9ethuk

Berbagi adalah sumber energi abadi

Fenomena Sholat Idul Adha 1433H di Jakarta

Idul adha tahun ini sesuatu banget. Kalau bujang, sholat idul adha di perantauan sendirian mah pantes dan biasa aja. Kalau 9ethuk, status nikah beranak satu, 9ethuk di Jakarta anak dan istri di Surabaya masih dalam rangka menghabiskan cuti melahirkan. Jadinya ya sholat ied sendirian.

Persiapan sbelum sholat dilakukan, mandi besar, pake baju kok terbagus yang aku punya, warna item merk Rabani yang belinya setahun setengah yang lalu,😀. Sarung juga yang paling bagus yang aku punya, warna coklat kotak kotak, pemberian ibuk sekitar 2 atau 3 tahun lalu. Pake peci hitam ala santri tebu ireng🙂 , kalau peci ini pemberian Bapak-Ibu Surabaya pas nikah dulu (1.5 tahun yang lalu). Bismillah berangkat pagian bareng pak kost dan di Aa’ (Nama aslinya Ari, cucu laki laki pak kost). Jadwal sholat pukul 07.00 pagi, kami bertiga berangkat 6.15. Sampai di masjid Al- ‘Amin Mardani III, rawasari Jakarta Pusat jam 6.17. Jalan kaki hanya 2 menit😀

Aku duduk di shaf nomer 2 ………………… dari belakang😀 , tepat di tengah tengah shaf. Pak kost dan Aa’ ambil tempat di depan. Di samping kananku Cow tinggi rambut agak gondrong, pake kacamata, baju koko model kaos, asyik dengan BBnya. Samping kiri masih kosong, sepulu menit menjelang sholat datang bapak bapak pake baju koko hitam jjga, pakai topi. Wuich kembaran rek, Hehe.

Fenomena yang ingin aku share ke sobat sekalian adalah :

Pertama, Sebelum sholat dimulai, ada pengumuman jumlah korban tahun ini. Yaitu sejumlah 9 ekor sapi dan 27 ekor kambing/domba. Jumlah sapi tahun ini naik dari tahun lalu yang hanya 6 ekor, kata ketua panitia saat memngumumkan. Dijelaskan juga kenapa bisa terjadi kenaikan, salah satu alasannya karena mulai tahun ini ada tabungan qurban. Jadi ada panitia masjid yang menghimpun tiap bulan bagi jamaah yang mendaftar tabungan qurban. Pada hari H-nya akan akan dibelkina sapi dari 7 orang penabung qurban. Mantabzz!!! Bisa diterapkan di masjid masjid lain neh. Almageti foundation sebenarnya tahun lalu juga menerapkan, tapi pada akhir taun masih kurang satu anggota. Gak jadi dapet satu sapi deh, hiks..

Kedua, Cow samping kananku, bahkan sesaat sebelum sholat dimulai masih asyik dengan BB-nya. Mboookkk, gak ada waktu lain ta? Menunggu sekitar 20-30 menit dengan BBan aja. Ikut takbiran napa bro?!

Ketiga, Begitu sholat selesai. Aku kaget, banyak jamaah yang langsung keluar masjid pulang. Dalam satu shaf pasti ada 1/2/3 atau lebih yang pulang sebelum utbah dimulai, ini belum termasuk yang pulang saat qutbah berlangsung. Dar belakang aku amati, shaf yang masih rapat hanya pada barisan 1,2,3 dari depan. Di belakang itu dah bolong-bolong. Dan sedihnya lagi, aku ngeliat Bapak bapak menggandeng ke dua anak cownya yang masih kecil pulang juga setelah sholat tanpa ikut khatbah Ied. Sedih…….., Kasian anaknya, dari kecil diajarkan tidak ikut kutbah idul Adha. Kutbah dimulai, eh baru 2 patah kata, cow sampingku yang dari tadi maenan BB keluar pulang juga. Otomatis tinggal aku dan bapak baju koko samping kiriku. Pas menoleh ke kiri, bapak baju koko samping kiriku dah menghilang entah kemana…. Glodak.!!!!

Keempat, Mengamati seorang kakek dan cucunya yang tepat duduk di depanku. Saat infak diputerkan, sembunyi sembunyi si kakek memberi uang ke pada cucunya (tapi aku sempet liat…… kayaknya uang Rp. 2000,😀😀 ). Saat infak lewat di depan mereka, si cucu memasukkan uang tsb ke kotak infak. Teduh banget ngeliatnya. Like it!

Kelima, Pulang sholat. Nyampek kostan, eh dipanggil ma bu kost. Diajak makan ketupat sayur bareng-bareng😀😀😀 sesuatu banget dahhhh.. ‘Bujang’ perantauan yang sudah punya anak dan istri.

Jika sobat punya cerita seru, silakan dibagi di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on October 26, 2012 by in [Catatan Harian], [Opini] [Reportase] [Analogi] and tagged , , , , , .

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 159 other followers

Tulisan Terdahulu

%d bloggers like this: