9ethuk

Berbagi adalah sumber energi abadi

Trik satu kali

Awalnya, ingin aku tulis Tips. Tapi, setelah ku telaah ulang lebih tepat ku tulis Trik. Moga bisa bermanfaat bagi yang punya niat kuat 1 kali khotam di bulan Ramadhan (sedikit info : Perbedaan niat dengan azzam. Jika niat itu sudah ada persiapan, tapi azzam baru sebatas keinginan yang kuat. Example : Jika kita baru ingin bersilaturahmi, itu baru dikatakan azzam. Tapi jika sudah mempersiapkan untuk bersilaturahmi meski sekecil apapu semisal beli oleh-oleh nah itu sudah masuk niat. Sehingga tidak heran jika rasulullah menyebut makan sahur itu merupakan rangkaian niat puasa ramadhan dan mewanti-wanti untuk mewujudkan niat sebelum sholat subuh. Nah disinilah bisanya dikampung-kampung kalo abis sholat tarawih biasanya melafadkan niat bareng-bareng. Sudah-sudah…)

Point penting yang ingin saya katakan dengan membahas niat ini adalah persiapan dengan kata lain perencanaan. Jadi yang berkeinginan mengkhotamkan 1 kali pada Ramadhan ini harus, once again harus merencanakan. Secara kasar, maka beban membaca Qur’an sehari sekitar satu Juz. Jika ada satu hari kurang dari 1 Juz, maka dia harus menganggap dirinya berhutang. Syarat ini dulu yang kudu dipenuhi. Jika dari sini anda sudah menyatakan, membaca semampunya saja. Mungkin anda perlu memikirkan ulang untuk melanjutkan membaca lanjutan Trik ini.

Dalam mushaf Ustmani, 1 Juz ada 10 lembar. Kalau Qur’an Indonesia (Maksud saya Qur’an yang tulisannya masih seperti jaman dulu. Ehm.. kayak gimana ya. Kayak yang biasa dibuat nderes itu lho. Pokonya yang itu). Nah ini adalah menganalisa beban. Setelah anda mengetahui beban tiap hari. Baru anda analisa waktu luang yang kemungkinan besar anda bisa gunakan untuk membaca Qur’an. Ini sangat tergantung dari kesibukan masing-masing. Bagi yang masih sekolah atau Mahasiawa, saya yakin mempunyai waktu yang lebih leluasa. Bahkan sangat memungkinkan untuk membaca setiap habis sholat fardu. Jika Habis sholat fardu 2 halaman saja. Maka dengan tidak perlu susah payah pasti sehari bisa dapat 1 Juz. Tapi kalaupun tidak maka 2 halam bisa dianggap sebagai utang untuk diselesaikan pada sehabis sholat fardu selanjutnya. For the contoh. Abis sholat maghrib kekenyangan. Ya udah, baca 4 halam di sholat isya’.

Kendala yang lebih rumit sebenarnya bagi para pekerja, apalagi wiraswasta kantoran. Berangkat pagi, siang istirahat bentar sambil melepas lelah, pulang sore dah capek. Mungkin bisa memakai Trik yang berikut. Cari waktu dimana anda bisa merasa nyaman membaca Qur’an. Semisal habis tarawai atau habis sholat subuh (yang ini agak berat bisanya, kecuali bagi yang terlath). Nah, mulai baca deh halaman demi halaman, dan ingat begitu anda merasa menikmati membaca. Terus baca.. baca hingga pasti tak terasa dah dapet satu juz atau pun kurang tak mengapa. Bisa dilanjut habis subuh. Waktu-waktu yang baiasanya enak membaca Qir’an Habis tarawih, habis sahur (bagi yang kebiasaan sahurnya 1 jaman sebelum subuh), habais subuh, habis mandi sore sambil nunggu waktu maghrib, atau bagi yang biasa buka besarnya habis tarawih habis sholat maghrib cucok sekali. Sekali lagi, saat mendapatkan waktu yang pas dan anda menikamti membaca qur’annya (biasanya merasa senang, bacanya lancar, pengen terus mbaca) lanjutkan hingga waktu habis atau anda yang menyerah capek. Jangan hiraukan godaan untuk hanya sekedar berhenti. Atau anda akan menyesal.

Nah, bagi yang mudah ’bosen’ saat tilawah. Ada juga Triknya nich. Persiapkan waktu habis sholat tarawih. Bikin/ beli 1 bungkus juz mangga campur sirsak (hehe.. tau juice kesukaan anda). Kalau ada camilan juga gak papa. Cari posisi duduk yang nyaman bagi anda. Mulailah membeca. Sehalaman dapet. Mak Sruuputt… Krezz….. Baca lagi…. dapet 2 halaman. Sruputtt Krezz… Terus.. ampek habis juicenya atau ampek tercapai terget baca dalam sehari.

Nah, bagi yang demen nonton Tvone or MetroTV (tidak disarankan bagi sinetron mapun movie). Wah eman ada debat nich, janji rakyat, save our nation, suara anda, wah kick andy asyik juga sambil baca qur’an pas iklan. Nah, gak terasa tuch. Kita mbacanya lama juga kalau dihitung. Sebab lama juga iklan TV untuk acara yang bagus. Bagi yag agak lancar bacaannya (sekitar 5 mrnit 1 lembar) pasti dapet satu Juz bisa. Tapi jangan dibuat kebiaasaan yang ini, buat latihan saja.

Tak lupa, bagi yang super sibuk. Hingga habis sholat tarawih masih ada juga kegiatan. Hingga capek. Langsung Lapzz.. Tidur. Jangan lupa setting alarm HP atau Jam. Dan sebisa mungkin bawa Qur’an saku. Maka anda bisa menikmati membacanya saat sholat malam (qiyamul lail= Tarawih). Jika setiap rakaat bisa dapet 1 lembar maka ente tinggal nambah dikit aja untuk dapet 1 Juz tiap harinya.

Eitz.. hampir lupa. Ada hari sabtu dan minggu. Hari baca Qur’an. Hari melunasi hutang baca Qur’an hari-hari yang sebelumnya. Tinggal dihitung punya utang berapa lembar dari senin ampek jum’at. Dilunasin dah di sabtu minggu. Pan bisa full habis sholat baca Qur’an tuch. Bisa juga buat nabung. Apalagi yang kerja diperantauan. Biasanya menjelang lebaran agaka sibuk persiapan mudik. Apalagi pas mudik naik bis. Lama. Bisa keteteran banyak itu. So, niat itu kudu dipersisapkan. Direncanakan sedetail meungkin. Semakin detail kita tahu apa yang harus kita lakukan. Semakin jelas pulalah tujuan akhir kita.

Maaf, Trik ini mungkin bagi yang masih bujang. Saya kurang tau bagi yang sudah berkeluarga. Satu hal yang saya ingat dulu. Bapak selalu mendukung saya untuk setiap habis tarawih ikut tadarus bareng di masjid. Rame-rame berebut baca Qur’an pake micropone di langgar.

Moga, ramadhan kali ini lebih baik. Setidaknya, bagi kita yang merasa jauh dan meniatkan semakin dekat. (Saat-saat merindukan sholat-sholat malam di masjid Mujahidin Perak Surabaya. Ya Alloh kapan bisa i’tikaf secara penuh. UntukMu)

…barusan saja. Sekian detik setelah selesai menulis ini. Tetangga kostku teriak motornya hilang. Didepan kost berderat 4 motor. Astrea grand, Mio, Vega R, Mega Pro. Yang ”dipilh’ si pencuri Vega R. Istri ke duaku diselamtkan Alloh.

4 comments on “Trik satu kali

  1. -fifin-
    September 1, 2009

    wah mantab bro..
    sangat membantu..
    tsangkyu..

  2. Anggit
    August 12, 2010

    Ya gini dunk.. saran lengkap ma tips n trik… Siiippp…
    Patut dicoba…
    Makasih An..
    Oya.. “istri kedua”? yang pertama?

  3. nurul
    August 19, 2010

    Maksudx tips bwt bujang,dan g tau buat yg uda nikah?
    Iyo an,q br dpt 8juz..Smangat!!!
    Eh,istri keduamu yg no.1 kn?! Ada 3 pilihan motor ny?Jgn2 aq ktinggalan brita..

  4. Anonymous
    August 20, 2010

    Anggit@ Istri pertama? kedua? ketiga? keempat? ada kok. lengkap, silakan cari di artikel yang lain.

    Leha@Absolutly. Gak ganti kok leha. Tau sendiri aku gimana, hp aja jaman jebot kalau masih bisa dipakai aku pakai.

    Aan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on August 26, 2009 by in [Tips] [Trik] and tagged , , , , , .

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 159 other followers

Tulisan Terdahulu

%d bloggers like this: