9ethuk

Berbagi adalah sumber energi abadi

Say No! pada ‘damai’ Saat Kena Tilang

2013-09-20 08.52ed

Bismillah.

Pada selasa, 12 Sep 2013 pagi adalah hari terindah buatku, hehehe. Bagaimana tidak, hampir setiap hari melewati jalan tegar beriman. Jalan yang sama yang aku lewati lebih dari 6 bulan dan belum pernah kena tilang, secara surat-surat lengkap dan taat rambu. hehe

Lha pagi itu ada banyak polisi sedang melakukan razia tepat di gerbang tegar beriman. Sebenarnya razia ini sudah dimulai sejak seninya, tapi pas seninnya aku tidak diberhentikan. Karena memang semua lengkap, aku melalui jalan yang sama hari berikutnya yaitu selasa, ehhh diberhentikan. Ditanya SIM STNK, aku tunjukkan dengan pede.

Lalu polisinya bilang, “Bapak kena tilang karena masuk jalur cepat, motor jalur lambat pak”. Aku diem aja gak berkata apa apa, menunggu what next. Polisi mengeluarkan kertas tilang, aku tetep diem. Karena memang berharap ditilang aja. hehehe penasaran kayak apa sidang tilang itu.

Dan bener juga, kena tilang dengan sidang di tanggal 20 sep 2013, di pengadilan bogor tegar beriman, depan POM bensin sebrang jalan. Lokasi pengadilan 1 km sajo dari rumahku.

2013-09-20 09.35ed

Surat tilang aku simpan dan melanjutkan berangkat kerja ke pabrik. Sebenarnya sempet dongkol, secara tanda motor masuk jalur lambat itu hanya tersedia di ujung jalan tegar beriman di perempatan karedenan sukahati saja, sedangkan di sepanjang jalan lain tidak ada sama sekali, sedang diriku tidak sampai ke perempatan yang ada tandanya itu. Tapi rasa dongkol kalah dengan rasa penasaran ingin tau suasana sidang tilang, hehehe

Tanggal 20 sep aku ke pengadilan, tanya ke recepcionist lokasi sidang dan mulainya sidang. Sengaja aku datang pagi-pagi supaya cepet selesai dan lanjut ke pabrik. Ternyata sidang dimulai jam 09.00, dan aku diharuskan menuliskan no. urut absensi sidang yang ditempel di tembok luar pengadilan deket parkir motor.

Yupz, langsung meluncur ke daftar peserta sidang, melihat sekilas aku cocokkan nama dan no. surat tilang dan kudapati no. urut sidangku.

Jam 09.00 ruang sidang dibuka, peserta sidang menyerahkan surat tilang yang sudah ditulisi no. urut sidang. Pelaksanaan sidang berdasarkan urutan kedatangan, aku dapat urutan sidang ke 8. Not badlah🙂

2013-09-20 08.57ed

Sebelum dimulai, panitia membacakan tata tertib sidang. Formalitas.

09.15 hakim memasuki ruang sidang. Mulai dipanggil satu persatu terdakwa🙂 hingga sampai juga giliranku.

“Nugroho Andi,.. pelanggarannya apa?” tanya hakimnnya.

“Masuk jalur cepat pak” jawabnya.

“Denda dan biaya sidang 30rb” hakim memutuskan.

2013-09-20 09.00ed

…………………………………………..

Antri buat bayar 30rb, ambil SIM yang ditahan, pulang dech…

Tidak lebih dari 3enit sajo sidangnya pemirsah… Cepat murah meriah dibanding ‘damai’. Ada cerita temen di pabrik yang kena tilang di lokasi yang sama aku kena tilang. Kena berapa? 100rb. Mboookk!!

Tips singkat,

Ikuti sidangnya jangan pake calo, jika bingung tanya ke petugas resmi dan pastikan anda ikut sidangnya jangan mau diambilkan, coz sidangnya sangat singkat dan dendanya murah meriah.

Dari beberapa yang aku ikuti, perkiraan denda di bogor sbb:

Tidak menyalakan lamu, 25rb, melanggar rambu, 30rb, tidak punya SIM dan melanggar rambu 50rb. Wehhh gimana? masih mau damai?🙂

Ada yang punya pengalaman sidang?

14 comments on “Say No! pada ‘damai’ Saat Kena Tilang

  1. Ryan
    September 22, 2013

    ternyata mudah dan gak menakutkan ya…🙂 selama ini semua inginnya serba cepat sih mas.
    btw mas… saya masih utang ya masalah yang itu… maaf…

  2. kebomandi
    September 22, 2013

    hehe.. dua kali kena tilang gara2 gak ada sim:/

  3. lambangsarib
    September 24, 2013

    TILANG uang masuk kas negara.

  4. lazione budy
    September 24, 2013

    Yup, setuju.
    Saya juga pernah ga ‘damai’ hanya kena 25 ribu. mudah2an benar masuk kas negara.

  5. ainulharits
    September 25, 2013

    semoga pengguna jalan makin tertib saja, sehingga tidak ada alasan untuk menilang

  6. rafli99
    September 30, 2013

    Pas banget neh infonya kebetulan jumat besok ane harus ngehadirin sidang di pengadilan cibinong kejadiannya tadi pagi jam 8 ane ditilang di ujung jalan tegar beriman biasa masuk jalur cepet tapi kok hari ini kayanya operasi gabungan banyak banget yg kena tilang pdahal ane sendiri dari ujung lampu merah pdam sampe nyaris lampu merah jl. Bogor jkt lewat jalur lambat eehh apes mau belok kekanan dijegat pinter juga neh polisi jebaknya .. Ya wes lah gpp , itu ane mau tanya kalau ambil nomor di pengadilan idealnya datang jam berapa ya supaya ga antri kepanjangan soalnya mau lanjut berkatifitas, rtrims infonya

  7. insan
    December 12, 2013

    wah senasib, ternyata murah ya…

    1 hal lagi cuma mau share ja

    pernah denger jenis macam surat tilang…
    ada biru dan merah,

    jgn percaya mitos kalo yg merah melawan petugas/membela diri dll.

    -beda’a yg merah bersedia ikut persidangan

    -yang biru ga ikut persidangan dan dibayarkan lewat ATM
    TAPI YANG WARNA BIRU DIKENAKAN DENDA SESUAI PASAL,

    Contoh :
    – Tidak memiliki SIM. Mengemudikan kendaraan bermotor di jalan, tidak memiliki Surat Izin Mengemudi Pasal 281 jo Pasal 77 ayat (1) Denda : Rp 1.000.000
    Keterangan: Dengan blanko tilang warna biru melanggar pasal ini, Pelanggar diwajibkan untuk membayar denda yaitu Rp 1.000.000 dan disetorkan ke Bank BRI yang telah ditentukan.

    Hal ini berbeda jika pelanggar ditilang menggunakan Blanko warna merah, karena denda untuk blanko tilang warna merah ditentukan berdasarkan Keputusan Hakim di Pengadilan Negeri yang ditunjuk.

    jadi klo warna merah, denda berdasarkan keputusan hakim, ada kebijaksanaan dari hakim, jadi ga mahal banget, hakim masih punya hati nurani

    nih link’a
    https://www.facebook.com/notes/tmc-polda-metro-jaya/jenis-lembar-tilang-yang-berlaku/10151156502651647

  8. bocah beler
    February 9, 2014

    Lewat daerah cawang,jaktim sering bgt polisi2 buncit/kelaparan mencari mangsa. Dgn sigap ‘n pasti polisi nempel2 dkt motor butut gw. Pinggirin motor,ditanya,stnk? sim? Gak punya pak. (pdhl gw buru2 mau antar brg-maklum kurir). Pake bhsa batak gitu (bhsa daerah),”adong?-ada (duit) gak?” pas gw buka dompet,polisi liat uang 100ribu. “Yaudah,yg itu sini aja!” Alhasil duit yg tdnya bisa gw pake buat makan enak,jd raib. Mudah2an itu “duit” jd berkah buat Kepolisian di Indonesia.

    • 9ethuk
      February 18, 2014

      sadis banged tu polisi. laporkan saja atu kang.

  9. fwwf
    October 1, 2014

    bunuh aja atu kang ..pegel atu eeuyy

  10. Hard Kamso
    August 18, 2016

    gogling ketemu situs ini gan, barusan ane kena tilang [ 18 agustus 2016 ] , biasanya kan ga, cman pas pagi2 lewat polisi emang lg apel , nah pas pulang di lampu merah kena dah, stnk yg di tahan, dpt surat tilang merah, tar tgl 16 september 16, sidang kira2 gmn gan ya , lebih dari 50.000 rb ga? td katanya sih 30 ribuan, pas polisi lain bilang,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  11. Sofyan
    August 30, 2016

    Bos kalau di tilang di ciawi sidangnya di mana,mhn info ya maklum saya dari luar kota kagak tau bogor

  12. Hard Kamso
    September 16, 2016

    halo gan, lapor lg, hari ini 16 -9-2016 , sy sidang tilang ;
    1. pagi jam 8.30 datang udh rame, dpt antrian 429. sptnya dari 100 strat nya
    2. banyak calo jga, ternyata ane kenal calo2 nya [hahaha , nanya klo no 429 dpt jam brp, ternyata jam2 10 ato 10.30 klo jam 9 buka,] akhirnya ane pulang dulu dg no antrian 429.
    3. datang lg jam 9.45 an, pas dah panggilan, giliran ane kga dipanggil,
    4. akhirnya maju nanya knp g dipanggil, terus ternyata stnk blm ada,
    5. srh ke polres , ke bagian tilang, [langsung dah untung satu lokasi ] pemda cibinong, ]
    6. dipolres surat tilang di kasih nomor [lupa] suruh balik lagi ke PN
    7. lapor lagi di PN, katanya ada di kejaksaan.,
    [ kejaksaan disamping polres ]
    8. dikejaksaan pas jam 11.00 istirahat, akhirnya naruh kwitansi ,jumaatan,
    9. datang lg bayar 80.000, SELESAI., jam 1 an /. alhamdulillah “:)))

    nb. banyak calo, yg tawarin 1 pelanggaran 150rb, ,,,,

Leave a Reply

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 159 other followers

Tulisan Terdahulu

