9ethuk

Berbagi adalah sumber energi abadi

Harun Ar-Rasyid VS Kisah Seribu Satu Malam-Abu Nawas (Part 2- Habis)

Imam Syafii’ juga memberikan nasehat kepada sang Khalifah yang membuat Harun-Ar-Rasyid menangis ingat akherat hingga janggut beliau basah karena air mata saking takutnya terhadap perhitungan di akherat.

Harun Ar-Rasyid yang biasa berhaji dan berperang pada tahun secara bergantian, dan saat berhaji dia menghajikan ratusan orang secara gratis. Ar-Rasyid yang pernah memeriksa 1000 dokumen sendirian semalaman (jadi knget dorama yang dibintangi oleh Takuya Kimura yang judulnya “Change”).

Seorang Raja yang saat di beri Nasehat oleh Ulama (Fudhail bi Iyad sampai menangis pingsan), seorang Raja yang saat membaca surat Ar-Rahman menangis tersedu-sedu. Seorang raja yang sangat dermawan, takut kepada Alloh. Seorang raja, yang senantiasa mengahdiri majelis ilmu dan menjadwalkan pengajian di istananya.

Ar-Rasyid suatu ketika ingin makan daging Jazur, namun beliau lupa menanyakan ke pelayannya, suatu saat terhidang daging yang dimaksud. Saat baru makan satu suap, seorang sahabatnya berkata pada sang raja, bahwa harga daging tersebut harganya 400rb dirham (1 dirham = 70rb, sehingga harga daging tsb 28 milyar) dikarenakan si pelayan setiap hari menyiapkan daging tsb jaga jaga jika Sang Raja memintanya.

Mengetahui hal tersebut, Sang raja menangis keras dan meminta menganggkat makanan tsb sambil berteriak “Demi Alloh, Celaka engkau, wahai Harun” beliau terus menangis hingga datang waktu dhuhur, ashar, hingga maghrib. Kemudian sang raja mengeluarkan shadaoh sebesar 2 juta dirham untuk fakir miskin di haramain, 2 juta dirham lagi untuk fakir miskin bagdad barat, 1 juta dirham lagi untuk kufah dan basrah. Sampai maghrib beliau belum berhenti menangis, hingga baru mau berhenti setelah dijelaskan jika semua daging yang dipersiapkan dan tidak jadi dimakan dibagikan ke semua orang untuk dimakan tanpa ada yang dibuang percuma. Dan masih banyak kisah lagi tentang makanan yang disiapkan oleh pelayannya namun diganti dengan shadaqoh yang banyak karena merasa hal tsb sebagai pemborosan.

Namun, apa yang diungkap di buku kisah seribu satu malam atau Alfu Lailah wa Lailah atau Arabian Night yang disalam buku tsb Harun Ar-Rasyid disebut sebut, dan diibaratkan pemilik dan penikmat segala kekayaan yang melimpah dan menikmati malam -malam dengan  befoya foya, tarian perut, minum-minum dll. Padahal, setelah diteliti secara ilmiah, buku tersebut berasal dari persia dengan judul “Afsanah”, cerita cerita yang mirip metode bercerita orang india. Khalifah harun Ar-Rasyid memerintah pada abad ke 2 hijriyah dan buku tsb baru diterjemahkan ke bahasa arab ada abad ke 3 hijriyah. Sehingga pada masa kekhalifahanya, bahkan buku itu belum ada. Dan pada kenyataannya sangat bertolak belakang dengan kenyataan malam-malam yang dilalui oleh sang Raja.

Selanjutnya cerita tentang Abu Nawas atau Sebenarnya Abu Nuwas, sebenarnya cerita-cerita kelakar Abu Nuwas tsb diambil dari kitab “Al-Aghani” karya Abil Farj Al-Ashfahani. dari banyak bukti sejarah bahwa ternyata Abu Nuwas tidak pernah bertemu dengan Haru Ar-Rasyid, sehingga kelakar-kelakar Abu Nuwas tersebut bisa jadi adalah rekaan dan banyak kebohogannya. Maka kelakar-kelakar Abu Nuwas dengan Raja yang seakan-akan mengibaratkan sang raja yang bergelimangan harta dan pemborosan adalah banyak bohonnya. Beranda boleh saja, asalh tidak sampai berbohong, sehingga bisa merubah sejarah.

Sebenarnya masih banyak cerita-cerita yang lain yang lebih banyak pencemaran nama baik dari pada kebenarannya, kenapa banyak buku yang lebih menuduh miring daripada mengungkap hal apa yang sudah dilakukan sang raja? Ya silakan dibeli bukunya, hehehe.

3 comments on “Harun Ar-Rasyid VS Kisah Seribu Satu Malam-Abu Nawas (Part 2- Habis)

  1. abdlrose
    November 27, 2013

    wah ternyata banyak bo’ongnya ya

    • 9ethuk
      January 26, 2014

      Tergantung kita mengacu kemana sumbernya🙂

  2. Sapto
    April 21, 2014

    Hikayat 1001 Malam = 4 Jilid
    Penerjemah : Fuad Syaifudin Nur
    Penyunting : Anis Maftuhin
    Tata Letak : Ade Damayanti
    Desain Sampul : Tim Qisthi Prss
    ISBN: 978-979-1303-11-8
    Ukuran: 15,5 x 24 cm
    Jenis Buku: Hard Cover
    Jenis Kertas: HVS
    Kategori: Kisah Islami
    Harga : Rp. 625.000,-
    Harga Promo : Rp.425.000,-
    Free Ongkir utk DKI Jakarta, Luar DKI sesuai tarif ekpedisi.
    Hub. Sapto Senoaji Hp.0818051579 Pin BB :270B3B47

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 159 other followers

Tulisan Terdahulu

%d bloggers like this: