9ethuk

Berbagi adalah sumber energi abadi

Hati Dua [2] di Jalan

CIMG0314 copy

Bismillah.

Kali ini akan bercerita tentang pengalaman pribadi dan pendapat pribadi penyebab terjadinga kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Urutan penyebab ini tidak bedasarkan tingkat paling banyak atau penyebab paling sering, tapi hanya menuliskan yang terlintas di pikiran guwe๐Ÿ˜€ hehe. Kenapa nulis postingan ini, ya hanya sekedar berbagi supaya bisa diambil manfaat, sebab, kita harus banyak belajar dari kesalahan berdasarkan kesalahan yang dialami orang lain. Tidak perlu mengalami kejadian yang sama, tapi bisa mengambil manfaat supaya tidak terjadi pada kita.

Pertama, Kondisi jalan yang rusak, berlubang, bergelombang. Bagi yang biasa melewati jalan tersebut sehari-hari mungkin bukan masalah dan bisa menerka dimana posisi jalan berlubang, tapi bagi pengendara yang jarang lewat, hal ini berbahaya. Pernah pas perjalanan ke bojonegoro, motoran, dari surabaya-bojonegoro. Ada pengendara motor cewek boncengan, karena gak hati-hati melihat dan pegangan kurang kuat, mereka berdua menghantam jalan berlubang. Dan Brrukkk…!!! Dlosor keduanya. Jatuh. Rame-rame orang menolong. Guwe sendiri sering kena lubang, dan rasanya kalau kena lubang itu mangkel buanged!! Hampir mengumpat atau kadang keceplosan misuh, arghh. Naik motor enak enak, “Jeduggg!!” ban motor menghantam keras lubang yang baru terlihat sepersekian detik tanpa ada waktu menghindar atau kalau ingin menhindar samping kanan kiri ada kendaraan lain. Pantes motor di indonesia sering rusak, lha wong jalannya parah, pernah juga pelg motor temenku penyok menghantam jalan ini, jadi uglik-uglik.

Kedua, rambu lalu lintas dan penandaan jalan. Di jakarta, bekasi, cikarang banyak traffic light yang tidak berfungsi, ya kalau siang hari sich gak masalah, masih bisa melihat jelas kondis jalan di perempatan/persimpangan, lha kalau malam? jalanan lagi sepi, kita maen kenceng aja, gak taunya ada kendaraan dari persimpangan laen? Wahhh miris mas bro. Mbayangin aja gak tega. Selain trrafic light, pembatas jalan atau separator jalan di sisni tidak ada tanda yang jelas, terutama kalau malam. Pernah pas naik mobil (numpang naik), tiba – tiba mobil bagian bawah meraksek menghantam pembatas busway transjakarta. Hingga mobil berhenti gak bisa jalan, bisa dibayangin remeknya. Atau pas lagi motoran, kendaraan depanku menghantam separator busway transjakarta, pengemudinya terpental jatuh.

Ketiga, Polisi. Loh? kok polisi? yupz, sekarang ini orang lebih takut kepada polisi dari pada takut ke preman. Sering, kalau dari jarak jauh terlihat polisi bikin-bikin(bukan razia resmi, biasanya hanya 1 atau 2 orang) razia atau polisi yang ngumpet di balik tempat tidak terlihat untuk mencari mangsa siapa yang melanggar lalu lintas, apa yang akan terjadi? yang biasa aku liat sich banyak yang putar haluan kabur, ngebut, tidak jarang yang masuk got atau nabrak atau jatuh. Ini khan bahaya.

Keempat, Tidak care terhadap motor/kendaraan. Ban motor dah agak kempes tidak segera di cek atau dipompa, akibatnya dipake jalan miring bisa jatuh tuh. Rem udah habis, tidak segera diganti, kalau kondisi jalan normal dan sudah biasa sich gak masalah, tapi kalau kondisi mendadak dan harus reflek sepersekian detik bagaimana? contoh pas naik motor, tiba-tiba angkot depan kita berhenti mendadak, mau tidak mau kedua rem harus kita tekan maksimal, eh remnya habis. Bisa berciuman motor kita dengan angkot. Lampu sign mati, atau lampu depan mati tidak segera diganti. Ini sich kalau siang amanlah bisa terlihat, bayangin kalau malam kondisi jalan sepi, ada suara motor gak ada wujud. Bisa berabe, pernah beberapa kali hampir nabrak motor yang gak pake lampu. Dan yang jauh lebih bahaya sebenarnya buat pejalan kaki, pejalan gak ngeliat motor dan motor gak ngeliat pejalan kaki kalau malem, lha wong pake lampu aja kadang kalau lewat tempat gelap pejalan kaki suka gak keliatan, tau-tau jarak sekian meter nongol aja. Beuhhh, hati-hati mas bro.

CIMG0372 copy

Kelima, anak kecil naik motor, atau cew lagi belajar naik motor. Gue saranin jangan masuk jalan raya yang ramai sebelum bener-bener mahir dan bisa menghandle stang dengan bener, bahayanya bukan hanya buat yang naik motor, tapi justru lebih ke pengendara yang lain. Bayangin aja, kita lagi agak kenceng, tiba-tiba di depan anak smp potong jalur karena akan belok secara mendadak, opo ora mumet kitanya. Pernah adekku menghantam pengendara yang mau nyeberang tanpa lampu sign (masih belum mahair). Adikku yang masuk RS, motornya ancur, orang yang ditabrak cuma lecet-lecet dikit.

Keenam, pengguna jalan yang tidak mengetahui peraturan lalu lintas atau yang tidak takut melanggar lalu lintas. Keduanya aku gabungin sebab sama saja impactnya menurtku, sama-sama akan melanggar lalulintas. Sueeering banged guwe temui, udah tau lampu traffic light lagi hijau, ehhh pada nyebrang jalan seenaknya seolah bilang, hoi pengendara mengalahlah. Lah, ini lagi ijo, kita lagi tancap gas tiba-tiba nyebrang seenaknya. Apa mau ditabrak? atau bunuh diri? kenapa gak make jembatan penyebrangan? padahal jembatan penyebrangan diatas mereka eh milih nrabas lampu, #cpd. Ini mending, sering juga gue temui di kondisi jalan ramai, ehh seenaknya nyebrang, walhasil guwe mesti pontang panting pencet rem mendadak sambil mengendalikan motor dan hampur mau jatuh. Fiuhh, pada mau bunuh diri semua nih orang-orang kayaknya, depresi hidup di jakarta๐Ÿ˜€

Masih keenam, coba kita liat dijalan, udah tau jalan searah eh masih jga ada yang masuk dari arah berlawanan kalau ketabrak gimana? udah tau gak boleh puter balik, masih juga dipake buat puter balik. Udah tau dilarang stop, eh justru banyak yang berhenti di tempat itu. Udah tau palang kereta ditutup, eh masih saja nerobos karena melihat kereta belum keliatan, kalau ketabrak gimana? kejadian nyata terjadi di palang kereta percetakan negara, palang kereta yang biasa aku lewati. Motor terseret gara-gara ya gitu, udah dipalang masih nerobos. #cpd.

Masih keenam lagi, dindonesia ini aneh bin lucu, kalau temen-temen perhatikan, jika ada pembatas/separator jalan dari pagar besi dibuat untuk memisahkan 2 jalan yang ramai dan diganti penyebrangannya dengan jembatan penyebrangan. Liat saja, selang beberapa waktu, pagar pemisah jalan akan ada lubang atau dirusak sengaja, loh kenapa? khan dah ada jembatan penyebrangan? simple aja, males naik jembatan penyebrangan, lebih simple lompat lewat pagar tanpa lewat atas, meskipun dengan resiko menyebrang jalan yang rami dengan laju kendaraan yang kencang, cari mati ini mah๐Ÿ˜ฆ

CIMG1484 copy

Guys, dijalan raya ada 3 prinsip yang harus kita pegang.

1. Jika kita hati-hati, dan orang lain juga hati-hati, maka akan aman berkendara.

2. Jika kita hati-hati, tapi orang lain tidak hati-hati maka kecelakaan

3. Apalagi jika kita dan orang lain tidak hati-hati, kemungkinan terjadinya kecelakaan semakin besar.

Hati-hati hijalan ya, ada yang mau menambahkan?

54 comments on “Hati Dua [2] di Jalan

  1. Sigoese
    December 2, 2012

    pertamax..!! dapet anduk..!!๐Ÿ˜†

    • 9ethuk
      December 2, 2012

      Anduk mahal,apalgi musin ujan. Diganti piring cantik ya mas๐Ÿ™‚

  2. Sigoese
    December 2, 2012

    poin 1 & 2 adalah faktor luar yang lumayan bisa disiasati dengan berkendara berhati dua[2].. tapi poin 3 hingga 6 adalah faktor si pengendara. intinya bahwa budaya tertib berkendara masih sangat buruk, bahkan semakin buruk. sengit aku…๐Ÿ˜€

    • 9ethuk
      December 2, 2012

      Analisa pakar lalu lintas neh, Inget mas hati[2] dijalan belum nikah apalagi๐Ÿ™‚

      • Sigoese
        December 2, 2012

        mau nyari bojo polwan cantik ah…

      • 9ethuk
        December 2, 2012

        Wadu mas, susah kayaknya. Masnya mau lha tapi polwannya piye?

      • Sigoese
        December 2, 2012

        nek ra gelem tak tilang!

      • 9ethuk
        December 2, 2012

        ciyus? wani ta nilang?๐Ÿ™‚

      • 9ethuk
        December 2, 2012

        ciyus? wani ta nilang?๐Ÿ™‚

      • Sigoese
        December 2, 2012

        wueeee…..!!

      • 9ethuk
        December 2, 2012

        ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

  3. ~Ra
    December 2, 2012

    Kalian lebih mesra sekarang..
    (Jangan-jangan nampak luarnya aja… di dalamnya penuh persaingan)
    (Ah.. abaikan… :lol:)

    Takdir kok nggak dimasukin om?

    Kalau wis takdir, mau hati-hati kaya apa, ya tetep aja kena..
    ๐Ÿ˜€

    • 9ethuk
      December 2, 2012

      ya wes, dimasukin deh ndut, apa seh yang ndak buat kamu๐Ÿ˜ฆ

      • ~Ra
        December 2, 2012

        :*

      • 9ethuk
        December 2, 2012

        ?

  4. whysooserious
    December 2, 2012

    curhat nih ye…๐Ÿ˜€

    • 9ethuk
      December 2, 2012

      ๐Ÿ˜€ sekedar berbagi cerita Jeng…

      • whysooserious
        December 2, 2012

        hehehe… memang kesadaran akan keselamatan pengendara perlu lebih ditingkatkan lagi. Baik dari sisi pengendara maupun penyedia sarana a.k.a pemerintah.

      • 9ethuk
        December 2, 2012

        Yupz, bentoel… nyebut pemerintah mah gak perlu a.k.a๐Ÿ™‚

  5. Ely Meyer
    December 2, 2012

    mungkin mau menambahkan semua yg akan berkendara di jalan raya hrs sekolah dulu. benar benar sekolah mengemudi dan mengendarai motor, ujian dulu (bener bener ujian) kalau sdh lulus baru dapat SIM, jadi SIM nya bukan instan, bukan tembakan, tak ada yg beli SIM siapapun itu nggak boleh, jadi yg sdh berkendara di jalan raya itu memang sudah lulus ujian yg artinya sdh tahu bagaimana bersikap di jalan raya …

    hal di atas menurutku yg sering disepelekan orang sana, SIM beli, mana bisa orang tahu berkendara di jalan ? SIM satu hari bisa jadi, dibandingkan di sini yg peraturannya sangat ketat, Minim kurang lebih sekitar 3 bulan baru dapat SIM, itu kalau lulus ya, org bisa bikin SIM sampai bertahun tahun kalau nggak lulus ujian teori dan praktek, kalau ndak perah lulus ya ndak bisa dapat SIM, belum biayanya wadewww … bisa ribuan Euro kalau ndka lulus lulus, karena harus mengulang dna mengulang terus, bangkrut dah, tapi hasilnya bisa dilihat di jalan, ornag tertib di jalan raya, karena yg hanya yg sdh punya SIM yg boleh berkendara.

    • 9ethuk
      December 2, 2012

      Keren mbak disono ya, ehmm disini mah seperti yang aku bilang tadi. Masyarakatnya lebih suka yang instan, makanan jusnkfood lebih bergensi dari makanan rumahan.

      Sebenarnya untuk SIM ini tergantung daerahnya, jika aparat tertingginya mau tegas, sebenarnya bisa, namun ya gitu, tidak merata untuk semua kalangan dan masih ada kebocoran disana sini. Hehmm betul juga itu mbak, ide memperketat sim bisa mengurangi jumlah pemakaian kendaraan pribadi yang bisa menyebabkan kemacetan.. thank sharingnya mbak…

  6. genthuk
    December 2, 2012

    sekarang eh bukan ding sekitar idul fitri yang lalu, kan sudah pasti pulang ke Bojonegoro. Alhamdulillah sudah ada banyak perbaikan kok. Akhirnya lancar jaya, malah di lamongan – bojonegoro motorku bisa nyampe 90km/jam. Di surabaya Maksimal paling 50 km/jam, banyak lampu merah dan macet.

    • 9ethuk
      December 2, 2012

      alhamdulillah kalau dah diperbaiki mas๐Ÿ™‚ disurabaya bedalah….!! mau 90km bisa kok di surabaya, bisa nubruk nubrukk๐Ÿ™‚

  7. ahmad fauzi
    December 2, 2012

    mangut-mangut……
    waspadalah-waspadalah…

    **Sruputteh**

    • 9ethuk
      December 2, 2012

      Hahahahaha, pake acara sruput teh. Minta pak teh-nya…

  8. Larasati
    December 2, 2012

    larass paling SEBEL sama pengendara motor di JABODETABEK rata2 urakan dan maen nyelonong sajah!! udah tahu ada mobil mau kekiri eh maen nyelonong dari kiri trus ke kanan potong depan, belum lagi trotoar yg dipakai motor kalau ada macet, belom lagi maen klakson, belom lagi klu nyenggol spion mobil malah maen kabur belom lagi lampu masih merah maen klakson saja hehehehe itu sih pengalaman larass selama di JABODETABEK 9 tahun mas hahahaha makanya paling maleeeesssss kalau lewat daerah yg banyak motornya tapi yah rata2 motor emang ada dimana2, eh satu lagi ding tuh kalau di lampu merah pas ijo kayak larong pada terbang hehehehehehe

    • 9ethuk
      December 2, 2012

      Hahahaha, pengendara mobil curhat๐Ÿ™‚
      Ya itulah jakarta, motor dah kayak laron๐Ÿ™‚

      Guwe sendiri tiap hari pake motor, kalau berangkat kerja yang ada dipikiran hanya, supaya cepat nyampai pabrik.
      Kalau pulang, cepet nyampek rumah. Males ada di jalan lama-lama

      • ahmad fauzi
        December 2, 2012

        whahahaha….LARON…..
        jadi pengen posting masalah laron dan blentung…
        maklum ndeso royo-royo mangsan udan…๐Ÿ˜€

      • 9ethuk
        December 2, 2012

        Ayo mas, posting laron. Terutama peyek laron.. enak.. aku dulu suka nyari laron kalau pagi pagi๐Ÿ˜€

    • ahmad fauzi
      December 2, 2012

      Ko blognya mba laras ngga bisa disambangi ya?

  9. 'Ne
    December 2, 2012

    Setuju semuanya deh hehe.. kecelakaan terjadi kadang bukan kitanya yg tidak hati2 tp pengendara lain ya๐Ÿ™‚
    Meski begitu tetap hati dan jangan lupa berdoa..

    • 9ethuk
      December 2, 2012

      Gak ada tambahan ta ne, dikit dikit gitu, mungkin peunya pengalaman pribadi

  10. izzawa
    December 2, 2012

    kalo disini paling cocok yang nomor 5..
    anak SMP kelas satu aja udah bawa motor ke sekolah, mana bawa nya asal-asalan, juga ada yang bonceng 3…
    ckckc

    • 9ethuk
      December 2, 2012

      Bonceng 3? mbookk… bahaya banged tuh. Kenapa gak naik angkot aja ya?

      • izzawa
        December 4, 2012

        nggak ada angkot disini mas…saya aja kmana2 cari tumpangan,,,kalo nggak ya terpaksa naik ojek

      • 9ethuk
        December 4, 2012

        diluar imajinasiku kamu tinggal di belaham indonesia sebelah mana๐Ÿ™‚ *bercanda

      • izzawa
        December 4, 2012

        hihi….
        emg kok ..di peta blum ada๐Ÿ˜ฆ

      • 9ethuk
        December 4, 2012

        ๐Ÿ˜€ maaf maaf

      • izzawa
        December 4, 2012

        gpp kok ,,,aku cukup kuat kok menerima semua ini๐Ÿ˜†

      • 9ethuk
        December 4, 2012

        waduh jadi tambah bersalah neh

      • izzawa
        December 5, 2012

        tapi disini aku cuma merantau kok mas๐Ÿ˜›

  11. SanG BaYAnG
    December 2, 2012

    Sips.., sips.., saya suka nilai streking di dalam artikel ini.
    Selamat pagi saudaraku..๐Ÿ˜€

    • 9ethuk
      December 3, 2012

      streking itu apa ya?

      Selamat pagi…………

  12. Wong Cilik
    December 2, 2012

    memang sebaiknya kita selalu berhati-bati di jalan …
    jika semua orang berpikiran seperti itu, maka berkendaraan menjadi aman …๐Ÿ˜€

    • 9ethuk
      December 3, 2012

      Sayangnya tidak semua orang berfikiran seperti itu๐Ÿ˜ฆ

  13. affanibnu
    December 3, 2012

    secara pribadi ane sih udah memetuhi rambu2 yang berlaku, pake helm, spion, komplit dah pokoknya.

    tapi entah kenapa budaya masyarakat disini saja yang rasanya menjadi batu penghalang antara teratur dan ngawur..

    • 9ethuk
      December 3, 2012

      masyarakat di sini refer to?๐Ÿ™‚ di jogja? ada di indonesia? Mataram juga indonesia, kalau di mataram seperti apa?

  14. Rawins
    December 3, 2012

    hidup di jalan memang susah
    kita waspada orang lain meleng, tetep aja nubruk…
    tergantung nasib kali ya..?

    • 9ethuk
      December 3, 2012

      kalau kita udah hati-hati dan masih kecelakaan ya takdir itu mah, gak bisa diapa-pain..

      Cie cie yang bentar lagi mau pulang๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€ ngombe obat kuat mas,๐Ÿ˜€

      • Rawins
        December 3, 2012

        ben kuat nubruk..?
        kerjaan belom beres om…

      • 9ethuk
        December 3, 2012

        Ben kuat mencangkul ladang cinta mas๐Ÿ™‚

        Belum beres bukan berarti gak bisa pulang tepat waktu khan?

      • Rawins
        December 4, 2012

        masih ada waktu 2 hari, om…
        semoga ga ada penundaan…

      • 9ethuk
        December 4, 2012

        Aamiin….

      • Wong Cilik
        December 4, 2012

        ha.ha.ha bener juga, pasak buminya jgn lupa mas Rawins …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 159 other followers

Tulisan Terdahulu

%d bloggers like this: