9ethuk

Berbagi adalah sumber energi abadi

Tips Sehat Menggunakan Air di Fasilitas Umum

Salam berbagi brosis sekalian. Artikel kali ini, gw pengen sedikit share tentang pengalaman pribadi bagaimana cara sehat menggunakan air yang terdapoat di fasilitas umum. Air apakah itu, yaitu air kamar kecil/ wc di kereta api, di POM bensin, di mesjid-mesjid, di kamar mandi/wc umum di terminal, di warung makan, mall dll.

Mau tidak mau kita pasti pernah memakai air di tempat tempat yang gw sebutkan diatas. Entah karena terpaksa atau emang sedang dalam perjalanan. Pengalaman pribadi gw sich lebih karena dalam perjalanan. Baik pas lagi naik motor trus kebelet atau pas lagi bepergian jauh dengan rombongan.

Emang apa pentingnya sich membahas air? bukannya airnya juga jernih jernih saja. Toh selama ini tidak ada masalah sama sekali dan baik baik saja.

Eits!! jangan dianggap sepele brosis, dari sekian banyak artikel dan pelajaran pas dulu kuliah. Dimana ada air, disana ada kuman. Dan tempat kuman paling banyak dan mudah berkembang biak ada di kamar mandi atau wc. Apalagi kamar mandi/wc yang tidak terjaga kebersihannya secara rutin dan benar. Itu alasan pertama. Kedua, dari namanya saja kamar mandi/wc pasti tempat uang buang hajat, baik buang air kecil maupun berak. Dan tidak perlu diperdebatkan lagi bahwa air seni dan berat itu kotor dan najis, dan muara semua kuman dan bakteri. Jadi, kamar mandi/wc adalah tempat paling banyak kuman dan bakteri berkumpul, sebab disana sumber makanan kuman/bakteri paling melimpah. Ketiga, tidak ada yang bisa menjamin dan memastikan bahwa setiap orang yang menggunakan kamar mandi/wc akan selalu menjaga kebersihan kamar mandi/wc secara sempurna. Satu lagi, tidak ada yang tau pula, bahwa semua orang yang menggunakan fasilitas umum tsb adalah orang yang sehat!!.

Karena kita tidak tau setiap orang yang memanfaatkan fasilitas umum adalah orang sehat, maka kita juga tidak bisa memastikan bahwa jika ada yang sakit maka bisa jadi penyakitnya tersebut bisa menular lewat perantara air. Waaaaww, mengerikan bukan?
Ya kalau cuma batuk pilek, kalau penyakit yang lebih berat lagi bagaimana? Ya kalau lekas sembuh dan ada biaya pengobatan. Kalau tidak lekas sembuh, biaya pengobatan membengkak atau maaf dampaknya lebih buruk lagi kepriben? Apa tidak gawat tuch?

Nah, makanya disini saya bagi pengalaman pribadi trik triknya biar lebih sehat menggunakan air fasilitas umum tsb. Tipsnya sbb:

  1. JANGAN pernah menggunakan air yang ada di wadah tampungan air, baik wadah di bak maupun di kotak tampungan air.
  2. Jika saat anda masuk di bak tampungan sudah ada air, buang saja airnya. Ganti dengan air yang baru keluar dari kran. Eits jangan lupa dibilas.
  3. Jika di dalam kamar mandi tidak ada bak penampung dan hanya ada kotak tampungan air permanen, maka jika ingin mandi atau mencuci/membilas setelah buang hajat, ambil airnya langsung dari kran. Jadi air yang kita gunakan langsung dari sumber aslinya bukan air yang tergenang lama di dalam bak/kotak tampungan air.
  4. Bagaimana dengan di kereta? Biasanya ada kran atau penyemprot air (air shower) nah kalau mau pake air langsung dari kran yang baru kita buka. Jangan sekali kali pake air yang ada di bak penampung.
  5. Kalau aku biasanya, aku guyur tuch dinding dan sekitar closet sebelum aku pakai. Jadi kalau apes apesnya gak sengaja keserempet dinding atau apa, kita bisa yakin dan aman bahwa tidak najis. Sehingga pakaian yang kita pakai masih bisa kita gunakan untuk sholat.
  6. Terakhir, Biasakan selalu membawa tissue kemana saja, jaga jaga jika fasilitas umum airnya mampet😀

Mungkin sepertinya simple brosis sekalian, ini sangat menentukan kesehatan kita dan tentunya karena memang agama kita mengajarkan untuk menjaga sebaik mungkin tentang taharah ini. Yang kalau kita sepelakan bisa jadi penyebab salah satu siksa kubur nanti.

Gw sering pake fasilits umum, tapi ya dengan syarat-syarat diatas ini. Pernah mandi di kamar mandi terminal, pernah mandi di kamar mandi POM bensin, pernah mandi di kamar mandi masjid, dan tempat tempat lain. Biasanya aku ambil airnya langsung dari kran, kekurangannya jadi agak lama kalau mandi, tapi keuntungannya adalah sehat, that the most important thing!

Intinya ambil airnya langsung dari kran, jangan yang di tampungan.

Selamat mencoba. Monggo dishare jika ada brosis yang punya pengalaman unik menggunakan fasilitas umum ini.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on October 21, 2012 by in [Tips] [Trik] and tagged , , , .

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 159 other followers

Tulisan Terdahulu

%d bloggers like this: