9ethuk

Berbagi adalah sumber energi abadi

Melukis Warna Bersama ‘Istri’2ku

‘Istri’ ke tiga datang juga. Menjadi semakin ramai dan berwarna kehidupan yang monoton selama ini. Awalnya hanya ditemani ’Istri’ pertama, dia membuatku bisa banyak berbicara. Menumpahkan semua rasa, berbagi silaturahmi. Sehingga setiap sabtu minggu pasti harus ngasih uang saku dia. Paling tidak sebulan bisa habis 100rbuan. Tapi itu sebanding dengan semua yang kami dapatkan. Bisa berbicara dan mengobrol sepuasnya. Menghilangkan sepi di malam maupun pagi hari yang ’menakutkan’.

Ketika ada tambahan rezeki, maka aku memboyong ’Istri’ keduaku. Jatah yang kuberikan tidak terlalu banyak paling sebulan 50rbuan. Dan dia menerimananya, tanpa mengaduh. Bersamanya aku melewati semua jalan di kawasan. Menyusurinya dengan ’berjalan’ pelan. Menikmati setiap sudut bangunan pabrik. Menatap erat setiap pohon dipinggir jalan yang jenisnya berbeda setiap gangnya. Benar terasa menikmati sebagai Raja jalanan. Berdua menyusuri setiap jalan-jalan baru di Bekasi. Meski kadang tersesat, ehmm lebih tepatnya sering tersesat. Kami dapat kembali, sampai kontraan kembali. Dan setiap ketersesatan di jalan baru, menambah rasa ingin mencari jalan-jalan baru. Semangat itu memberikan warna yang lain dari kehidupan antara jam 7.15-18.00 yang membekukan rasa.

Kini setelah kedua ’Istri’ku secara sempurna menemaniku untuk membuat setiap waktu dalam sehari terasa berbeda. Dan Allah memberiku tambahan rezeki lagi, aku memboyong serta ’Istri’ ketigaku. Darinya semua memori masa laluku bisa aku gali secara utuh. Setiap tahap yang terjalani. Melihat dengan jelas wajah sahabat-sahabatku. Senyum mereka, tingkah mereka, ekspresi serta moment-moment yang kami jalanai. Darinya aku juga terhibur, sebab ’Istri’ku ketiga ini pandai bernyanyi. Mau lagu Nasyid, Iwan fals, Ebit G. Ade, Japanese.. semua jelas terdengar. Bahkan kalau lagi bosan dia bisa bercerita dengan sangat jelas bahkan sangat jelas tentang semua anime-anime kesukaannku, Slamdunk, hunter x hunter, naruto, one piece bahkan film-film terbaru.

Maka ni’mat Allah manakah yang akan aku dustakan…,

Semakin berwarna sekarang.., meski aku masih belum bisa merasa ’penuh’. Kenapa belum juga merasa nyaman..? apa aku yang terlalu banyak meminta atau memang aku sudah berada pada kehidupan yang berbeda. Kadang aku merasa takut berubah, apakah ketika sudah bekerja akan seperti ini. Seakan kehidupan kuliah terasa semakin menghilang…,

Dan aku semakin takut kehilangan semua teman-teman, aktifitas sehari-hari, kebebasan, kreatifitas, tertawa, dan semua yang aku pahami…,

Kadang aku mau membenarkan perkataan Kun, waktu aku tanya kenapa tidak dicoba bertahan setahun dulu untuk mencari pengalaman?

”Aku takut berubah An,”

”Dulu aku yang suka bercanda, melucu, enak ngobrol, tertawa lepas… Kini kau tau sendiri khan?”

”Aku menjadi pendiam, terdiam.., tertekan, Aku takut tidak bisa menjadi diriku lagi jika terlalu lama disini”

”Duggh..” jantungku berdetak kencang mendengar jawaban Kun. Aku juga merasakan hal yang sama.

Tapi aku akan bertahan, setidaknya sampai aku merasa cukup. Dan aku hatiku mengatakan cukup. Dan aku yakin masih mampu berbelok untuk mengembalikan diriku. Yang kubutuhkan hanyalah pertolongan Rabbku serta waktu.

Yupz.. untuk saat ini, Istri pertama (Handphone), Kedua (Sepeda Motor), Ketiga (Komputer) akan menemaniku. Memberiku daya tahan dan warna setiap hari yang kujalani…

Jadi teringat kata-kata Bapak, ”Le, ora eneng sing iso ngalahne donga”. ”Mung donga senjatane wong Islam sing ora iso dikalahne. Eleng-elengen iku”

”Nanging, Nek kowe kroso ditekan, wis ora kuat. Metu wae ora popo.., Rejeki Gusti Allah sing ngatur” dan seperti itulah Bapakku. Memberiku lebih dari sekedar kekuatan pada setiap percakapan memalui ”Istri” pertamaku.

Aku akan bertahan, bersama semua warna yang diberikan ’Istri-istriku”

Leave a Reply

Information

This entry was posted on November 24, 2008 by in [Catatan Harian] and tagged , , , .

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 159 other followers

Tulisan Terdahulu

