9ethuk

Berbagi adalah sumber energi abadi

Tangan Kiri

Jadi teringat cerita dulu pas lagi sekolah, lupa tepatnya. Kalau gak pas SMA ya awal kuliah. Dimana awal-awal mulai dikenalkan ruqyah syariah. Salah seorang panitia bercerita kalau ada seorang hafidz qur’an yang ternyata ada jin dalam tubuhnya. Setelah jin tsb ditanya kenapa kok bisa ada di lama tubuh sang hafidz, jawabannya adalah karena pernah suatu ketika si hafidz qur’an minum (atau makan aku lupa) dengan tangan kiri. Sehingga si jin punya kesempatan ikut masuk. Waaaaaaaaaaa,..

Waduh, dah berapa kali aku dulu melakukannya ya? pas belum tau hukumnya makan/minum dengan tangan kiri.

Aku baru mulai mengenal agama secara intens ketika SMA. Masih inget banget dengan MRku SMA, namanya Asep Hermansyah (sunda, asli kuningan). Seorang pembimbing yang blak-blakan, pemberani, penyambung silaturahmi, tegas, namun penung kasih sayang. Masih ingat dengan jelas, pas kita-kita lagi makan bareng. Kebetulan menunya pake kerupuk. Mungkin karena kebiasaan dulu, sendok di tangan kanan krupuk di tangan kiri. Biar enak makannya, habis nyantap pake tangan kanan, dilanjut krupuk dari tangan kiri, maknyus.

Nah,
pas habis menyuapkan nasi dari tangan kanan, hampir sepersekian detik tangan kiri menyuapkan krupuk. “Woiii!!!, awas! makan dengan tangan kiri kamu An. Haram!”

Deg. Baru sadar aku, secara tidak sadar kayak reflek sich kalau pegang kerupuk. Sejak saat itu. Aku sangat hati hati kalau pegang makanan ringan dengan tangan kiri. Secara sebenarnya sudah jelas bahwa :

Jika seseorang di antara kalian makan, maka hendaknya dia makan dengan tangan kanannya. Jika minum maka hendaknya juga minum dengan tangan kanannya, karena setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya pula.” (HR. Muslim no. 2020, Bab Adab Makan-Minum dan Hukumnya)

Ehmm, mungkin hal ini adalah masalah sepele, tapi menurutku tidak. Mungkin hal ini simple dan ringan, tapi menurutku tidak. Ini adalah aturan yang jelas. Sejelas antara hitam dan putih. Dan tidak perlu ditawar-tawar lagi, apalagi diperdebatkan. (Cieeeee, hehe)

Karena dianggep sepelenya masalah ini, aku kadang mengamati orang-orang pas lagi makan. Kapan-kapan saja mereka mungkin secara tidak sadar) makan/minum dengan tangan kiri. Berikut hasil observasi kapan saja paling sering orang makan/minum dengan tangan kiri :

  1. Pas tangan kirinya megang kerupuk
  2. Pas mereka makan, dimana air minum diletakkan di samping kiri
  3. Pas lagi dikendaraan, apalagi pas lagi nyetir atau lagi naik motor. 
  4. Pas makan setak, dimana tangan kanan biasa pake pisau tangan kiri yang garpunya. Hati-hati yang ini Brosis.

Hal yang paling menyenagkan adalah ketika melihat ada orang yang pegang makanan (krupuk atau apapun) ditangan kiri pas lagi makan. Nah, begitu akan makan krupuk dia mengoper krupuk ke tangan kanan dan meletakkan sendoknya. Hahaha, kayak main bola voli, tapi memang itulah yang benar, dan seharusnya memang begitu.

Kebiasaan oper krupuk ini, alhamdulillah sudah kami maksimalkan dirumah kami. Jadi kayak tadi siang, aku dan istri makan di satu piring, dan tangan kiri kami masing-masing pegang krupuk. Pas giliran akan makan krupuk, tangan kiri secara reflek mengoper ke tangan kanan. hahahaha lucu juga kalau di inget inget.

Tipsnya adalah, pertama memahamkan, kedua membiasakan, ketiga saling mengingatkan. Makanya biasanya pada orang yang aku sudah kenal dekat, aku sering ngomel (lebih mengarah menegur dengan tegas) ketika mereka makan dengan tangan kiri.

Kalau hal sepele dan mudah saja kita males (males ngoper ketangan kanan) apalagi dengan masalah yang lebih besar.

Semoga kita diberi kekuatan untuk senantiasa mengalakan sunnah RasullNya. Aamin.

2 comments on “Tangan Kiri

  1. Andik Rasida
    June 30, 2012

    Tanya Ustaz, tangan kiri diciptakan untuk apa ya?

  2. 9ethuk
    July 1, 2012

    Ustaz? toleh kanan toleh kiri? Aku? Wduuh aboot jeh.

    Gw kagak tau banyak, yang gw tau silakan dipakai untuk apapun. cuma satu yang gak boleh dipakai. Yang dilarang doank. Kalau gak dilarang sok atuh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on May 13, 2012 by in [Moslem Corner] and tagged , , , .

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 159 other followers

Tulisan Terdahulu

%d bloggers like this: