9ethuk

Berbagi adalah sumber energi abadi

Gara-gara All New 2013 Ninja 250R FI Menghilang di Cililitan (Part 1)

Tanggal 23 Oct 2012, 9ethuk berangkat kerja seperti biasanya. Naik Supra X 125 tahun 2008 pinjaman Babe. Rute perjalanan sehari masih juga sama, Start dari Rawasari-A. Yani-Cawang-Cililitan-Kramat Jati-Pasar Rebo-Ciracas-Gandaria.

Kecepatan motor juga gak kenceng-kenceng amat, 50-70km/jam, tergantung kemacetan jalan raya. Sampai di sekitar cililitan, tepatnya 300an meter sebelum cililitan, aku melihat sosok motor macho warna merah. Untung tuh motor jalan agak pelan karena agak macet -kali ya?-, gas motorku agak aku laju lagi. Mendekati si merah pujaan hati, kini aku ada disamping agak kebelakang. Wow!

New Ninja 250R Fuel Injection ternyata. Wuich, sangar tenan tibak e. Gak hanya di gambar yang biasa aku liat di blog blog Roda 2. Ternyata asline jos gandos mas bro.

Aku tempel terus si Ninja, tapi ya gitu, baru bisa liat dari belakang dan sisi samping. Sisi depannya belum keliatan.😀😀 . Akhirnya kesempatan liat sisi depan ada, Perempatan cililitan lampunya merah. Semua berhenti, si Ninja juga berhenti, aku cari celah supaya bisa sedikit di depan si ninja. Yupz,…. Dapet juga. Hahahaha. Karena malu melihat langsung, spion motor aku arahin tepat sisi depan si ninja.😀😀, puas puasin dah aku liat si ninja, kadang geser stang motor dikit supaya arah spion bisa geser liat sisi lain yang bisa diliat dari ni motor. Lumayan puas mas bro, sekitar 60 detik ngeliatin nih motor dari spion motor, hehehe

Trafic light (bahasa magetannya, lampu abang ijo)berubah warna dari merah ke hujau. Start pada menit yang sama, 5 detik kemudian. Aku baru melangkah beberapa meter, si ninja sudah ngabur hilang entah kemana tak terlihat lagi dari sudut pandangku. Argghhhh,… sangar puol tuch motor. Bisa menghilang begitu cepat.

Gara-gara kejadian itu, beberapa hari 9ethuk buka buka internet. Ngebandingin motorku dan si Ninja 250R merah itu, emang apa bedanya, dia kok cepet banget sedang motorku menggos menggos gak kuat ngejar😀😀 maklum mas bro, masih cupu banget. Secara, 9ethuk gak pernah belajar ilmu permotoran, selama ini hanya sekedar memakai motor, menservice jika sudah sekian ribu kilometer digunakan, mencuci motor (ehmm, agak jarang neh😀 ), itu aja sich. Selain itu? Nol putul pengetahuanku tentang motor.

Dari beberapa hari aku browsing, belajar tentang spek motor, piston, DOHC, SOHC, Sistem kerja motor, system pengapian, system pelumasan, cara kerja piston, kompresi, putaran bawah, torsi, poer motor, sasis, frame, tangki, kapasitas bensin, jarak sumbu motor dan semua nya aku baca detail satu satu sampai paham. Intinya gak puas kalau belum tau. Meskipun 9ethuk masih sangat awam, tapi tidak ada salahnya 9ethuk tau secara umum spesifikasi motor. Jadi kalau ada yang ngajak ngomong motor, mau beli motor bisa nyambung dan gak salah pilih motor. Itu aja alasannya.

Nah, hasil belajar 9ethuk adalah sbb :

Pertama, untuk memudahkan alur berfikir. 9ethuk mulai dari spesifikasi New Ninja 250R FI (Fuel Injection) VS Supra X 125 Karburator milik babe 9ethuk. Ini dia :

Komparasi Kawasaki All New Ninja 250 R-FI VS Honda Supra X 125 Karburator
  New Ninja 250 R-FI Supra X 125 Karburator
Mesin
Tipe mesin 4 langkah DOHC, Pendingin Air, Dua Buah Silinder Sejajar 4 langkah SOHC, Pendingin udara, Satu Buah Silinder
Isi silinder 249 cm3 124.8 cc
Diameter x Langkah 62.0 x 41.2 mm 52.4 x 57.9 mm
Perbandingan kompresi 11.3 : 1 9.3:1
Daya maksimum 32 PS / 11.000 rpm 9.6 PS / 7.500 rpm
Torsi maksimum 2.1 kgf m /10.000 rpm 1.08 kgf.m / 5.500 rpm
Sistem starter Electrik Pedal dan Elektrik
Katup Sistem DOHC, 8 valves (katup) SOHC, 2 Valve (katup)
Pengapian Digital DC- CDI
Sistem bahan bakar Fuel Injection System ( 28 mm x 2 ) dengan katup Throttle Ganda Karburator
Tipe Transmisi 6 kecepatan, return shift 4 kecepatan rotari, bertautan tetap
Kerangka
Tipe rangka tube diamond, stell Tulang punggung
Suspensi depan 37 mm telescopic fork Teleskopik
Suspensi belakang Uni-Trak Sistem dengan Model Gas-Shock dan 5-tingkat penyetelan Lengan ayun dan peredam kejut ganda
Ban depan 110/70-17 M/C (54S) 70/90 –  17 M/C 38P
Ban belakang 140/70-17 M/C (66S) 80/90 –  17 M/C 44P
Rem depan Cakram, tunggal disc berdiameter 290 mm dengan kaliper dual-piston Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
Rem belakang Cakram, tunggal disc berdiameter 220 mm dengan kaliper dual-piston Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
Panjang x Lebar x Tinggi 2.010  x 715 x  1.110 mm 1.932 x 711 x 1.092 mm
Jarak Sumbu Roda 1.400 mm 1.258 mm
Jarak ke Tanah 785 mm 135 mm
Kapasitas Bahan Bakar 17 litres 5.6 liter
Berat  Maksimum 172 kg / 174 kg ( ABS model) 105 kg

 

Hehhmmmm,……. Pertama baca spesifikasi diatas, garuk garuk kepala, garuk garuk badan, garuk garuk dengkul. Opo iki maksud e? ra mudeng blas babar pisan.

Akhirnya, dari hasil browsing aku mulai sedikit sedikit paham makna masing masing kata diatas, ternyata setiap angka dan tulisan punya arti yang lebih dalam serta berhubungan dengan hal yang sangat teknis mas bro. Makanya, artikel ini aku buat secara detail menjabarkan perihal tentang pengertian, makna dari istilah istilah per roda 2an diatas, terutama untuk kalangan awam seperti aku ini, atau buat para ibu-ibu, mbak-mbak supaya kalau mau beli motor sedikit banyak paham pas disodori brosur oleh marketingnya, nyambung diajak ngobrol ama marketingnya ketika dijelasin ini itu tentang motor. Selamat membaca……… J

Pertama,

Akan kita pahami istilah berikut.

Tipe mesin 4 langkah DOHC, Pendingin Air, Dua Buah Silinder Sejajar 4 langkah SOHC, Pendingin udara, Satu Buah Silinder
Isi silinder 249 cm3 124.8 cc
Diameter x Langkah 62.0 x 41.2 mm 52.4 x 57.9 mm
Perbandingan kompresi 11.3 : 1 9.3:1
Katup Sistem DOHC, 8 valves (katup) SOHC, 2 Valve (katup)

9ethuk akan bahas dari mesin yang merupakan jantungnya motor. Dimana letak mesin itu? (lihat gambar bawah)

 

Kalau kita bagi sesuai perbagian mesin, gambar menjadi seperti dibawah

 

Kalau Bagian A, B, C dibelah. Seperti apa bagian dalamnya?

——-to be continued——– (9ethuk)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 159 other followers

Tulisan Terdahulu

%d bloggers like this: