9ethuk

Berbagi adalah sumber energi abadi

[Kenapa?] Tangan Kiri

CAM00507 copy

Bismillah. Apakah sangat susah untuk makan dan minum dengan tangan kanan? Entah kenapa pertanyaan ini selalu muncul disetiap gue ngeliat orang yang makan atau minum dengan tangan kiri.

Seperti pas ada traijing beberapa hari lalu, seorang kawan membuka tutup botol air mineral dengan tangan kanan dan seperti duguaanku, ia minum dengan tangan kiri. Spontan aku kasih kode ‘kalau minum dengan tangan kanan’, lalu ia bilang makasih dan minum dengan tangan kanan. Ehhh beberapa hari kemudian tetap aja aku liat ia minum dengan tangan kiri. Hadeuhh..

Di acara yg sama, aku lihat bosku sendiri minum dengan tangan kiri juga dengan kejadian yang sama. Buka tutup botol air mineral dengan tangan kanan, otomatis pegang botolnya dengan tangan kiri. Glek glek…

Maka muncul pertanyaan, apakah susah minum dengan tangan kiri?

Dibeberpa hal, kejadian yg sangat mungkin secara sadar atau tidak kita makan dan minum pake tangan kiri adalah :

Saat makan dengan kerupuk atau cabe, biasanya sendok kita pegang pake tangan kanan. Nah, kerupuk atau cabenya pegang tangan kiri. Habis nyendok, krupuk masuk lewat tangan kiri. Hehehehe..

Atau pas lagi makan steak, pisau di tangan kanan, garpu ditangan kiri. Habis motong daging, langsung deh garpu msuk mulut… nyam nyam…

“Ribet amat sich loe thuk, gitu aja diribetin?” mungkin ada yang tanya demikian.

Contoh diatas aku unggah karena ybs adalah seorang muslim, dan sebagai muslim dari hal kecil sampai urusan tatanegara ada aturan maennya. Aturan makan minum seperti apa?

{ إذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَأْكُلْ بِيَمِينِهِ , وَإِذَا شَرِبَ فَلْيَشْرَبْ بِيَمِينِهِ ; فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَأْكُلُ بِشِمَالِهِ , وَيَشْرَبُ بِشِمَالِهِ } . رَوَاهُ مُسْلِمٌ 3764, وَأَبُو دَاوُد , وَابْنُ مَاجَهْ

Apabila seseorang dari kalian makan maka hendaknya ia makan dengan tangan kanannya, dan apabila ia minum hendaknya ia minum dengan tangan kanannya, karena sesungguhnya syetan itu makan dengan tangan kirinya, dan ia minum dengan tangan kirinya. (HR. Muslim nomor 3764, Abu Daud, dan Ibnu Majah)

{ مَنْ أَكَلَ بِشِمَالِهِ أَكَلَ مَعَهُ الشَّيْطَانُ وَمَنْ شَرِبَ بِشِمَالِهِ شَرِبَ مَعَهُ الشَّيْطَانُ }( رَوَى أَحْمَدُ عَنْ عَائِشَةَ مَرْفُوعًا ” تحفة الأحوذي شرح حديث 1721)

Barangsiapa makan dengan tangan kirinya maka syetan makan bersamanya, dan barangsiapa minum dengan tangan kirinya maka syetan minum bersamanya. (HR. Ahmad, dari ‘Aisyah, marfu’ dengan sanad hasan, Tuhfatul Ahwadzi syarah Hadits At-Tirmidzi nomor 1721)

13 comments on “[Kenapa?] Tangan Kiri

  1. Okti D.
    November 15, 2014

    nah betul, kalo makan krupuk atau cabe suka gak sadar🙂

    • nugrohoandirama
      November 15, 2014

      Hihihi,.. reflek ya soalnya😀

  2. dani
    November 15, 2014

    Maturnuwun Mas diingetin.

    • nugrohoandirama
      November 15, 2014

      Hihihihi,.. ini juga buat saya sendiri mas,…

  3. rangtalu
    November 15, 2014

    terimakasih mas, udah diingatkan lagi, kadang diri ini sering lupa..😦

    • nugrohoandirama
      November 15, 2014

      sama sama…

  4. JNYnita
    November 16, 2014

    Kayaknya ada tuh kisahnya yang akhirnya beneran gak bisa pakai tangan kiri juga makannya… Utk makan pakai tangan kanan, insyaAllah udah jd kebiasaan. Tapi kalau makan atau minum sambil duduk itu sering kelupaan, apalagi kalau saat kondangan.. Huhu..

  5. pitaloka89
    November 18, 2014

    Mungkin terbiasa pakai tangan kiri…
    Kalau sudah terbiasa dan tau hadits itu biasanya tetep bakal pakai tangan kanan seribet apapun makanannya🙂

    Suka heran juga sama yang makan sambil berdiri meski sudah berkali-kali diingetin…

    • nugrohoandirama
      November 18, 2014

      heran itu makanan apa ya bun? sampek suka gitu. hehehe…

      • pitaloka89
        November 19, 2014

        makanannya salad😀

  6. Puji Lestari
    November 18, 2014

    betulll sekali, saya juga suka gemes banget liat orang minum pakai tangan kiri (apalagi sambil berdiri)
    dan sangat menyesalkan melihat dosen favorit lg ngajar di depan kelas, tiba-tiba minum air mineral sambil berdiri pakai tangan kiri
    sayangnya, saya tidak berdaya untuk sekedar mengingatkan waktu itu….

    • nugrohoandirama
      November 18, 2014

      gemes itu makanan apa ya, kok sampek suka gitu.. hahahehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on November 14, 2014 by in [Curhat].

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 159 other followers

Tulisan Terdahulu

%d bloggers like this: