9ethuk

Berbagi adalah sumber energi abadi

Materi Pertemuan Pekan Ini (1) [Moslem Corner]

OLYMPUS DIGITAL CAMERABismillah.

Semoga bisa istiqomah menulis materi-materi pekanan di blog, sebenarnya sudah sejak lama pengen menuliskannya, tapi entah kenapa kok ya belum kesampaian. Mungkin ini sangat-sangat telat mulai menuliskannya, tapi setahuku tidak ada kata terlambat untuk memulai🙂 .

Judul materi pekan ini adalah Memahami Dunia. Dunia berasal dari bahasa arab dari kata dana atau adna (kalau gak salah penulisan bahasa indonesianya) yang artinya dekat atau sementara. Berarti kita hidup didunia tidak selamanya dan dunia atau bumi ini juga tidak kekal, yang akan berakhir dengan kiamat. Yang abadi hanyalah Alloh swt.

Semua yang ada di bumi itu akan binasa.(QS. 55:26)

Dan tetap kekal Zat Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan.(QS. 55:27)

Jadi teringat penjelasan tentang kiamat, bahwa ketika kiamat tiba, maka bukan hanya bumi yang hancur tetapi dimensi waktu juga akan hancur, maka menjadi nyambung bahwa 1 hari didunia belum tentu sama dengan satu hari di akherat nanti. Bisa jadi jauh lebih lama, sehingga banyak ulama dan kyai menyatakan bahwa hidup didunia ini hanya ibarat mampir ngombe (numpang minum sebentar). Namanya juga mampir, berarti hanya sebentar dan sekedar mengisi pundi-pundi bekal menuju tujuan sebenarnya dari perjalanan kita, yaitu kampung akherat.

Nah, jika tujuan dari perjalanan sudah melekat erat kita hati kita maka kita akan menyadari bahwa saat mampir ngombe kita harus memksimalkan bekal yaitu :

1. Ibadah, gak perlu babibu ini mah, langsung dibaca aja

Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku. (QS. 51:56)

Kami diingatkan lagi oleh MR, tilawah minimal setengah juz setiap hari (waduuhh, maluuu aku kadang bisa kadang gak bisa neh), jangan tinggalkan sholat malam (waaa.. apalagi ini, belum kalau malam jum’at🙂 ), banyak baca-baca buku, dll dll. Mr pesen, jangan takut apapun jika sudah yakin kalau Tuhan kita adalah Alloh, pegang erat, genggam kuat,…

Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: `Rabb kami ialah Allah` kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan): `Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu` (QS. 41:30)

Kamilah Pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan di akhirat; di dalamnya kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh (pula) di dalamnya apa yang kamu minta. (QS. 41:31)

Sebagai hidangan (bagimu) dari (Rabb) Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. 41:32)

2. Ladang Akherat, jadi di dunia yang hanya mampir ngombe tadi adalah sarana meraup keuntungan di akherat. Siapa yang menanam banyak kebaikan akan menuai panen tiada henti di akherat kelak.

3.  Di dunia adalah sarana mencari maghfiroh (ampunan) dan Mardhotillah (ehm lupa tadi gak nyatet artinya, setelah googling, maknanya melakukan segala tindakan yang disukai Alloh swt).

Berlomba-lombalah kamu kepada (mendapatkan) ampunan dari Tuhanmu dan syurga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah mempunyai karunia yang besar. (QS. 57:21)

Dari sekian panjang ulasan materi, satu hal yang paling melekat, tentang cerita nyata yang berasal langsung dari Gaza maupun mesir, tentang keteguhan mereka dan pemahaman mereka yang keren tentang misi hidup mereka, hemm jadi teringat salah satu status FB tentang gaza yang paling aku ingat, “Seorang anak perempuan memberi tahu adeknya, bisa saja mereka (zionis) meluncurkan rudal diatas Gaza, tapi mereka lupa Alloh ada di atas rudal rudal itu”

22 comments on “Materi Pertemuan Pekan Ini (1) [Moslem Corner]

  1. Setokdel
    December 9, 2012

    `Janganlah kamu merasa takut
    dan janganlah kamu merasa sedih; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu

    Lalu ada sebagian yang berseru wahai manusia takutlah kamu hanya kepada Allah SWT…
    #asalkomen #OTT

    • 9ethuk
      December 9, 2012

      Sangat boleh OOT kok disini, tenang sajo😀

      Quotenya sangat nyambung dengan materinya,
      “Janganlah takut dan janganlah bersedih“. Mujahid, ‘Ikrimah, dan Zaid bin Aslam menafsirkan ayat tersebut: “Janganlah takut pada akhirat yang akan kalian hadapi dan janganlah bersedih dengan dunia yang kalian tinggalkan yaitu anak, keluarga, harta dan tanggungan utang. Karena para malaikat nanti yang akan mengurusnya.” Begitu pula mereka diberi kabar gembira berupa surga yang dijanjikan. Dia akan mendapat berbagai macam kebaikan dan terlepas dari berbagai macam kejelekan. Zaid bin Aslam mengatakan bahwa kabar gembira di sini bukan hanya dikatakan ketika maut menjemput, namun juga ketika di alam kubur dan ketika hari berbangkit. Inilah yang menunjukkan keutamaan seseorang yang bisa istiqomah. Al Hasan Al Bashri ketika membaca ayat di atas, ia pun berdo’a, “Allahumma anta robbuna, farzuqnal istiqomah (Ya Allah, Engkau adalah Rabb kami. Berikanlah keistiqomahan pada kami).”
      Yang dimaksud gak boleh takut di ayat atas adalah gak takut kepada selain Alloh, jadi nyambung sama quote bahwa takut hanya pada Alloh.🙂

  2. danirachmat
    December 9, 2012

    Thanks Mas..

  3. ririsnovie
    December 10, 2012

    siipp..bisa dpt tambahan ilmu tiap pekan nih dari sini..mantabss

    • 9ethuk
      December 10, 2012

      kamu juga update donk tiap pekannya, aku mbayangin kalau punya temen blogger seratus aja yang tiap pekan aupdate materi liqo’nya. Waw, bakal Ruar biasa (pake r) update yang bisa kita serap bareng2

      • ririsnovie
        December 10, 2012

        waahh..bener bgt mas..mulai pekan depan, insya Allah

  4. hilal
    December 10, 2012

    Hmmm… ini sepertinya baru, kang. Layak disimak😉

  5. yisha
    December 10, 2012

    wow, post kaka keren, post fb itu kereeeeeeeeennnnnnnnn……..

    • 9ethuk
      December 10, 2012

      Saling berbagi yang kita tau

  6. genthuk
    December 10, 2012

    Alhamdulillah masih diberi keistiqomahan….

  7. Setokdel
    December 10, 2012

    hehe iya mas mengutip dalil sebelumnya saya sendiri masih bingung, keinget pas disodorin pertanyaan retoris dari seorang teman, antara takut dan cinta, sedangkan ada ayat yang bunyinya begini :

    “ “Hai manusia, sesungguhnya engkau harus
    berusaha dengan sungguh-sungguh untuk menemui Tuhan-mu, sampai engkau bertemu dengan-Nya” (QS Al Insyqaq 84 : 6)

    Nah istilah takut ini kadang membingungkan, jika salah paham seruan takut ini cenderung malah menjauhkan manusia dengan Sang Rabb, maksud saya bukankah lebih baik dengan kita mencintai-Nya, bukannya menakuti-Nya, untuk bisa benar2 mengenal atau dekat dengan Allah, menyoal hablunminallah barangkali mas,
    *berharap ada pencerahan menyoal takut ini agar saya tak merasa sesat🙂
    #semogatidakOOT mas hehe

  8. Pingback: Menyoal Ihwal Takut | Setokdel

  9. Ulfah Uswatun Hasanah
    December 13, 2012

    waaaah. keren kerenn.. semua materi pekanannya ditulis…
    mangstaab…😀

    • 9ethuk
      December 13, 2012

      kamu juga tulis donk🙂

      • Ulfah Uswatun Hasanah
        December 13, 2012

        heheee…
        yang saya tulis yang sedang saya fikirkan pas lagi di depan monitor saja.
        Kadang grogi sama monitor, jadi sering berpaling ke yang sedang melintas. heheee

      • 9ethuk
        December 13, 2012

        diapain ama monitor? kok sampai grogi🙂

      • Ulfah Uswatun Hasanah
        December 13, 2012

        dikedip kedipin:mrgreen:

      • 9ethuk
        December 13, 2012

        hahahaha, iso ae

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on December 9, 2012 by in [Materi Pekanan], [Moslem Corner] and tagged , , , .

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 159 other followers

Tulisan Terdahulu

%d bloggers like this: