9ethuk

Berbagi adalah sumber energi abadi

[Curhat] Iri dengan PNS

Ai 2 tahun

Bismillah.

Terkadang gue merasa sangat iri dengan istri gue yang notabenenya pns di salah satu rumah sakit di jakarta. Gue ma istri sama-sama Apoteker, tapi bidang kerja kita agak jauh berbeda. Gue sebagai buruh pabrik dan istri di bagian farmasi di rumah sakit.

Apa yang membuat gue iri?

Iri bukan karena di tempat kerja istri sudah diterapkan absensi menggunakan finger print, keterlambatan lebih dari 5 menit akan berdampak pada uang makan. Jika terlambat lebih dari berapa waktu ada denda/sanki yang lebih ketat. Sedang di pabrik tempat gue kerja, sistemnya masih belum secanggih itu.

Iri bukan karena hampir tiap hari masih aja banyak kerjaan yang di bawa pulang oleh istri atau di sabtu minggu masih juga dapet PeeR. Atau Kadang sering aku terbangun malam dan menemukan istriku asyik mengerjaan PeeR dengan laptop kecilnya. Sedang diriku? hahahaha… jangankan bawa PeeR, laptop aja gue tinggal di pabrik dan NO PeeR! damai bro.

Iri bukan karena hampir tidak pernah aku tau istriku pulang tepat waktu meskipun seharusnya dia diijinkan pulang jam 15.30 (jam kerja pulangnya 15.30 bro). Tapi hampir mustahil dia bisa pulang jam segitu meskipun hanya sebulan sekali, pasti ada lebihnya dan tidak dihitung lembur. Diriku? Ojo takok rek, muleh sakarepe dewe, hihihihi…

Iri bukan karena setiap 3 bulan sekali istri gue harus masuk dihari libur dan biasanya hingga larut malam sekali, pernah saat itu masuk pada malam tahun baru. Aku njemput sekitar jam sepuluh di stasiun, pas pulangnya terjebak macet malam tahun baru hingga yang biasanya nyampek rumah sekitar 15 menitan ini hampir satu setengah jam! Mbook!!!. Sedangkan gue? suka suka aja masuk hari liburnya, dan tidak ditentukan jamnya. hahahaha..

Hingga kadang aku berfikir, kayaknya cap kerja swasta dan PNS berlaku terbalik antaraku dengan istriku. Dan ternyata, ada banyak teman-temanku yang PNS yang bekerja seperti istriku, bukan hanya satu dua tapi BANYAK!

Mereka bekerja luar biasa, pulang malam, masuk hari libur, punya PeeR, dll. So, ketika ada stigma PNS itu leha-leha, leyeh-leyeh, kerja santai itu kalau menurit gue kagak betoel 100%!!! Cubelah tengoh secare lebih objective kang ms bro.

Kalau menurut logika berpikir gue sebagai buruh pabrik di bagian produksi. Jika kita punya 100 karyawan untuk mengerjaan target 100 produk harus selesai dalam setahun. Maka gue akan mengatur sedemikian rupa supaya tidak ada orang yang nganggur atau tidak bekerja, pembagian tugas akan saya ratakan, standart work setiap pekerjaan akan saya petakan sehingga 100 orang tersebut akan maksimal potensinya tersalurkan.

Jangan sampai salah kita mengatur standar penyelesaian suatu pekerjaan terkait lama waktu dan jumlah personil, karyawan yang disalahkan karena gak bisa kerja.

Maksud saya, jangan sampai salah para ‘manager’ mengatur anak buah, eh anak buahnya yang jadi tumbal gunjingan orang banyak karena ‘terlihat’ tidak bekerja atau santai santai saja, padahal dijung yang lain ada yang kerja sampai kringetnya sekacang-kacang.

Jangan-jangan selama ini kita salah menghitung beban kerja versus jumlah orang. Jangan-jangan selama ini kita kurang memaksimalkan potensi personil yang ada, dalam bahasa kasarnya kalau gak di kasih kerjaan yang keliatan gak kerja, xixixi…

Eitss,.. waduh kok keluar topik gini ya. Hahaha,.. gomenasai… (translate : Maaf, bener gak?)

Jadi, apa donk yang gue iri?

Gue iri banged pas istri minta ijin pulang agak malem dengan alasan,

“Mas, aku pulang telat ya, nyiapin obat buat operasi transplantasi hati besok” atau

“Mas, aku pulang agak malem ya, ada operasi kembar siam besok” lagi

“Mas, aku pulang telat ya, ada masalah di rs” dan juga saat dia dikasih kue oleh keluarga pasien yang menurut keluarga pasien tsb, istri gue banyak membantu pengurusan pembayaran atau pengeluaran obat di tempat pasien tsb dirawat”

Seolah olah, segala yang dilakukan istri gue bukan untuk istri gue sendiri, tapi untuk senyum orang lain. Dan gue ngerasa, ia seorang Apoteker sejati, membaktikan ilmu untuk sepucuk senyum pasien.

Sedang gue? Hahahaha…

21 comments on “[Curhat] Iri dengan PNS

  1. JNYnita
    December 3, 2014

    Mamaku jg PNS dan gak santai kerjanya.. Di luar jam kantor pun masih hrs mikirin kantor..
    Tdnya kupikir irinya krn Mas yang kepala keluarga tapi malah istrinya yang bekerja lbh sibuk, hehehe.. ✌

    • nugrohoandirama
      December 3, 2014

      Hahaha… yang penting gaji gedean aku. hahaha

      • JNYnita
        December 3, 2014

        Jiaaaahh… Disebut.. Tdnya lg kupikir irinya krn gaji, lhaa tapi kok nanya gaji.. Hahahha..

      • nugrohoandirama
        December 3, 2014

        statementmu predictable,.. hahaha…

      • JNYnita
        December 4, 2014

        Aku kan sopan mas. Jd gak berani nebak yg private di awal.. *ditoyor*

  2. ferry fitriani
    December 3, 2014

    itulah hebatnya apoteker di pelayanan……..tahun baru hari libur bahkan hari raya idul fitri pun wajib masuk demi pelayanan paripurna ke pasien……ckckckck……tapi ada kepuasan tersendiri yang didapat…..salut ama temen2 sejawat yang berada di pelayanan sayangnya saya tidak “betah ” dengan kondisi itu hiks dan keluar memilih jalur lain

    • nugrohoandirama
      December 3, 2014

      Salut juga dah gue🙂

  3. adhyasahib
    December 3, 2014

    halo mas,,salam kenal ya,
    mas apoteker ya?saya juga apoteker,tp baru lulus tahun kemaren,,
    apoteker yg kerja di bagian pelayanAn macam rumah sakit gitu kayaknya emang lebih sibuk ya🙂

    • nugrohoandirama
      December 3, 2014

      Dirimu kerja di pelayanan jugakah?

      • adhyasahib
        December 4, 2014

        pernah magang aja mas di RS waktu masih kuliah di profesi apt,,🙂

  4. hanie
    December 3, 2014

    Ya begitulah dek. Semua orang lebih suka gebyah uyah. Yang jelek2 ttg pns lebih terekspose karena jml nya lebih banyak.
    Sy pernah di rumkit. Skg sy di Puskesmas. Kejadian tetap sama, meski di pkm jam kerja 8-13, sy sering datang jam 7 dan pulang jam2. Selama 8-13 pun sy kerja tanpa jeda. Profesi yang lain??? #edisicurhat..

    • nugrohoandirama
      December 3, 2014

      Curcoldotcom… diniati ibadah wae mbak, ‘gaji’ lembure dijupuk mbesok ae. hahaha

  5. dani
    December 3, 2014

    PNS yang berdedikasi dan kerjanya berat memang banyak Mas. kurang terekspose aja. Njenengan mah kerjaannya juga menyangkut hajat hidup orang banyak sepertinya, tapi gak langsung dapat senyuman aja..😀

    • nugrohoandirama
      December 3, 2014

      Saya senyum sendiri aja mas… hihihihi…

  6. miartmiaw
    December 4, 2014

    Ganbatte! Istri mgk ga pernah minta tp dikasi pijit mesralah kalo pulang dari kerja ‘berat’. Supaya jg bs tersenyum, kan uda nyenengin org melulu🙂

  7. pitaloka89
    December 4, 2014

    Ini bukan nyindir istri yang lebih sibuk diluar kan mas? Maaf kalau su’udzon…
    Beban hati banget soalnya suami udah dirumah istri belum pulang. Sayah banget soalnya… T_T

  8. rangtalu
    December 4, 2014

    setuju deh mas.. banyak yang salah menilai PNS, padahal tidak semua PNS makan gaji buta, kerja duduk-duduk tapi gaji masuk tiap bulan.
    masyarakat perlu dicerdaskan lagi nih🙂

  9. mandor
    December 5, 2014

    saya salut dengan sampeyan mas. Sebagai orang produksi mampu mengatur sedemikian rupa sehingga tidak ada orang yang pura-pura sok sibuk. Dan lagi, istri yang sampai bela-belain bawa Pekerjaan ke rumah, sungguh dedikasi yang luar biasa.
    Akan ada waktu untuk merindukan saat-saat bekerja itu, sekarang dinikmati saja capeknya kerja itu kayak gimana

  10. dini
    December 13, 2014

    Hee… Bagus tulisannya.
    Akhirnya nemu lagi orang pabrik, farmasis dan suka nulis.

    Terus menulis, semoga barokah🙂

  11. muslimalmumin
    January 6, 2015

    Waktu baca kirain iri gara gara gajih, setelah baca komen ternyata gak. semangat berkarya mas saya salut sama istri mas.

  12. realitakehidupanku92
    January 28, 2015

    seperti bapak saya mas hehe.berangkat jam 7 kurang pulang jam setengah 5 kadang hujan2an.sampai rumah kadang ada tamu yang mau tanya2 masalah nikah,ngerjain pr.hari libur ?sebulan 1x mungkin.wong sabtu minggu kadang ttp masuk ada tugas.
    dan insya allah jejaknya saya teruskan.karena,saya juga baru diterima sebagai pns😀

Leave a Reply

Information

This entry was posted on December 3, 2014 by in [Curhat] and tagged , , .

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 159 other followers

Tulisan Terdahulu

