9ethuk

Berbagi adalah sumber energi abadi

[share] Tambal Ban VS Ganti Ban

Salah satu kejadian ban bocor di sekitar raya bogor

Salah satu kejadian ban bocor di sekitar raya bogor

Bismillah. Ada yang tau perbedaan Tukang tambal ban dengan Tukang ganti ban? Hehehe.. awalnya gue juga bingung. Tapi beberapa hari lalu akhirnya gue menemukan jawabannya.

flashback bentar ya.

Gue tinggal di buitenzorg, kerja di djakartah. Jadi lumayan pernah melewati area sekitar raya bogor, depok dan sekitar saat pulang pergi kerja naik motor. Dan tentu, hal yang lumrah jika adakalanya harus mengalami ban bocor.

Pernah suatu ketika, ban gue bocor di sekitar depok pas lagi silaturahim di salah satu temen. Kata temen-temen, “di depok gak ada Tukang tambal ban pak, adanya Tukang ganti ban”.

Awalnya gue kagak paham apa kamsudnya, toh gue sering liat tulisan “tambal ban” di pinggir jalan, dan tidak hanya satu tapi banyak. Akhirnya gue nuntun motor cari tambal ban. Yups! baru jalan beberapa menit nemu juga (kringet wes mbrodol mas bro).

Setelah di cek cek, kata abangnya bocornya susah di tambal dan harus ganti ban dalam. Itupun ban dalam yang ada ukurannya agak sedikit kecil dan merknya tidak terkenal (setidaknya aku tidak mengenalnya).

Dengan pertimbangan sudah malam, males nuntun lagi, dll. Ya udah oke ganti ban. Hahahaha… ganti ban. Dan itupun hanya semalam saja buat motoran dari depok sampai di rumah. Esok harinya sudah bocor lagi. Yaiyalah, itu ukuran ban dalam gak sesuai. Walhasil ganti ban dalam yang sesuai lagi di bengkel deket rumah.

Just FYI neh, ini bukan kejadian pertama dengan skenario yang mirip-mirip diatas dan di area sekitar perjalanan pulang pergi selama saya kerja di djakartah.

Nah… beberapa hari lalu pas lagi di Surabaya ban motor di rumah bapak bocor/kempos, entah karena lama tidak di pakai atau memang bocor.

Nyari tukang tambal ban, setelah di cek ternyata ada bagian sobek si pinggiran pentilnya. Itu sobeknya bener-bener sobek. Sobek tenan mas bro. Walah, pasti ganti ban nih (feeling gue).

“Ada ban dalem mas?” tanyaku.

“Gak ada mas” kata masnya. “Tapi ini masih bias di tambal kok mas” katanya lagi.

“Masak mas? kalau bisa ini pertama kalinya saya ngeliat nambal ban sobek di area pentil (lubang angin) ban” kataku.

“Bisa kok mas, cuma kadang pada males nambalnya karena agak ribet” kata masnya menentramkanku (adem rasanya, cess, asyeek…).

“Oke mas tambal aja, daripada saya harus cari kesana kemari ban dalem dan belum tentu tokonya buka” kataku.

Dalam hati, gue penasaran banged gimana cara nambalnya dan lagian gue kagak mengenal medan, maklum jarang ke Surabaya.

Saking penasarannya saya amati dari awal sampai akhir prosesi penambalannya. Dan Amazing!!! Its works! Gue pake keliling-keliling kagak bocor dan kuat. Dan hanya 8,000,- saudarah saudarah! kalau yang di foto itu disekitar raya bogor 12rb. Itupun kagak niat banged nambal, gak asiiik ngeliatnya.

Oiya FYI, di Surabaya, ada tambal ban mobil dengan garansi seumur hidup pada lokasi yang sama bocornya. Nama tukang tambal bannya “Mata Dewa” hahahaha.

Jadi silahkan disimpulkan sendiri perbedaannya.

Ada yang punya pengalaman yang samakah?

7 comments on “[share] Tambal Ban VS Ganti Ban

  1. dani
    December 17, 2014

    Alhamdulillaahnya kalo pas harus nambel-nambel ban dapetnya yang awet-awet Mas. Ganti ban juga karena emang beneran dah gavisa ditambal. Boleh gak sih sebenernya usaha kek bgitu ya?

    • 9ethuk
      December 18, 2014

      Pertanyaan yg berat neh mas. Boleh tidak? Bingung njawabnya. sebaiknya yang baik baik aja ngejalanin kerja.

  2. mandor
    December 17, 2014

    bocor dekat pentil itu kadang harus diwaspadai. Cara-cara kotor tukang tambal ban dengan menarik paksa ban dalam sehingga menyebabkan sobek di sekitar pentil. Alhasil yang harusnya mbayar 8rb jadi harus beli ban dalam baru

    • 9ethuk
      December 18, 2014

      Pengalaman pribadi ya mas?

  3. ocitamala
    December 18, 2014

    Saya lebih suka ganti ban dalam. Takutnya tambalan mereka tidak sempurna.

    • 9ethuk
      December 18, 2014

      Kebetulan duit di dompet kagak cukup buat ban dalam mas, gak punya pilihan. hiks.

  4. kutukamus
    August 23, 2015

    Haha..! Baru tahu istilah “gak da tukang tambal, adanya tukang ganti..”🙂
    Hebat itu yang di Surabaya, mungkin sudah agak susah nyari yg begitu sekarang

Leave a Reply

Information

This entry was posted on December 17, 2014 by in [Catatan Harian] and tagged , .

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 159 other followers

Tulisan Terdahulu

