9ethuk

Berbagi adalah sumber energi abadi

Tutup Maju atau Maju Tutup

Media viva co id antri

Credit Photo media.viva.co.id

Bismillah.

Mungkin terkesan sederhanad judulnya, hehehe. Terinspirasi dari pengelaman isi bensin sepeda motor. bagi yang pernah naik motor, dan pernah ke POM bensin ngisi BBM. Kalau sobat sobat perhatikan, ada 2 type orang saat isi bensin.

Pertama, sesaat setelah petugas SPBU mengisi bensin sesuai keinginan kita, maka si empunya motor akan menutup tangkin bensin, menutup jok motor (kecuali motor laki), kemudian baru menggeser motornya ke depan supaya antrian motor yang dibelakangnya segera bisa giliran isi bensin.

Kedua, meskipun ini jarang. Ada pengendara yang sesaat setelah moncong pengisi bensin ditarik keluar setelah diisi bensinnya, ia langsung menggeser motornya ke depan supaya antrian di belakangnya bisa segera mengisi bensin, baru ia tutup tangki motornya, dan menutup jok motor. Atau kadang, ia menutup tangki motor sambil menggeser motornya ke depan.

Trus?

Type orang pertama beranggapan, ini jatah antrianku, yang belakang ya harus nunggu aku beres semua baru bisa isi bensin. Dulu, aku type ini sebelum aku melihat orang dengan type kedua yang menurutku lebih bagus type kedua. Terasa banged solidaritasnya dan kebesaran hatinya. Serasa sangat memahami perasaan orang antri, yaitu pengen segera dapat giliran secepatnya.

Lebih dari itu, kalau dikalkulasi. Taruhlah tiap orang membutuhkan waktu 10 detik untuk menutup tangki motor dan menutup jok, jika ada 10 orang yang antri, bisa dihitung penghematan watunya tuggunya. 1 menit lebih. Kalau buat yang lagi ngejar jam kantor, satu menit itu sangat berharga sekali mas bro🙂

Tapi, beda kasus kalau butuh kembalian saat isi bensin ya, hehehe. Makanya, aku selalu membiasakan pake uang pas saat beli bensin, 10rb atau 12rb yang aku siapin sebelumnya. Jarang banged isi bensin penuh, ditakutkan ada kembalian yang memperlama antrian.

Ada masukan kawan?

15 comments on “Tutup Maju atau Maju Tutup

  1. chrismanaby
    January 23, 2013

    Waaa, pengisi bensin yg sangat bijak😀
    waktu itu pernah kesel juga di POM, gara2 ada yg ngisi bensin uangnya gede, si petugas POM ngitung kembaliannya lama, padahal ngisi bensinnya juga lama (nggak cekatan), abis itu minta struk lagi,.. padahal udah buru2 banget udah telat

    • 9ethuk
      February 22, 2013

      Xixixixi, aku pernah mengalami hal yang sama. Makanya gak pengen orang lain mengalami hal yang sama😀
      Jadi sepakat neh, maju dulu baru mundur…

  2. katrina
    January 23, 2013

    Kalau semakin ramai yang menunjukkan contoh yang baik seperti saudara sudah mula lakukan, insyaAllah akan lebih ramai yang akan ikut..

    ‘pelajaran itu paling berkesan pada diri melalui pengalaman sendiri, kalau disuruh, pasti akan ambil masa’….. itu kata2 dari almarhum ayahku..🙂

    • 9ethuk
      February 22, 2013

      Betul, pelajaran yang paling terpaku kuat biasanya berdasrkan pengalaman sendiri. terasa banged….

  3. pitaloka89
    January 23, 2013

    Insya Allah type kedua. Tapi kalau kasih uang pas belum tentu bisa setiap isi bensin, soalnya kadang isi bensinnya ga direncanakan terlebih dulu. Jadi seadanya uang dikantong aja yang mana terus nanggung kalau ga sampai penuh.😀

    • 9ethuk
      February 22, 2013

      kalau udah biasa, akan tau berapa estimasi mendekati full tank jika pada indikator menunjukkan skala tertentu.

      • pitaloka89
        February 22, 2013

        Iya, perkiraan untuk ukuran isi tank sih tau. Yang untuk waktu isi bensinnya itu yang kadang tidak diprediksi…

      • 9ethuk
        February 22, 2013

        Kurang-kurang dikit gak harus penuh gakpapalah🙂

  4. lambangsarib
    January 23, 2013

    Tipe juragan katrok ….. kalau naik mobil menganggap karyawan pom bensin adalah jongosnya. Eh,,,,, maaf, saya jadi emosional.

    • 9ethuk
      February 22, 2013

      Padahal kita yang dibantu oleh petugas POM bensin ya Pak?🙂

  5. puchsukahujan
    January 24, 2013

    kalau saya tipe yang mana ya? di antara keduanya mungkin, karena sesaat setelah bensin terisi, saya putar tutup tangkinya (tanpa menutup jok)

    masih dalam kondisi jok terbuka, saya geser motor ke depan sekitar 1,5 meter baru nutup jok sambil starter

    • 9ethuk
      February 22, 2013

      joss!! dah keren tuch, lanjutkan.
      Harapan itu masih ada, *loh, gak nyambung😀

  6. genthuk
    January 25, 2013

    kalo di luar negeri, yang beli ngisi sendiri bayar sendiri, Indonesia bisa ndak ya?

  7. danirachmat
    February 20, 2013

    kalo sayah maju dulu baru tutup. Karena paling bete nungguin orang yang kelarin semua urusan dulu baru maju Mas.

    • 9ethuk
      February 22, 2013

      Josss!! Mas. Lanjutkan…
      Lebih enak dilihatnya dan lebih PeKa terhadap sekitar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on January 23, 2013 by in [Catatan Harian] and tagged , , , , , , , , .

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 159 other followers

Tulisan Terdahulu

%d bloggers like this: