9ethuk

Berbagi adalah sumber energi abadi

[Tips] Mempercepat keluarnya ASI Pasca Operasi Secar (Part 2-Habis)

Hari pertama masih pake glukosa, mulai hari kedua, karena kami gak tega Ai nangis nangis terus, kami sepakat sementara pake Sufor (Susu formula). Sedih sebenarnya, tapi gak tega liat Ai nangis cerek cerek (japanese language😀 ). Secara asupan gizi, air glukosa sangat jauh dari kebuthan bayi dan tidak mengenyangkan atau wareg. Ditambah lagi kata dokter anak yang memeriksa Ai, kalau diteruskan bisa mencret bayinya atau jadi kuning. Itu resiko kalau dari awal pengen ASI eksklusif. Akhirnya kami mengalah pada Ai, pake sufor dulu.

Tapi, ASI bunda harus tetep terus dirangsang supaya keluar. Caranya, selain mengkonsumsi makanan makanan diatas, ada kontribusi dari anak juga. Yaitu dengan cara, saat di dedek merasa lapar dan nangis. Kita minta dedeknya menyusu di bundanya, meskipun ASI tidak keluar atau keluarnya sedikit, tetap lakukan latihan menyusu, sambil diajak komunikasi dedeknya, meskipun dedeknya gak ngerti (nih orang ngomong apa?😀 ). Ketika dedeknya menyusu sudah putus asa karena ASi tidak keluar, baru deh dikasih susu formula secukupnya. Tidak lupa latihan menyusunya jangan di satu lokasi, bergantian ya😀 .

Begitu seterusnya, setiap sekitar 2 jam atau saat bayi menangis minta minum, bayi dilatih dulu menyusu pada bundanya. Hehehe, antara tega gak tega sich. tapi harus dipaksakan, dan kita dulu baru kasih Sufor kalau Ai dah nangis kenceng banget karena putus asa ASInya terlalu sedikit. Kalau inget wajah Ai pas nangis…… rasanya gimana gitu…

Hari ke empat, ASI masih sedikit keluarnya, jadi kami selang seling pake sufor. Sambil terus berusaha 2 hal tsb. Asupan makanan bundanya dan metode latihan menyusu untuk merangsang ASI segera keluar.

Hari-hari selanjutnya aku dah di Jakarta, dan dapet update info dari istri tentang ASI, alhamdulillah mulai hari kelima ASI sudah keluar, tapi masih sedikit. Tapi ada progress dibanding hari-hari sebelumnya.

Kebetulan, Ibuk magetan bertandang ke surabaya, kemudian membawa jamu bersalin Ibu dan Anak, aku lupa nama jamunya. Paket jamu selama 9 hari hari.

Aku bisa bayangin wajah istriku, hahaha. Secara dia gak suka jamu sama sekali. Eh datang Ibuk membawa,😀😀😀 . Tapi ibuku tak kalah pintar, saat akan diminum, jamunya di campur pake madu yang lumayan banyak. Jadi, rasa pahitnya tersalut rasa manis. Kata istriku, “Gak pahit kok ternyata”😀 Syukurlah.

Alhamdulillah, sejak sekitar hari ke sepuluh itu ASI sudah lancar keluarnya, porsi sufor sudah sngat sedikit. Hari hari selanjutnya sudah mencukupi kebutuhan Ai sehari hari tanpa Sufor. Ehmm Sufor dikasih masih sangat jarang, hanya saat saat ketika ASi benar benar tidak mencukupi tapi bayi masih nangis minta. kalau sekarang (usia 2 bulan anakku)ASI sangat cukup. Alhamdulillah.

Pengalaman diatas bersifat subjective, setiap individu bisa sangat berbeda beda, bersyukurlah bagi para bunda yang tidak mengalami kesulitan dengan ASInya. Orang tua yang bijak, pasti akan memberikan asupan gizi terbaik buat buah hatinya. Selain karena memang dari semua telaah ilmiah ASI jauh jauh lebih bagus dari Susu Formula yang ada, aku pribadi ingin bisa menerapkan tuntunan agama yang tertuang langsung Qur’an untuk menyusi anak hingga usia 2 tahun. InsyaAlloh.

Ehhmmm, satu lagi yang hampir lupa, dukungan dan support suami kepada istri untuk berjuang memberikan ASI eksklusif juga sangat sangat membantu loh. Sehingga kesmpulannya butuh kerjasama team, dari abinya, bundanya (harus memaksakan mau minum jamu dari ibuk magetan,😀 ), dan dari anak yang menyusu pada bunda meski ASI belum keluar atau baru sedikit keluarnya)

Tidak ada kata terlambat untuk berusaha semaksimal mungkin dengan bersandar pada do’a sebagai penyemangat. Selamat mencoba, semoga bermanfaat sobat. Jika sobat punya pengalaman menarik seputar ASI seilakan di share disini.

3 comments on “[Tips] Mempercepat keluarnya ASI Pasca Operasi Secar (Part 2-Habis)

  1. tharie
    April 2, 2013

    kak kata dokter pasca Secar gag boleh minum jamu….
    nach kl istri ka2k sukses bs ngash ASI dg jamu itu.tolong donk tanyain sama ibu kakak.jamu apa itu.cz dah 11hr pasca Secar ASIq keluar dikit bangeet…. bhkan seperti mau abiz.

    • 9ethuk
      April 10, 2013

      Lupa euy jamu apa, coz yang mbawain Ibuk ku, itupun pas aku dijakarta, istri di surabaya pasca melahirkan.

  2. ana
    July 2, 2013

    Klo abia sesar blh y minum jamu bersalin??? Pasca minun jamu gk ad mslh kah maz??? Aq jg abis sc 12hr si baby kenal.sufor dlu drpd asi jd klo d nenenin dya marah dluan.karna asi ny gk bnyk klwr nya. Tp klo dpompa dpt ny lumyan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 159 other followers

Tulisan Terdahulu

%d bloggers like this: