesuai kebutuhan. Biasanya sekali siklus palinbg tidak lebih dari 20 Jam. Tergantung alat yang digunakan. Bagi Apoteker, bagaimana mencari titik kritis proses tersebut yang bisa mempengaruhi kestabilan produk. Baik dari segi spesifikasi alat, Kaliberasi probenya, proses trnsfer produk yang masuk setengah tertutup (Ruber ditutup setengah untuk mengeluarkan H2O dari sediaan) ke dalam ke dalam alat, kualifikasi alat, dll.

Masih bingung? hehe… sama, aku juga. Biasanya ini digunakan untuk produk2 steril. Maka spesifikasi alat menyesuaikan pula. Jika kemudian ada proses CIP (Clean in Place), SIP (Sterilization in Place), Leak Test, Riboflavin Test dll adalah untuk menjaga sekecil mungkin terjadinya kontaminasi terhadap produk. Maka design dan proses transfer data serta backup data adalah kritical. Ada banyak pilihan tentunya. Maka akan kita jumpai beberapa istilah seperti Ethernet, SCADA, PLC, HMI dll. Seperti prinsip umumnya, segala sesuatu harus mampu terdokumentasikan dengan baik.

Semakin bingung? Aku jadi bingung juga menjelaskannya. Masih harus belajar banyak nich, tar kalo aku dapat hal baru lagi aku info InsyaAllah…

Diatas adalah salah satu alat tugas kualifikasi yang harus aku rampungkan pada awal-awal kerja, meski belum genap 1 bulan kerja. Sekarang sedang proses penyusunan PQnya. IMA – Telstar Freeze Dryer.

5 comments on “IMA – Telstar

  1. nimassunyoto
    October 16, 2008

    emm, emang haRus kayak gitu ya,,, beLajaR,, dan beLajaR,, bakaR banyak kaLoRi ya,, ya Allah, semoga tambah langsing dehh,, amin.

  2. ipit
    July 26, 2009

    semakin kita banyak membaca semakin kita bingung memahaminya
    terima kasih infonya
    singkat tp cukup memuaskan bisa kujadikan bahan belajar buat sidang nanti
    selama penelitian aku menggunakan alat freeze dryer tapi aku masih bingung prinsip kerja alat ini
    thank's

  3. muthmaina
    January 26, 2010

    mKasih banyak infonya,,,
    membantu sekali ,,

  4. retno
    September 1, 2013

    kerja untuk distribusi telstar kah? boleh kah sharing?

    • 9ethuk
      September 9, 2013

      Bukan bu. hehehe, hanya kerja di pabrik farmasi kok. buruh.

      Boleh banged sharing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on October 11, 2008 by in [Industrial Pharmacy] and tagged , , , .

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 159 other followers

Tulisan Terdahulu

%d bloggers like this: