9ethuk

Berbagi adalah sumber energi abadi

Baru 3, Semoga Bisa Sampai Lulus Semua

6168036992_e88d0962f8_b

Bismillah.

Bergetar rasanya membaca postingan almagetifoundation dari bu yuli ini, jadi teringat sekitar dua tahun yang lalu. Saat temen-temen berbulat tekad membuat forum mageti yang niatannya awal hanya sekedar forum buat hahahihe, ngobrol ngalor ngidul, nggosip, sharing, curhat, dan ajang silaturahmi aja. Ide bikin forum mageti awalnya dari hasil reuni kecil-kecillan angkatan 2000 SMAku dulu, seingatku, sejak lulus SMA sampai sekarang, belum pernah sekalipun kami melewatkan reuni setahun sekali setelah lebaran. Meskipun hanya sekedar kumpul dirumah siapa, secara bergiliran dipastikan ada reuni. Nah, kadang yang datang banyak kadang juga sedikit. Dari reuni yang setiap tahun sejak kuliah sampai semua sudah pada kerja sampai hampir semua sudah berkeluarga itulah sekitar 2 tahun lalu tercetus ide untuk memberi peran sekecil apapun buat magetan.

Dulu, pas masih kuliah dan awal-awal kerja, hampir setiap tahun ada keluhan dari adek-adek SMA, bahwa, ada temen mereka diterima SPMB ke universitas negeri tapi tidak jadi masuk atau tidak bisa masuk terkendala biaya, kita-kita yang notabene-nya adalah kaka angkatan mereka dan alumni magetan bingung harus bagaimana, uang tak ada juga. Nah, akhirnya selanag beberapa bulan, hasil reuni 2 tahun lalu kita sepakat bikin sebuah forum dan menyisihkan sebagian rekeki hasil kerja barangkali bisa membantu adek-adek kita. Lahirlah almagetifoundation, sebuah lembaga iseng-isengan, lembaga maya, lembaga yang hanya ada di blog yang menghimpun dan menyalurkan dana-dana dari donatur untuk disalurkan ke adek-adek magetan yang punya keinginan kuat sekolah tapi terbentur biaya.

Awalnya sangat susah, pun sekarang sangat susah berkembang pesat. Bagaimana tidak, musayawarah kita hanya lewat forum tanpa tatap muka, pengurus yang ada di blog terpencar dimana-mana, ada yang di kalimantan, ada yang di bandung, ada yang di Jakarta, ada yang di magetan, ada yang di Australia, ada yang di sumatra, ada yang di surabaya dan masih banyak yang lainnya. Entah mereka pengurus atau donatur susah dibedakan, hehehe. yang penting rame-rame. Yang penting niatan kami, silakan sukarela jadi donatur, tidak ada ketentuan donatir tetap, jika ada yang membutuhkan kita ambil dari tabungan dan kami bantu segera.

6167525333_b3690d8e03_z

Seingatku, kas yang ada belum pernah mencapai tembus 10juta, sebab ketika hampir angka itu pasti sudah kita keluarkan untuk membantu pembiayaan sekolah salah satu adek-adek kita di magetan, bahkan kalau gak salah kas pernah di angka kurang dari 1 juta (dilihat dari laporan kas setiap bulannya), hahaha. Mungkin nanti jika kas kosong dan ada yang butuh dana sekolah, kita bakal akan urunan aja🙂

Saat ini, yang sudah menjadi penerima beasiswa rutin ada 3 orang, Ima, seorang anak SMK yang tinggal bersama ibunya (tidak bekerja) dan kakaknya (bekerja serabutan), sebulan uang penghasilan keluarganya tidak lebih dari 300rb, untuk menghidupi 4 orang. Satu lagi Ertika, pagi hingga siang di hari senin-kamis dia bekerja, siang hari hingga sore hari kuliah di STKIP Dr. Nugroho jurusan S1 PGSD. Cita-citanya menjadi guru SD harus diperjuangkan dengan keringat dan kerja keras, karena memang orang tuanya tidak sanggup membiayai.

Yang terakhir di postingan almagetifoundation diatas adalah Ida Nasution, mahasiswa akbid (akademi kebidanan) yang masih mempunyai 2 orang adek di smp dan sma. Cita-citanya ingin menjadi bidan menggugah semangat kami untuk menariknya menjadi penerima beasiswa almagetifoundation. Kendala terbesar kita adalah kurangnya sdm yang ada di magetan yang bisa terjun langsung kelapangan untuk hal tekni, seperti melihat rumah calon penerima, ke sekolah-sekolah menyebar brosur dan pamflet (mungkin) atau hal-hal teknis lainnya, karena memang semuanya kita lakukan secara voluntary.

Tidak banyak yang bisa dilakukan almagetifoundation saat ini, hanya segerombolan anak-anak perantauan asal magetan yang coba memberi sedikit kontribusi. Dan lebih dari cukup dari kami saat membaca postingan almagetifoundation setiap ada penerima beasiswa, bonusnya adalah do’a-do’a yang  meluncur dengan keteduhannya buat semua donatur semua. Bismillah, diusia yang hampir 2 tahun almagetifoundation ini, semoga diberi keistiqomahan untuk selalu berkontribusi dan berbagi. Mari, jadikan segala karena Alloh semata. 

27 comments on “Baru 3, Semoga Bisa Sampai Lulus Semua

  1. 'Ne
    December 5, 2012

    Aamiin.. turut mendoakan🙂 semoga Almagetifoundation bisa semakin banyak membantu sesama..

  2. Wong Cilik
    December 5, 2012

    kegiatan yang sungguh mulia mas …
    semoga semakin berkembang …

  3. Ely Meyer
    December 5, 2012

    Aamiin …

  4. Larasati
    December 5, 2012

    Aamiinn…semoga lancar dan penuh berkah yah mas Aan…

  5. Rawins
    December 5, 2012

    wah mantap…
    jadi kepikiran pengen bikin rawins foundation

    tentang apa ya..?

    • 9ethuk
      December 5, 2012

      tentang cerita di tanah rantau mas🙂

      • cumakatakata
        December 8, 2012

        tepatnya reunian pekerja di hutan sebrang Mas #uppst

  6. genthuk
    December 5, 2012

    Joss Gandos

  7. yisha
    December 6, 2012

    aamiiiiinnnnnn……………

  8. ainulharits
    December 6, 2012

    Nekat aja mas… insyaAllah Allah subhanahu wa ta’ala akan membuka jalan kemudahan. Mungkin bisa bekerja sama dengan lembaga amil zakat atau perusahaan-perusahaan yang punya dana ZIS.

    • 9ethuk
      December 6, 2012

      Bismillah aja pak🙂 matursuwun
      btw, blognya ganti ya pak? atau refreshment?

  9. ririsnovie
    December 6, 2012

    Aamiin..salut mas, soalnya klo alumni sma ku belum nemu yang begini..klo angkatanku kuliah alhamdulillah jalan, kami punya program beasiswa untuk adek kelas. Mari sama2 bergerak. Semoga keberkahan mengalir deras🙂

  10. ahsinmuslim
    December 7, 2012

    subhanallah, luar biasa. semoga semakin bertambah banyak para pemuda yang peduli terhadap sesama sehingga semakin banyak anak-anak yang terbantu oleh kedermawanan mereka. salam persaudaraan!!!

    • 9ethuk
      December 8, 2012

      Thank u mas bro… Aamiin

  11. HALAMAN PUTIH
    December 7, 2012

    Turut membantu doa aja nih, semoga makin eksis dan memberi manfaat bagi orang lain dan lingkungan di sekitar kita.

  12. Rivanlee
    December 8, 2012

    semoga amalgetinya dilancarkan seluruh kegiatannya, om😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 159 other followers

Tulisan Terdahulu

%d bloggers like this: