9ethuk

Berbagi adalah sumber energi abadi

Celana Biru

gambar dari : seragamkerjakantor.org

gambar dari : seragamkerjakantor.org

Bismillah.

Ada cerita kala aku duduk di kelas 1 SMP yang ingin aku bagi ke sobat-sobat semua. Sebuah kisah nyata bagaimana bapak magetan mendidikku menjadi pemberani tanpa aku sadari. Entah mengapa kejadian ini sangat melekat diingatan saya.

Kita mulai,.

Dulu aku masuk ke SMPN 1 magetan, salah satu SMP terfavorite di kabupaten magetan. Penerimaan masuk ke sanapun berdasarkan nilai NEM SD. Berhubung nilai NEMku tertinggi se SDku maka bisa dipastikan aku bisa masuk dengan mudah ke SMPN 1 magetan.

Nah, seragam yang dipakai saat itu ada 3 macam. Senin-selasa memakai putih-biru, rabu-kamis memakai putih-putih, jum’at-sabtu memakai seragam pramuka.

Suatu saat di hari senin kalau gak selasa aku lupa, intinya saat itu seharusnya memakai seragam putih(atasan)-biru(celana). Namun ternyata pagi hari saat akan berangkat celana biruku tidak ada, dan celana biru cadangan (setiap seragam ada 2 stel) lagi belum jadi dijahitkan.

Satu rumah heboh, aku uring-uringan dan gak mau berangkat sekolah. Malu, masak yang lain pake putih biru aku mau pake apa?

Segala rayuan ibuk lancarkan ke aku agar aku mau ke sekolah meskipun tidak memakai celana biru. Saat itu pilihan jatuh ke pake celana putih. Jadi yang seharusnya jadwal memakai putih-biru aku diminta memakai putih-putih. Aku menolak, malu. Entah bijimana pola pikirku saat itu, kalau sekarang aku piker lagi lucu juga ya anak kecil itu, hehehe

Bapak magetan berbicara padaku, nadanya datar tapi tegas, tegar, mantab dan meyakinkan.

Intinya aku diminta tetap berangkat sekolah memakai seragam putih-putih. Begitu sampai disekolah aku disuruh bapak menghadap kepala sekolah, minta maaf dan mohon keringanan karena memakai seragam berbeda dengan alasan bahwa celana biruku hilang satu dan satunya masih durendam.

Entah bagaimana ceritanya aku mengiyakan dawuh bapak, aku berangkat sekolah dengan muka ditekuk 4. Malu.

Sampai di gerbang aku langsung menuju ruang kepala sekolah, namun saat itu kepala sekolah tidak ada, yang ada wakil kepala sekolah. Menuju ke ruangan beliau dengan seragam putih-putih sambil malu-malu aku mengutarakan maksudku sesuai yang bapak ajarkan.

Dan,…

Permohonanku diterima!!

Plong!!! Bener-bener plong rasanya. Seperti minum es degan saat berbuka puasa.

………………….

Di kelas, setiap akan dimulai pelajaran oleh masing-masing guru di hari itu aku selalu maju terlebih dahulu untuk memohon maaf karena tidak memakai seragam seperti seharusnya.

Dan amazing,.. semua lancar jaya dan diterima. Bahkan oleh guru yang terkenal paling galak dan disiplinpun bisa diterima. Karena wakepsek dan guru-guru meng accept me rasa malu ke temen-temen karena celanaku beda dengan semua siswa tidak membuatku canggung.

Meskipun jika dipikirkan dengan logika berfikirku sekarang itu hal yang biasa, tapi perasaan yang aku rasakan saat itu masih tersimpan rapi hingga kini. Sebuah tindakan yang out of the range batas anak SMP pada umumnya.

Bahkan, sempet ada guru fisika yang menawariku untuk diberi baju seragam bekas anaknya yang sudah lulus yang ukurannya sesuai denganku saat itu. Mungkin karena kasian padaku, ehmm atau mungkin juga karena nilai fisikaku selalu tertinggi di kelas saat itu hehehe. Aku salah satu murid kesayangan beliau saat itu.

Usut punya usut, belakangan diketahui celana biruku nyemplung kekolam belakang rumah saat di jemur, wakakakaka. Kok bisa ketemu? Rasa penasaran bapaklah yang mendorong bapak untuk mencari ke dalam kolam dengan berbekal galah panjang. Ngubek-ngubek dasar kolam, dan… tada…. Ketemu celanaku.

3 comments on “Celana Biru

  1. ocitamala
    August 21, 2013

    Kita sering takut menghadapi masalah, tapi jika berani menghadapi, sering kita mendapatkan pengalaman yang gak dilupakan. Ceritanya maniez banget Mas

  2. sfirsttama
    August 22, 2013

    wah itu masih bnyak knangan masa smp yang trsimpan ya mas? saya saja yang bru skitar 2 bulan mninggalkan smp sudah da rasa rindu thadap masa2 di sana . .🙂 itu celananya ketemu dalam kondisi bagaimanakah,? apa masih utuh?😀

  3. ainulharits
    August 27, 2013

    Itu kolam renang pasti ikannya juga baru kelas 1 smp

Leave a Reply

Information

This entry was posted on August 20, 2013 by in [Catatan Harian], [Curhat], [Perjalanan Hidup] and tagged , , , , , .

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 159 other followers

Tulisan Terdahulu

