9ethuk

Berbagi adalah sumber energi abadi

Cek Fisik Motor Plat Nomer L di Samsat Bogor

Image

Form Cek Fisik Kendaraan yang sudah di Sahkan

Bismilah.

Sebenarnya pengalaman ini sudah beberapa minggu yang lalu, tapi baru sekarang sempet update. Lebih baik terlambat dari pada terlambat sekališŸ˜€

Motornya kakak ipar (palt nomer L-Surabaya) habis 5 tahun stnknya bulan oktober, lokasi motor ada di serpong. Kebetulan bapak dan ibuk ada acara ke surabaya jadi bisa sekalian bayar pajak 5 tahunan. Masalahnya adalah pada pajak 5 tahunan harus disertai pemeriksaan fisik kendaraan yaitu no. mesin dan no. rangka. Masak iya harus membawa PP motor dari serpong ke surabaya balik lagi ke serpong. Bisa habis 1 juta lebih buat ngirim kendaraannya saja.

Kebetulan pernah baca di blog tentang cek fisik kendaraan di bogor yang birokrasinya sangat kooperatif dibanding samsat lain (menurut beberapa pengalaman temen-temen di blog). Akhirnya kendaraan di kirim ke bogor, tukeran motor dengan motorku.

Motivasi kedua, pengalamanku yang sebelumnya (pengalaman yang gak enak), motorku juga habis pajak 5 tahunan, eehhh bukannya cek fisik aku malah minta bantuan paklik beli stiker cek fisik dan aku gesek sendiri. Harga stiker 50rb. Setelah hasil cek fisik aku kirim ke magetan ternyata tidak serta merta bisa digunakan karena tidak ada pengesahannya. Ujung-ujungnya sama aja, bapak di magetan harus minta bantuannya temennya yang polisi. Yachh bayar lebih mahal dari biasanya.

Akhirnya, 2 hari sebelum bapak berangkat ke surabaya. Pagi-pagi sekali aku meluncur ke samsat bogor yang jaraknya dari rumah sekitar 2 km, naik motor 3 menitanlah. Kalau jalan 30 menit, ngesot 30 menit, ngerayap gak tau lagi, hehehehe

Sampai di samsat, motor meluncur ke parkiran, tanya petugas jika cek fisik plat no L bagaimana? katanya harus pakai form cek fisik bantuan. Lokasi loket ada di atas paling pojok ada tulisan mutasi/ cek fisik.

Langsung meluncur ke atas, mencari loket yang dimaksud, muter muter bentar, sempet salah masuk, hehehe. Ternyata ruang arsip, hahaha. untuk gak ditilangšŸ˜€

Ketemu juga. Setelah kusampaikan maksudku ditanya ama bapaknya, “motor dimana?” “Ada di parkiran bawah Pak, ” jawabnya singkat. BPKB asliĀ dan STNK asli serta FC KTP pemilik kendaraan aku masukkan ke dalam loket, sejurus kemudianĀ si bapak menerahkan map berisi form cek fisik dan stiker cek fisik kepadaku sambil bilang, “setelah cek fisik bawa kesini lagi berkasnya”.

Kembali ker parkiran, tolah-toleh. Yap apa cara geseknya, pake apa. Ada mas-mas yang aku liat dari tadi sering bantu gesek no kendaraan nyamperin aku menawarkan bantuan gesek. Berhubung aku tak membawa perlengkapan gesek, makaĀ aku iyakan saja.

Selesai di gesek, eeehhh masnya bilang “sudah selesai pak cek fisiknya, tinggal biaya bantuan gesek cek fisiknya” tanpa menyebutkan nominal. Lak bingung awak kalau gini. Akhirnya aku kasih 10rb. au ahh gelap.

Habis itu aku kembali lagi ke loket cek fisik untuk menyerahkan berkas. 10 menit kemudian dipanggil dengan form cek fisik yang sudah di sahkan. Done. Mission complete.

Bayar parkiran 2rb langusng capcus balik kerumah dan lanjut ke pabrik. Kurang dari 2 jam jika ngurus sendiri.

Jadi total biaya yang aku keluarkan adalah 12rb sajo pemirsah, dan form resmi-sah cek fisik di bawa ke bapak ke surabaya untuk menbayar pajak kendaraan 5 tahunan. Simple dan gak ribet tak perlu wira wiri PP bawa kendaraan ke surabaya.

Silakan di coba. Ada yang punya pengalaman yang sama?

11 comments on “Cek Fisik Motor Plat Nomer L di Samsat Bogor

  1. rangtalu
    December 25, 2013

    cuma digesek-gesek saja, dapat uang 10 ribušŸ˜€

  2. rofrigues
    April 5, 2014

    kok murah, saya plat L di situbondo petugasnya nyuruh masuk ke loket

    dan diminta bayar 110ribu, ini wajar ga, langsung saya batalkan

  3. rofrigues
    April 5, 2014

    bogor dan surabaya memang birokrasi nya sudah maju, di samsat surabaya ga ada tuh yang namanya pungli. Inilah yang membedakan dengan daerah pinggiran

  4. rofrigues
    April 5, 2014

    di samsat ketintang surabaya , cek fisik bantuan gratis loh , apa ini satu satunya di indonesia ya?

  5. ilma arta
    April 30, 2014

    terimakasih atas infonya, saya punya masalh yg sama, mau chek fisik ke bogor atau bekasi ya, untuk bantuan chek fisik, soalnya bayar pajaknya ke Lampung

  6. Baru tadi pagi ke Samsat Ciputat, Tangerang Selatan utk bantu cek fisik motor plat nomor AB. Sangat mudahi, praktis dan gratis tis tis…. Di loketnya tertulis, pelayanan maksimal selesai 30 menit dan TIDAK BAYAR. Eh bayar ding… bayar parkir dua rebu perakšŸ˜€

    • 5225
      January 13, 2015

      Syaratnya apa saja gan yg harus dibawa?

  7. ifen
    February 5, 2015

    Pajak 5 tahunan motor saya di Temanggung, minta bantuan cek fisik ke Samsat Semarang Barat. Syarat BPKB dan STNK asli plus foto kopi masing-masing 1 lembar.
    Di area parkir dekat musholla ada papan nama CEK FISIK. Disana ada 4 petugas sepertinya bukan pegawai samsat karena 3 orang pakai kaos seragam salah satu merk nomor yang satu lagi sudah tua memakai pakaian rumahan. Oleh salak satu dari mereka dibantu dituliskan data-data motor pada formulir berita acara setelah itu dia menggesek nomor rangka dan nomor mesin motor pada stiker khusus untuk gesekan. Lalu kedua stiker itu dilekatkan pada formulir bagian atas. Kemudia dia ngomong…” formulir ini agar ditanda tangankan ke kenator bagian cek fisik, untuk stikernya R 12.500,- mohon ditambahai jasa, lha jasanya terserah…” saya bayar Rp 25.000.
    Saya membawa hasil cek fisik, BPKB, STNK dan foto kopian BPKB dan STNK ke bagian cek fisik di kantor Samsat. Saya ditanya untuk keperluan mutasi atau perpanjangan. saya jawab untuk perpanjangan, lalu saya diminta untuk menunggu.
    Tidak ada 10 menit sudah jadi, dikembalikannya BPKB dan STNK saya beserta formulir cek fisik yang sudah ada tanda tangan ada stempel “TELAH DIPERIKSA”, “TIDAK BERLAKU UNTUK JUAL BELI/LEASING, ” CEK FISIK INI BERLAKU SATU BULAN DARI TANGGAL PENGELUARAN DI SEMARANG”, “AGAR DI CROSS CEK DG CEK FSK (ARSIP) BILA TERNYATA CEK FSK TIDAK SAMA, MAKA BANTUAN CEK FISIK INI TIDAK BERLAKU / BATAL”.
    Untuk yang di kantor ini tidak dipungut biaya.
    Ohya … semua penggesekan baik untuk semua motor maupun mobil dilakukakn di tempat yg sama.
    Demikian, pengalaman saya.

    • ifen
      February 5, 2015

      maksud saya mengenakan seragam salah satu merk motor.

  8. M Septian Maulana
    May 9, 2016

    nama stiker cek fisik itu kalo mau beli di luaran apa ya mas namanya?

Leave a Reply

Information

This entry was posted on October 28, 2013 by in [Uncategorized] and tagged , , , .

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 159 other followers

Tulisan Terdahulu

