9ethuk

Berbagi adalah sumber energi abadi

Belajar Coating (1)

Pengen sedikit share tentang pengalaman proses coating tablet dengan HPMC sebagai salah satu bahan coatingnya.
Beberapa hal yang harus kita bahas adalah mengenai :

  1. Mesin Coating
  2. Proses Coating
  3. Core Tablet
  4. Sifat Bahan Coating
  5. Tips trik

Mesin Coating,
Banyak type dan model mesin coating, mulai dari yang super canggih sampai yang masih manual banget. Beruntunglah jika di pabrik anda masih manual, sebab dari sana kita bisa banyak belajar secara konsep mesin coating.

Hal yang perlu dicatat dan termonitor tentang mesin ini adalah : Kecepatan coating pan, Flow rate dari Spary Gun, Air flow input-output, Suhu inlet-outlet-product temperature.

Kecepatan coating pan. Paremeter ini berfungsi untuk mengatur kecepatan pan/chamber mesin, semakin cepat berputa maka core tablet akan semakin cepat bersentuhan dengan larutan coating. Hal yang perlu diperhatikan adalah tingkat friability dari core tablet, flow rate larutan coating dan suhu.

Flow rate spray gun/ flow rate dari larutan coating. Pastikan spray pattern dari larutan tidak ada overlap, ini penting untuk menghindari ada sebagian tablet yang lebih banyak terkena larutan coating sehingga bisa menyebabkan ketebalan coated tablet terlalu bervariasi. Pastikan juga tekanan angin yang digunakan cukup atau paling tidak sesuai dengan spesifikasi dari alat spary gun-nya. Pastikan tidak ada tetesan larutan coating saat spray gun dimatikan. Usahakan jika kita menggunakan lebih dari satu spray gun pastikan flow rate dari kedua spray gun tidak lebih dari 5%. Perhatikan dan observasi juga metode pembersihan dari nozzle spray gun. Jika ada kebuntuan segera lakukan perbaikan yang cepat dan tepat.

Airflow (CFM) dari udara input dan output merupakan parameter yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Mesin-mesin yang sudah canggih pasti sudah dilengkapi perangkat untuk mengaturnya. Bagi yang masih jadul, bisa kita ukur sendiri sebenarnya dengan alat yang sesuai. Prinsipnya, harus ada negatif pressure di chamber coating. Dimana udara yang keluar harus lebih besar CFMnya dari udara yang masuk. Perbandingannya bisa sangat bervariasi, tergantung dari proses yang dibutuhkan. Mungkin acuan selisih 20-40 persen lebih besar output bisa dipertimbangkan.

Suhu inlet-outlet-product. Parameter ini berfungsi untuk menentukan seberapa cepat larutan coating yang sudah menempel pada core tablet terkeringkan. Mesin yang canggi pasti sudah dilengkapi dengan semua instrumet dan perangkat untuk melakukan setting dan adjust parameter ini. Nah, mesin mesin jaman purba biasanya hanya dilengkapi inlet-otlet saja tanpa ada product. Solusinya? pake saja infrared thermometer terkalibrasi untuk pengukrannya.

Proses Coating

Secara prinsip, proses coating adalah mencari titik keseimbangan antara parameter Kecepatan coating Pan-Spray rate larutan-Suhu inlet-outlet-product. Jika memulai dari benar benar awal, acuan setting awal bisa mengacu ke literatur tertentu yang mendekati dengan type mesin anda dan fungsi dari proses coating yang kita lakukan. Sebagai contoh setting awal kiata adalah sbb :
Suhu inlet : 65 celcius
Suhu outlet : 45 celcius
Suhu Product : 50 celcius
Spray rate : 300 g larutan/menit
Kecepatan coating pan : 40 putaran tiap menit.

Hasil awal : Permukaaan coted tablet seperti kulit jeruk, tidak rata, bergelombang.

Penyebabnya kemungkinan karena suhu product tidak cukup kuat untuk segera menegringkan larutan dan lama kontak time larutan dengan permukaan tablet terlalu lambat, spray rate yang terlalu besar. Sehingga perbaikan yang bisa dilakukan adalah :

………………………… Waduh bentar ya, istri ngajak makam malam neh, dilanjut nanti ya BroSis sekalian.

Kita lanjut,..

Jika tidak ada kendala terhadap bahan aktif (maksud gua, bahwa bahan aktif tidak bermasalah dengan suhu agak tinggi), produk temperarture bisa dinaikkan.
Spray rate agak diturunkan.
Kecepatan coating pan dinaikkan.

Coba lagi, dan seperti itu prinsipnya. Hingga akan kita dapatkan keseimbangan dari ketiga parameter tsb.

2 pembahasan selanjutnya di halaman terpisah ya BroSis sekalian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on May 5, 2012 by in [Industrial Pharmacy] and tagged , , , , , .

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 159 other followers

Tulisan Terdahulu

%d bloggers like this: