9ethuk

Berbagi adalah sumber energi abadi

Kuatkan,.



Bila hujan turun. Maka malam akan cepat terasa larut, meski jarum jam mals beranjak dari tempatnya. Setidaknya begitulah hari ini. Jam 07.00 pm terasa larut. Apakah hujan sebuah fatamorgana atau godaan bagi sang malam. Yang jelas hujan telah datang menyapa.,

Seminggu ini, aku banyak ’digoda’. ”An, tadi aku habis ngobrol ma supplier barusan. Dia bilang di medifarma ada lowongan QA Supervisor. Kalo mau ambil aja” kata Kun yang dah jelas resign. Dia per tanggal 17 April dah hengkang dari QA Specialist di Ferron. Satu kata saja, jika dia telah resign. Aku akan sangat merindukan sms an kita ketika waktu ashar tiba. ”An, sholat Yo!” Dan pasti dia dah menunggu di mushola kecil lantai 3.

”An, di Indofarma ada lowongan QA lho. Kamu mau gak? Mumpung belum gabung ma Kimia Farma nich. Kalo gaji mungkin lebih sedikit dibanding Ferron tiap bulannya. Tapi Gaji tiap tahunnya hampir sama. Disini 18 kali gajian tiap tahun. Kalo minat kirim aja, dengan modal kamu di Ferron pasti mudah masuk kesini“ kata si Kelik ngomporin.


“Klik.. klik..“ Hahh.. mataku berbinar. Antara semangat dan hasrat. Antara keinginan dan impian. Antara Godaan dan kegalauan. Lowongan QA Specialist di Schering Plough Pandaan. ”Arggh.. menggoda sekali”

Masih terngiang kata-kata Akh Fadli waktu ia ngasih taujih Liqo’ kemarin minggu. ”Kesuksesan itu pertemuan antara kesiapan dengan kesempatan” tidak terpenuhi salah satu maka tidak berujung pada keberhasilan. Hatiku gundah, bertanya pada diri sendiri. Apakah ini kesempatan atau godaan. Apakah ini kesempatan yang jika aku lewatkan maka aku yang tertinggal. Bukan aku yang meningggalkan kesempatan. Tapi kesempatan yang meninggalkanku.

Atau,.. apakah ini hanya fatamorgana saja. Penggoda saja, agar aku tergesa. Agar aku yang mungkin belum siap ini memaksakan diri.


”Argghh.., aku bingung…!”


Current Objective di Ferron saat ini, 13-14 di Audit SGS (ISO 9000-20008), 24-26 April ini di Audit TGA (BPOMnya Australia) lini Solida. Juli di Audit dari Jerman untuk lini Steril 2 fokus ke Freeze Dryer (Lini yang mulai Kualifikasi Instalasi HVAC sampai PQ hari ini masih aku tangani. Freeze Dryer yang Kualifikasinya aku pegang). “Argghhh… Make me confuse…”.

“Apa gak kamu lanjutin dulu setahun, tar baru ngirim lamaran buta. Mungkin itu lebih baik” kata Cumi saat kumintai pendapat. Simple banget. Di dalam hatiku meski terhimpit masih mengiyakan kata-kata si Cumi. 5 bulan lagi aku harus bertahan jika ingin menggenapkan setahun di Ferron. 7 Bulan ini terasa lama sekali. Sangat lama terasa…


“Kerjo di penak-penakne disik, diopeni awake bar kuliah rekoso” kata-kata bapak saat telpon-telponan. “Nggih” singkat jawabku. Walaupun sebenarnya aku pengen bilang. Aku seperti sedang ngerjain skripsi dengan banyak judul dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya selesai. Jauh lebih berat dari kuliah. Satu-satunya yang membuatku bisa sedikit bertahan untuk bersabar adalah disini aku bisa belajar. Menjadi bangga sebagai Quality sebenarnya. Independent department. Tidak seperti yang aku bayangkan, bahwa idealisme sebuah kualitas akan luntur ketika berhadapan dengan targer forecast yang didepan mata.

Yang sangat menyulitkan adalah memahami diri sendiri disaat yang tepat untuk mengatakan. “Oke, aku cukup disini, saatnya melangkah ke tangga selanjutnya.”. Mengapa sulit, sebab disini dibutuhkan tekad pemuda yang digabungkan dengan kematangan berfikir yang dilandasi pemahaman diri.


“Inofarma, Schering Plough, Medifarma,.. dan lainnya”….


“Persimpangan di depan itu masih samar terlihat, belum begitu jelas saat ini. Masih membingungkanku untuk mengambil jalan sebelah mana. Luruskah atau berbelok.” Aku masih bingung. Antara tekad atau godaan yang berwajah kesempatan yang kupilih…”



Aku jadi teringat bagaimana perang Badar bermula, bukan perang yang sebenarnya diharapkan. Pun bagaimana Alloh memberi peringatan sekaligus semangat pada kaum muslimin agar tidak mundur. Hingga pada malam sebelum perang, pasukan muslim diajak bermimpi yang indah. Hingga sedemikiannya Alloh meneguhkan perang pertama. Perang setelah 1,5 tahun hijrah. Perang yang dipimpin Rasul langsung ketika berumur 54th. Perang yang hingga membuat selendang Rasul terjatuh ketika tak henti-henti berdoa kepada Alloh agar diberi kemenangan… Semua yang ikut perang ini, Alloh janjikan kebebasan ’financial’. Syurga.

(tertulis semua diatas sebelum pulang kampoung,,..)



Setelah pulang kampung, agaknya akan sedikit berbeda. Tak begitu mirip mungkin. Tapi ada sebuah tekad paling tidak. Ada jalan panjang yang membutuhkan energi dan pengalaman yang besar untuk mampu melaluinya. Sabar jawabnya. Kata Pak Omen, “Pancet pahit ngelakonine, tapi bakal legi wektu nggunduhe.

One comment on “Kuatkan,.

  1. buha
    February 4, 2015

    mas gaji di ferron sebulan brapa?
    buat referensi.
    knpa resign?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on April 14, 2009 by in [Catatan Harian] and tagged , , , , .

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 159 other followers

Tulisan Terdahulu

%d bloggers like this: