9ethuk

Berbagi adalah sumber energi abadi

Gak Usah Dibungkus

Bismillah.

Kaget setelah baca di sini, ternyata limbah ini butuh waktu yang lama untuk didaur ulang :

  • plastik diperlukan waktu 50 – 100 tahun untuk terurai
  • puntung rokok 10 tahun
  • kaleng soft drink (alumunium) 80 – 100 tahun
  • kardus 5 bulan
  • kulit jeruk 6 bulan
  • kulit sepatu 25 – 40 tahun
  • kertas 2 – 5 bulan, baterai 100 tahun
  • sterofoam tidak dapat diuraikan
  • almunium 80 – 100 tahun
  • plastik (bungkus detergen dll) 50 – 80 tahun
  • kantung plastik (tas kresek) diperlukan waktu 10 hingga 20 tahun untuk hancur.

Jadi teringat kebiasaan yang agak jarang gue lakukan, kalau dulu sering seh. Terakhir pas kemarin beli nutrisari satu pack, mbaknya bersiap ambil plastik, sigap aku bilang, “Gak usah dibungkus Mbak”, sejurus kemudian aku masukkan belanjaan yang hanya satu bungkus ke saku celana. Yupz muat🙂

Kebiasaan gak perlu bungkus ini sudah agak lama aku mulai, terutama pas bujang. Apalagi kalau beli di minimarket/swalayan, biasanya plastiknya di double double, wadu, biasanya langsung aku bilang di gabung aja gak perlu dipisahkan antara belanjaan makanan dan non makanan. Ya tapi gitu, kadang mbaknya yang jualan suka ngeyel, #cpd

Memang susah sich membudayakannya, tapi bukan hal yang mustahil, kata temen-temenku yang kuliah dan pernah ke jepang, disana kalau beli sesuatu dan butuh bungkus plastik, ternyata harga 1 plastik dihargai cukup mahal, sehingga yang make plastik mikir-mikir. Di Indonesia? plastik mah dikasih gratis, kalau ada warung gak ngasih plastik bisa jadi bahan gunjingan ibu-ibu PKK, walhasil bisa sepi gara-gara hanya plastik bungkus.

Pas guwe udah nikah, aku ma istri hobi ngumpulin plastik bungkus belanjaan, lumayan buat wadah sampah sementara sebelum dibuang ke tempat sampah di luar kontrakan. Saking banyaknya plastik, pas pindah kontrakan ada satu kardus besar isi plastik semua yang jumlahnya ratusan gak kehitung. Akhirnya kita bagi ke bu kost buat wadah belanja dan buat wadah sampah, mungkin juga belum habis kayaknya, saking banyaknya😀

Hehmm, padahal seingatku, pas aku masih kecil, kalau ibukku belanja ke pasar atau ke warung biasanya membawa plastik sendiri dari rumah, atau kalau gak bawa plastik langsung bawa keranjang belanja. Tapi entah kenapa, saat ini justru plastik menjadi seperti kacang goreng, bahkan untuk belanja yang sebenarnya bisa dimasukkan ke saku celana kita suka di beri (atau minta) plastik bungkus. Padahal sampai rumah juga dibuang percuma.

Masih dijepang, beberapa waktu lalau melihat berita di tipi jika budaya trend membungkus barang belanjaan dengan kain lebar yang bisa didesain metode/cara membungkusnya, mirip origami. Kalau liat film-film barat, setiap ada peran belanja di minimarket, bungkusnya gakpake plastik, tapi pake bungkus kertas memanjang ke atas. Keren! meskipun kertas juga dari penebangan pohon, setidaknya bisa didaur ulang lebih cepat dari plastik.

Jadi, tips trik mengurangi limbah plastik sbb :

1. Kalau membeli barang dan bisa dimasukkan ke saku, gak perlu minta plastik

2. Kalau beli barang macam-macam, senyampang bisa muat dan kuat satu bungkus ya gak perlu minta tambah atau kalau yang ngejual (biasanya di minimarket) ditambahi, tolaklah dengan sopan.

3. Mari membudayakan membawa bungkus/keranjang dari rumah sebelum berangkat belanja.

4. Kalau terpaksa menggunakan plastik, gunakan plastik yang degradable, ya meskipun plastik-plastik degradable di minimarket itu baru bisa terurai 2 tahun, lumayanlah. Dari pada 100tahun, tapi tetap saja, namanya plastik limbah yang susah terurai.

5. Kalau beli scank dengan bungkus plastik, tolong dihabiskan jangan ada sisa sekalian bungkusnya (bercanda yang ini😀 )

Ada yang mau menambahkan?

53 comments on “Gak Usah Dibungkus

  1. ~Ra
    November 30, 2012

    Lagi bayangin, kalau beli trasi nggak dibungkus, tapi dimasukin celana..
    😀

    Jadi apa celanaku nanti?

    • Sigoese
      November 30, 2012

      sudah coklat, renda-renda, pake amis lagi.. hiihh…

      • ~Ra
        November 30, 2012

        Ah… rasanya aku bakal dibully rame-rame di sini…

      • 9ethuk
        November 30, 2012

        Susah memang menebak pola pikir Golongan darah B, masak beli trasi di masukin saku?
        Ngebayangin aja kalau lewat gang, tanpa perlu melihat banyak orang bilang,
        “Mbak Trasi”

      • ~Ra
        November 30, 2012

        Nah, kan… apa aku bilang..

      • 9ethuk
        November 30, 2012

        😀

  2. Sigoese
    November 30, 2012

    Keduax..!! lumayan sesuatu…😀

    • 9ethuk
      November 30, 2012

      Hahahaha…. disini mah sawah gersang mas, gak perlu ngicer pertamax kalee

  3. 'Ne
    November 30, 2012

    Saya malah udah sering kalo beli selama masih bisa masuk tas ya saya nggak mau dikasih plastik. Makanya lebih seneng bawa tas besar😀

    • 9ethuk
      November 30, 2012

      Wah, hebat!! Salut buat Kamu Ne. Good Job!

  4. Ely Meyer
    November 30, 2012

    di sini sudah sangat biasa orang belanja pada bawa tas kain, atau keranjang sendiri, kalau enggak ya mereka ambil kardus sisa tempat barang, soalnya kalau mau dibungkus plastik, hrs beli plastiknya

    • 9ethuk
      November 30, 2012

      Salut mbak.. Joss. Persis kayak cerita temenku di jepang🙂

    • Ikakoentjoro
      November 30, 2012

      Di t4ku juga kalo ke pasar simbok2 pada bawa tas belanjaan. Mana bungkusnya pake daun. Maklum dikampung🙂

      • 9ethuk
        November 30, 2012

        Wuicchhhh kayak di kampungkuuuuuu……….. Joz!! kadang kita harus belajar dari orang kampungan yang tidak kampungan🙂

      • ririsnovie
        December 3, 2012

        Di kampungku jugaaa…pernah disuruh ke pasar ibu, dibawain catetan sama tas belanjaan🙂

      • 9ethuk
        December 3, 2012

        Ponororgo daerah mana tuh? Guwe lahir di ponorogo, dibesarkan di ponorogo🙂

      • ririsnovie
        December 3, 2012

        guweh di ponorogo daerah ndeso mas, daerah Bungkal.

      • 9ethuk
        December 3, 2012

        Ketok kok😀

      • ririsnovie
        December 3, 2012

        Ketok opone ikiii? :p

      • 9ethuk
        December 3, 2012

        Ketok ndesone😀
        piss..

      • ririsnovie
        December 3, 2012

        aku maeng arep nebak iku..wedi suudzon..hahaha

      • 9ethuk
        December 3, 2012

        Hehehehe,… ojo dianggep gak serius. #loh?!! Hehehe

      • ririsnovie
        December 3, 2012

        hahaha…yo gaklaahh, ancen ndeso kok..aku biasane kan di blog juga bilang, ponorogo bagian ndesoku..

      • 9ethuk
        December 3, 2012

        🙂

  5. whysooserious
    November 30, 2012

    LIKE THIS BUANGET!
    saya selalu bawa tas kain yang lipatable di dalam tas supaya nggak perlu minta kantong plastik lagi kalau belanja.
    Di desa, mbah saya kalo belanja dipasar sudah bawa keranjang belanja sendiri dan penjualnya pakai daun jati buat membungkus, entah sekarang masih begitu apa enggak.
    Plastik dari supermarket sekarang banyak yang udah bertuliskan bahwa plastiknya degradable dalam waktu 1/2 tahun, beneran nggak sih? Saya kok belum percaya…

    • 9ethuk
      November 30, 2012

      kalau yang di alfa atau indo itu, memang dibilang rudak sekian bulan, tapi dari browsing2 paling cepet terdegradable 2 tahun😦

      Desa mbahnya mana? kok mirip di desaku😀

      • whysooserious
        November 30, 2012

        Lumayan lah kalau benar 2 tahun. Hahahaha, dasanipun teng Banyuwangi😀

      • 9ethuk
        November 30, 2012

        Weee banyuwangi, aku dulu pernah 2 minggu di alas purwo…..

  6. Rawins
    November 30, 2012

    besok kalo beli pacul mau bawa koper aja aaah…

    • 9ethuk
      November 30, 2012

      Nah kalau pacul mah dah sesuai judulnya mas, gak perlu dibungkus😀 , masak masuk saku?

      • Rawins
        December 1, 2012

        kan yang masuk saku gausah dibugkus..?

      • 9ethuk
        December 1, 2012

        Susah neh ngalahin kakak seperguruan kalau gini
        #lempar pacul

  7. ariohendra
    November 30, 2012

    bener mas dimulai dari yang kecil aja sudah bisa menyelamatkan lingkungan. Kalo sy sih malesnya dibungkus soalnya males nyuci piring di rumah hehe

  8. izzawa
    December 1, 2012

    tips nya bermnfaat bget mas…
    biasanya yg agak susah kalo di pasar tradisional…beli daging misalnya🙂

    • 9ethuk
      December 1, 2012

      kalau daging mah silakan dibungkus, kalau kagak wahhh. Ehmm kalau di kampungku daging dibungkus daun jati🙂

  9. Larasati
    December 1, 2012

    Larass juga seringnya kalau beli sesuatu yg dikit gak minta plastik, lgsg masuk tas klu pas bawa tas klu gak yah di tenteng ajah hehe

    • 9ethuk
      December 1, 2012

      Nah biasanya beli minuman ringan tuh,..🙂

      • Larasati
        December 2, 2012

        beli sabun mandi😀

      • 9ethuk
        December 2, 2012

        😀😀

  10. ahmad fauzi banjar
    December 2, 2012

    Bismillah..
    semoga komenku ngga masuk SPAM….
    BW masuk SPAM terus

  11. ahmad fauzi
    December 2, 2012

    semoga ini bukan SPAM….
    **ngikutcpd**

    komentku dianggap SPAM

  12. ahmad fauzi
    December 2, 2012

    bener aku sendiri ogah kalau pakai plastik mas…
    dirumah dah ditertibkan plastik beda tempat sampah…
    kira2 3 hari sekali kami bakar mas..
    disekolah juga diterapkan seperti itu plastik ngga boleh tercecer..tapi namanya anak2 susah juga..

    koment beberapa kali masuk SPAM…😦

    • 9ethuk
      December 2, 2012

      Nah ini nih, guwe suka. Semua berawal dari kebiasaan. Dan senjata ampuh membiasakannya lewat sekolah. Semangad pak guru.

      Loh iya ta mas? wah wah, tar aku cek dulu di spam-nya hiks, maaf maaf…

  13. Wong Cilik
    December 2, 2012

    bener mas … dt4ku sekarang juga kalau mau plastik mesti bayar. jadi mending bawa plastik sendiri, lebih ramah lingkungan dan ekonomis …😀

    • 9ethuk
      December 3, 2012

      Jadi penasaran, dulu bagaimana ya sejarahnya mereka sudah bisa menerapkan kebijakan seperti itu? kenapa di indonesia belum bisa?

  14. ahmadeobrotowali
    December 4, 2012

    wuaa di kampungku sampah berserakan mulai plastik dan kaleng yang di sebutkan diatas ada smua deh…
    apalagi klo ada anak2 jiah pasti ancur dunia persilatan..
    ayo go green…yellow and blue hehehe

    • 9ethuk
      December 4, 2012

      btw, kenapa foto avatarnya kayak gitu ya?

  15. puchsukahujan
    December 10, 2012

    besok lagi kalau ke swalayan bawa daun pisang, buat mbungkus belanjaan😆

    • 9ethuk
      December 10, 2012

      Suasana seketika berubah seperti lagi ditengah sawah,###&??^*$#@

  16. lunaticmonster
    December 20, 2012

    soal barang bekas, kami kebiasaan di rumah suka ngumpulin itu, karena biasanya setiap minggu ada bapak-bapak pemungut barang bekas yang ambil, yah semoga aja itu di daur ulang sama mereka jadi benda-benda baik dan berguna yah.

    • 9ethuk
      December 20, 2012

      diperbaiki ulang untuk dijual lagi🙂
      mungkin. tergantung barangnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on November 30, 2012 by in [Tips] [Trik] and tagged , , , , .

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 159 other followers

Tulisan Terdahulu

%d bloggers like this: