9ethuk

Berbagi adalah sumber energi abadi

Apa yang aku suka?

Ketika Khalid Bin Walid ditanya hal apa yang paling disenanginya. Malam-malam dalam medan peperangan lebih ia sukai dari malam pengantin.

Sering juga mendengar wawancara dengan pemain sepak bola, bagaimana bisa bermain dengan cemerlang. Ternyata simple jawabannya. Sebab ia suka sepak bola. Sebab sepak bola menyenangkan. Ah.. jadi teringat film kartun kapten tsubasa, kata-katanya bahwa bola adalah teman.



Pun ketika sedikit banyak nonton dorama, Team Medical Dragon, beautiful life, heavently forest, moto kare, water boys, H2, Papa and the bride,.. dll. Di Naruto, Samurai X, Hunter X Hunter, Inuyasha, One Piece dll. Digambarkan bagaimana mereka sangat menyenangi cita-cita dan perjuangan mencapai cita-citanya. Menyenangi setiap yang dilakukannya. Seolah semakin bertambah semangat ketika mereka melakukannya, bahkan ketika banyak tantangan yang sangat berat justru membuat mereka bertambah semangat.

Melakukan hal-hal yang kita sukai dan itu menyemangati. Semakin kita lakukan, semakin kita tersemangati. Titik beratnya adalah mengetahui hal apa yang kita sukai. Ini yang terkadang tidak kita temukan, pun saya. Butuh waktu lama untuk mencarinya, mencari sebenarnya apa yang kita sukai. Supaya setiap yang kita lakukan bukan sekedar rutinitas. Sehingga waktu yang berlalu membuat kita tersenyum meski lelah, membuat kita tertawa meski sangat melelahkan.

Terlalu jauh aku rasa untuk kembali mengingat kenapa memilih sekolah Di SLTPN 1 Magetan, Mengapa memilih melanjutkan ke SMUN 1 Magetan, kenapa kemudian melanjutkan kuliah ke Farmasi UNAIR, kenapa mengambil Apoteker. Sangat membutuhkan energi, menguras tenaga, menghabiskan banyak waktu. Hanya untuk mencari sebenarnya apa yang kita sukai.


Aku tau, banyak yang bilang ”Terlalu banyak energi yang akan kita habiskan jika kita selalu mengejar yang kita sukai. Tapi cintailah yang kita kerjakan”. Aku berfikir bagaimana caranya kita mencintai hal yang kita sendiri tidak tau apa kita menyukainya. Bagaimana memulainya. Pasti dengan ’kekuatan’. Tapi masih banyak juga orang yang tidak suka sayuran tertentu, tidak suka buah tertentu, fobia ketinggian, fobia air dll. Apakah ketika dia mampu memakan hal yang tidak ia sukai atau melakukan hal yang dia takuti itu adalah ’kekuatan’. Pertanyaan terbesarnya apakah ia benar-benar menyukai yang ia lakukan?

Aku tidak tau, pun sampai sekarang. Ketika ada yang bertanya apa Hobiku? Apa yang aku sukai? Di kultur Indonesia ini masih sangat asing memperjuangkan yang kita sukai, yang lebih banyak adalah memperjuangkan apa yang menurut pendapat sebagian besar orang dianggap ’benar’. Aku ingin lebih dalam lagi mengenal diriku..

Bukankah yang mengenal dirinya dengan baik maka akan mengenal Rabbnya secara baik pula.

…………



(masa-masa pencarian jati diri ulang, menjadi diri sendiri, meletakkan pemikiran di dalam hati untuk mengekpresikan dalam tindakan yang aku sukai dan menyemangatiku)

2 comments on “Apa yang aku suka?

  1. nimassunyoto
    March 7, 2009

    apa yang kamu suka=apa yang bikin kamu bahagia=apa aRti bahagia buat kamukaRena bahagia itu memang haRus dikejaR. it’s not totaLLy given, so you have to puRsue the Rest of it. dan bahagia itu memang sangat beRsifat individu. daRi smaLL ReseaRch ku kemaRen ada yang biLang:“kebahagiaan itu caRa pandang, bukan cita-cita. kebahagiaan itu saat ini, bukan nanti. apapun kondisi kita sekaRang, kita punya aLasan untuk bahagia, yaitu Rasa beRsyukuR,,”he, jadi, apa BAHAGIA menuRutmu? kamu seh, gak baLes, jadinya kan aku gak ngeRti apa yang bikin kamu bahagia, he. semangat, teman!

  2. ajeng
    March 11, 2009

    aku juga ga pernah tau yang aku suka kok. cz i love everythng. i never dreamed. cz i have so many dream to be true. so, just simply decide what i want to be next year, or next month, or next week, or tomorrow, dan kejarlah!wah ga enak nih aku nasehatin pak ketum. hehehehehcuman pemikiran simple ku aja sih An.

Leave a Reply

Information

This entry was posted on February 18, 2009 by in [Catatan Harian].

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 159 other followers

Tulisan Terdahulu

