9ethuk

Berbagi adalah sumber energi abadi

Ai 4.5 Bulan


 20121223_064052

Bismillah.

Aina Aulia Raissafitri, nama anakku yang saat ini berusia 4.5 bulan. Panggilannya Ai, yang artinya cinta dalam bahasa Jepang. Kami ingin anak kami selalu penuh cinta dalam mengarungi hidupnya nanti.

Jika saat usia 3.5 bulan baru bisa tengkurap, tapi belum bisa balik terlentang dari posisi tengkurep, bahkan sampai ngiler-ngiler ndredes gak bisa balik, terus nangis. Sekarang, diusianya yang baru 4.5 bulan, artinya dengan latihan selama sebulan, ia sudah lancar tungkurep, kembali terlentang dan berguling sesekali. Hahahaha. Menyenangkan melihat setiap ilmu baru yang ditunjukannya setiap hari.

Dulu, baru bisa senyum kadang tertawa (meski jarang) ketika mengekspresikan keinginannya. Sekarang, diusia 4.5 bulan sudah bisa teriak-teriak, jingkrak-jingkrak jika menginginkan sesuatu. Kalau lagi serius mengamati sesuatu, pasti mulutnya mecucu ngalahin panjang hidungnya, sambil matanya menatap tajam object yang diminati. Hahaha.

Sebulan yang lalu belum bisa kuat memegang sebuah benda, dan belum berani untuk memegang benda. Kok tau, kalau pagi, sebelum berangkat kerja aku kadang menyempatkan mengajak Ai jalan-jalan pagi, aku gendong ke gang depan, sekedar melihat matahari dan memperlihatkan padanya bunga-bunga atau tanaman yang di tanam di gang-gang. Sebulan yang lalu, saat aku dekatkan ke suatu bunga, Ai hanya memandangi tanpa berani berusaha memegang. Sekarang, dideketin ke apa aja pasti bawaanya, dipegang, trus ditarik, dimasukin ke mulut. Hahaha, mau dikasih palstik bungkus tissue, boneka, guling, bahkan sampai tangan bundanya digigit juga. Meskipun giginya belum tumbuh. Lucu wes pokok e.

20130101_041744

Lagi serius neh, mecucu, hidung kalah, hahahaha

Kalau digendong, pose dan gaya menyesuaikan siapa yang menggendong. Kalau aku yang gendong, pose tegak, normal. Kalau Akung surabaya yang gendong, posisi gendong rumah keong, ndlusep ke ketiaknya akung. Hahaha lucu.

20130111_134122

Gendong Keong ama akungnya Ai

20130111_134132

Gendong keong jika diliat dari bawah, ciluukk baa….

Perjalanan jarak jauh juga udah dilewati dengan sukses, yupz sukses kena batuk pilek saat pulang dari bandung di long week end tanggal 25 Dec 2012 kemarin. Begitu kena batuk pilek, waduh, pusing!. Meskipun Abi dan Bundanya Apoteker, tetep aja bingung. Bagaimana gak bingung, saat ngeliat anak bernafas kesusahan gara-gara ada ingus di hidungnya, sisipun ia belum bisa, kita ajarin sisi, hinkk… hinkkk, ayo nak keluarkan ingusnya, ehh si Ai malah nyengir. Hadehhh.

Tapi, begitu bersin, hacihhh, keluar ingusnya… “Alhamdulillaaahhhh…”” aku, istriku dan utinya bersamaan mengucap itu, “Ayo nak bersin lagi, biar keluar ingusnya” kata istriku, hahaha. Batinku, yok opo leh ngerti arek cilik ngono iku.

Kalau batuknya, ini yang membuatku kasian banged, gimana gak kasian, udah susah ditidurin karena pilek, begitu udah bisa tidur baru sebentar. Uhuk-uhuk, bangun lagi gara-gara batuk, hadeeehhh, saknoe rek. Sampek malam itu bangun gara-gara batuknya. Kadang sampai berfikir, kasih aja batuk dan pileknya ke aku ya Alloh, kasian nih anak, belum tau harus bagaimana mengeluarkan ingus dari hidung, masih susah diminumkan obat.

Biasanya jika sudah saatnya minum obat, Ai digendong, di kempit, trus saat mengambil obat dan menuangkannya ke sendok jangan sampai ketahuan Ai, kalau keliatan, sudah pasti bakal berontak. Dan sudah terbukti beberapa kali, karena saat mengambil obatnya ketahuan, sudah deh, pasti mulai meronta ronta dan susah buka mulut, atau susah membuka lidahnya. Kok ya ngerti anak seusai itu.

Hal yang gak aku lupa adalah 2 malam yang lalu, saat malam hari hingga lewat jam 10 malam belum juga bobok, berbagai cara sudah ditempuh, diminumkan susu, gak tidur, di gendong bundanya, gak mau tidur, di letakkan di kasur, di kasih boneka, lampu kamar dimatiin, gak mau tidur juga. Bahkan hingga bundanya tabek (bahasa madura, artinya tunduk menyerah), stress kudu bagaimana. Akhirnya aku gendong, meski ia nangis aku dekap erat aku gendong. Aku ayun-ayunkan gendonganku, lampu kamar tamu aku padamkan, aku nyanyiin lagu.

20130110_063538

Ada 3 lagu yang biasa aku pake, pertama tak lelo lelo lelo ledung,… cup menengo anakku cah ayu… ini lagu yang biasa bapakku nyanyikan saat aku masih kecil, dan masih melekat erat sampai sekarang, gak lupa.

Kedua, dzikirnya ustradz Arifin ilham, subhanallohh….walhamdulillahh..walaillahaillah…huaAllohuakkbar… dengan nada yang mendayu ndayuu…

Ketiga, lagunya Anang, timang-timang, anakku sayang…

Ehmm, kadang hanya sstttt.. sttt sttt.. sambil di puk puk bokongnya atau di garuk-garuk punggungnya. Yang jelas gak ada lagu yang aku hapal 100% kecuali yang kedua saja, selainnya seingatku aja dan kadang aku ganti baitnya sesukaku.

Malam itu aku lupa lagu yang mana, mungkin gantian, hingga sangat lama seingatku. Mulai dari Ai nangis sampai keluar airmata, terus nangis gak keluar air mata (kalau istilah jawanya ndrenginging), diem, trus,.. trus,.. hingga aku liat kelopak matanya sudah menutup. Tetap saja aku ayun-ayun, untuk memastikan Ai sudah tertidur lelap, sehingga ketika aku letakkan di tempat tidur disamping bundanya yang sudah duluan tidur (mungkin karena denger suara merduku, bundanya tidur duluan, hahahah) Ai tetap dalam kondisi tertidur.

Berat memang, menahan berat lebih dari 6 kilo dalam waktu sekian lama, kemeng tangan, kemeng kaki, mana kaki sedang infeksi karena cantengen, sakit. Tapi semuanya terbayar tuntas tas saat melihat Ai tertidur pulas.

Aku liat jam, hampir jam 12 malam. Mungkin sekitar jam setengah 12 malam.

Semoga tumbuh jadi anak solehah ya nduk….

20130110_063506

Foto bareng, sama-sama belum mandi😀

43 comments on “Ai 4.5 Bulan

  1. Ely Meyer
    January 13, 2013

    Aamiin

    lihat foto yang pertama, hati jadi damai mas, senyumnya itu lho
    kok bisa ya kalau digendong, pose dan gaya Ai menyesuaikan siapa yang menggendong ?

    • 9ethuk
      January 13, 2013

      Lha itu yang kami belum tau mbak, bingung juga. Tapi lucu.

  2. ndin
    January 13, 2013

    knp bayi pd suka ngumpet di ketek yak???:mrgreen:

    • 9ethuk
      January 13, 2013

      Loh iya ta Mbak? saya baru tau. Anaknya mbak ndeen jugakah?

      • ndin
        January 13, 2013

        apalagi kalo mau tidur, pasti pd ndusel2 ke ketek pas lg digendong😀 mungkin ada aroma yg sedep kali yak😆

      • 9ethuk
        January 14, 2013

        hahahaha,…..
        semriwing mungkin baunya…

  3. Ikakoentjoro
    January 13, 2013

    Ujian terberat orang tua ketika anak sakit. Apalagi ketika masih bayi. Cuapek banget tapi harus tetep disyukuri karena tanpa keberadaannya rumah jadi sepi🙂

    • 9ethuk
      January 13, 2013

      Betul Mbak Ika, matusuwun wejangannya.
      Setiap hari kangen aja bawaannya, kalau gak ketemu sehari bakal kangen banged.

      • Ikakoentjoro
        January 15, 2013

        “matusuwun wejangannya” Waduh kok jadi kaya’ tua banget yak😀

      • 9ethuk
        January 21, 2013

        Hehehehe,… setidaknya belih berumur dibanding saya mbak🙂
        *semoga bener

  4. Larasati
    January 13, 2013

    malah diajak narsis yah mas hehehe suka tuh foto yg atas, bibir bawahnya cakep

    • 9ethuk
      January 13, 2013

      Hehehehe, dikit2 diajarilah laras, biar gedenya gak narsis narsis amat, hahahah soale wes katek kecilnya narsis.

      • Larasati
        January 13, 2013

        sakjane seng narsis bapak e yah hehehhe

      • 9ethuk
        January 14, 2013

        waduh, konangan rek, hahaha..

  5. ryan
    January 14, 2013

    Ai cantik sekali…
    duh mas.. jangan bawa Ai deket-deket saya ya. Kalau iya, tak bawa pulang nanti. hehehehe.

    • 9ethuk
      January 14, 2013

      menakutkan,……
      hahahaha…

      • ryan
        January 14, 2013

        hehehehehe… abisnya Ai lucu banget sih mas…
        matanya itu loh…

      • 9ethuk
        January 14, 2013

        Matanya kenapa mas? khan sama, ada 2. kanan dan kiri.
        Bikin sendiri aja mas, hahahaha

      • ryan
        January 14, 2013

        matanya bening…
        yang sudah jarang ditemukan pada orang2 dewasa. hehehe…

        masih mencari calon ibunya dulu mas.

      • 9ethuk
        January 14, 2013

        mata orang dewsa udah terlalu banyak melihat hal keruh, jadi ikut kotor🙂. Makasih, menonjok sekali.

      • ryan
        January 14, 2013

        hehehehe… saya sendiri juga ketonjok.

  6. lambangsarib
    January 14, 2013

    Dia ngajak main itu mas. Hahaha….. pingin digendong dan disayang orang tua kok.

    • 9ethuk
      January 14, 2013

      Ooo gitu ya pak, paling seneng kalau digendong, trus diajak jalan-jalan sambil ditunjukin benda benda.

  7. Iwan Yuliyanto
    January 14, 2013

    Dari tengkurap sekarang bisa telentang, dari cuek sekarang apa-apa pengen diraihnya,… sungguh sebuah kemajuan dan pertanda sehat. Selamat ya, mas🙂

    • 9ethuk
      January 14, 2013

      Alhamdulillah Pak, Aaamiin.
      Terimakasih.

  8. chrismanaby
    January 14, 2013

    aii,… cantik banget😀

    • 9ethuk
      January 14, 2013

      Makasih,.. jadi malu.
      Loh, Ai ya? hahahahah

  9. 'Ne
    January 14, 2013

    semoga jadi anak yang solehah.. aamiin..

    nggemesin banget ya hihi..

    foto yg terakhir biar sama-sama belum mandi tapi tetep imutan si Ai😀

    • 9ethuk
      January 14, 2013

      Halah, kok pake kalimat terakhir seh, hahahah

  10. danirachmat
    January 14, 2013

    Ai cantik dan lucu Mas. Hihihi. Aaqil juga seneng digendong keong gitu sama yangti dan mbah kakungnya. ujung-ujungnya kalo digendong keong pasti bobo.

    semoga sehat terus mas yaa…

    • 9ethuk
      January 14, 2013

      Aamiin, Aaqil juga, semoga sehat selalu dan cerdas,…

  11. izzawa
    January 14, 2013

    Ai cantik bangettttttttttt…
    gendong keong nya lucu mas hehehe..
    oh ya katanya kalo bayi ingusan itu ngilanginnya dengan cara di isep ingusnya ya mas?

    • 9ethuk
      January 14, 2013

      Itu udah aku lakukan Zza, tapi gagal terus, hanya kesedot sdikit. Udah beli alat penyedot ingus juga gak berhasil, hiks hiks

  12. Wong Cilik
    January 14, 2013

    fotonya ai nggemesin …😀

  13. fanyrenjana
    January 15, 2013

    wah lucu sekali menggemaskan :’D

    • 9ethuk
      January 21, 2013

      Hehehehe, siapa neh yang menggemaskan? hahaha

  14. utie89
    January 15, 2013

    aih maaasss… Unyu unyu banget sih ai-nya..
    Maauuuu…😀

    • 9ethuk
      January 21, 2013

      Bikin sendiri aja, hahahaha. Ditunggu undanganya…………….

  15. Rawins
    January 15, 2013

    selalu indah kalo liat anak anak…
    *jadi pengen pulang…

    • 9ethuk
      January 21, 2013

      Kapan bapak pulang? 🙂

  16. Pingback: Ai, 7 Bulan | 9ethuk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on January 13, 2013 by in [Catatan Harian] and tagged , , .

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 159 other followers

Tulisan Terdahulu

%d bloggers like this: