9ethuk

Berbagi adalah sumber energi abadi

Catatan Harian Collection (Part 1)

Barusan beli nasi padang,
“Berapa Bang?” Tanyaku
“15.000,” Kata Abangnya
Pake uang receh ya Bang?”pintaku.
“Iya, gak papa”
Aku mengeluarkan 30 koin uang 500an, sambil aku itung dimeja abangnya satu satu.
Ehhmm, ekspresi abangnya gimana gitu, mungkin mau bilang waw,..

tak lupa aku bilang makasih pada abangnya saat keluar dari warung.

———————


Misteri kursi no. 3A Bus Harapan Jaya.

Peristiwa ini terjadi tepatnya sekitar 2 minggu yang lalu, saat perjalanan dari magetan ke jakarta naik bus harapan jaya.

Saya naik bus dari maospati ambil kelas menengah, cukup 130rb dari maospati ke rawamangun jakarta. Setelah bayar , saya dapet tiket bus, tiket makan sekali dan tiket snack sekali juga. Saya liat di tiket, no kursi yang aku dapat tertulis

3B.

Kata mbaknya, setengah jam lagi busnya nyampek. Aku menunggu di bawah pohon menghindari terik mentari di jam itu.

Setengah jam kemudian bus datang, langsung aku hampiri untuk naik bus. Sempet sebentar nyari posisi 3B. Akhirnya kutemukan kursinya.

Namun, di kursi 3A ada ibuk ibuk setengah baya sedang tidur tiduran dengan ekspresi muka gimana gitu. Dan anehnya lagi, dia tidur di 3A eh kok pake selimutnya selimut 3B (setiap kursi ada selimutnya), sedang selimut 3A dibiarin tidak dipake. Arghh menyebalkan, aku khan duduk di 3B, berarti pake selimut bekas dipakai donk.

Bersikap masa bodo, aku dudk di 3B. Setelah sesaat duduk, si ibuk bertanya padaku, “Ini kursi berapa ya mas? saya no. kursinya 2C.”. Ini 3A dan 3B bu, 2C di depan situ sebelang sebrang” kataku agak jengkel. “Oooo, saya kita 2 C” si ibuk bilang sambil berlalu meninggalkan selimut kursi 3A dan 3B.

Batinku, bagaiman bisa 3A dan 2C mirip? dari mana ngeliatnya? posisi bersebrangan. Angka beda, huruf beda. Peuhhh. 3A ada apa denganmu. Selesai? belum.

Sampai di semarang, makan malam. Selsai makan malam seperti biasa sholat dulu baru masuk ke bus.

Pas masuk, sudah ada lagi yang duduk di 3A. Pikirku, mungkin penumpang baru yang naik dari semarang. Seorang bapak bapak agak gundul berbadan tegap, sangar pisan pokoknya.

Aku duduk di kursi 3B. Baru aja duduk, bapak bapak yang dudujk di 3A langsung bertanya padaku, “Penumpang baru ya Mas?”, mbook nich orang batinku. “Saya duduk disini pak, ini no 3A dan 3B, itu tas saya ada di bawah situ” sambil menunjuk tas yang ada disamping kursi 3A.

beberapa saat, si bapak berdiri, melongok kursi depannya. Kemudian berlalu begitu saja di kursi depan saya. Ealah, ternyata dia duduk di kursi no. 2A. Gubrakkk!!! Gak pake bilang apa, berlalu begitu saja. cpd.

Akhirnya, dari pada terjadi apa apa terhadap 3A dan aku tau 3A kursi kosong. dari semarang ampek jakarta aku dekep erat. Aku tidur di 2 kursi. Aman. Aku menang. Puas deh, Ibu 2C dan bapak 2A gak akan mengganggu.

Sempet kepikiran, pengen ambil obeng, tang, dan gunting. Kali aja ada harta karun di bawah jok kursi no 3A kok sedemikian banyak orang ‘salah duduk.

 
 ————————-
 
Nunggu antrian e ktp, duduk di emperan mushola kec cibinong. Ada ibuk2 br buka lapak dagangan.

Ada 2 anak kecil minta dibeliin minum. 2 teh kotak. 10rb. Mbok, padahal di indomart satunya cuma 2500. Wow, untung 100%.

Mupeng,..

 
————————–
 
Msh nunggu e ktp. D bwh phn minum es cendol.

Dtng ibuk2 dgn anak permpuanny(20than). Cantik mas bro.

Duduk mereka berdua d depanku. Berbisik.

Si ibu beranjak, entah kmn. Bbrp saat dtng si ibuk bw es cendol dikasihkan ke anaknya.

Gk jd cantik deh.

 
—————————
 
Mau keluar nyari makan,
Baru buka pintu, ditanya ama bu kost?

“Mau kemana Mas Aan?” Tanya Bu Kost.
“Ke dapur depan Bu” Jawabnya, (Warteg maksudnya)
“Waahh, kebetulan dah makan sini aja, masih banyak nasinya..”, Ajak Bu Kost sambil maksa harus mau makan di rumah Bu Kost.

Aku tak berdaya, ya sudah makanlah aku di Bu Kost.
Daging ungkep ama kerang menunya, dapet teh anget lagi.
Maknyusss banget daahhhh,…

 
—————————–
 
Barusan ngobrol ama ibu kost,
nanya2 kalau beli dipan paling murah meriah dimana?
Di jawab ama bu kost,

“Itu dibelakang ada dipan yang gak kepake,
Kalau cocok pake aja Mas Aan, gak usah beli”

Wow, mau koprol takut ngenai bu kost.

 
—————————-
 
Mau nyuci motor,

Tolah toleh, pake kain apa ya?
Buka buka lemari,

Ada kaos putih dah pada sobek,
Aku sobek sekalian.
Bismillah pake ini aja, moga yang punya gak marah (Xixixixi).

Habis nyuci, aku tinggal bentar.

What? Ada yang nganti kaosnya. Arghh Jakarta gak aman blas.

Sekarang jadi coklat kaosnya. Moga yang punya kaos gak tambah marah.

 
————————-
 
Pengen minum teh kotak dingin, rasanya maknyus pasti.

Beli 3 kotak yang harga 2500 ajjah.
Masukin freezer, biar cepet dingin.

Kelupaan ngeluarin dari freezer, tertinggal di dalam freezer semaleman.

Pas mau minum, dah jadi es batu. Hiks
………. dah nunggu sejam lebih ditaruh diluar kulkas masih belum cair.

Sambil memandang teh kotak, kapan dirimu cair?

 
—————————-
 
BIAYA NIKAH.

Anak: Ayah, berapa sih biaya kalo mw nikah.

Ayah: Sambil memperhatikan wajah anak laki-lakinya yang polos itu berkata.”entah lah nak, nyampek sekarang ayah masih bayar terus pada ibumu.”

Anak: ?”?”@=+*???


——————————-
 
Hampir aja lupa, ditagih terus ama yang aku sanggupi janjinya.
Janji apa itu?

Menuliskan di wallku seperti ini :
“Pengen gaji senior, gak apa apa kerjaan Junior”

Wakakaka, aku takut takutin gini,
“Gak takut di baca Bosnya sampeyan Pak?”

“Biarin, gak papa” Katanya.

titipan status galau temen kerja. Padahal orangnya juga punya fb lho, kenapa gak nulis sendiri. Gpp wes demi temen,.

 
———————————–
 
Panggilan tugas ke kantor, berangkat..

Enak enak naik motor, nyampek lampu merah.
Tiba tiba, dugghh.. motorku bergerak dengan sendirinya ke depan.
Motorku ditabrak dari belakang.
Aku liat ke bagian bawah belakang motorku, aku liat gak ada yang penyok.
Perlahan mendongak ke atas melihat siapa pengemudi motor yang menabrak.
Sisi tengah aku liat motor matic, ke atas dikit ngeliat muka ibu2 setengah

baya ketakutan sambil menyesal minta maaf.

Ya sudahhh, gak papa.

Lampu ijo. Motor melaju…

Sambil motoran, kepikiran. Kenapa ibuk2 itu sebegitu ketakutannya?
Emang seseram itu ya mukaku? Preman apa aku? wakakakaka.. (mirip sich)

 
————————————-
 
Dapet kiriman uang 1.3jt untuk beli tiket 3 orang dari Surabaya ke Jakarta (aku ikut dihitung dalam 3 orang tsb).

Berangkat ke Jatinegara. Beli tiket kereta Anggrek Malam, @385rb. Cukuplah. Ada sisa malah. Asyiikk..

Bayar tiket, siap siap balik ke kontrakan. Baru beberapa langkah kayak ada yang ganjil. Wadalah, lha aku ke Surabaya naik apa?

Balik badan, rogoh kocek tambahan. Beli tiket kereta Gumarang 170rb Jakarta-Surabaya. Hiks, gak jadi dapet sisa, nombok malah.

Manager Finance yang luar biasa,….

 
————————————–
 
Cerita hari ini,

Kehabisan bensin saat pulang dari Cikarang di sekitar kalimalang arah cawang.
Noleh ke kanan, neriakin tukang tambal ban,
“Ada bensin Pak?”
Bapaknya bilang gak ada, sambil melambai tangan (maklum suara bsiing kendaraan)
Mbook!! Alamat nuntun ampek pom bensin terdekat (jauh denk masihan)

Baru beberapa langkah,
Seorang pengendara motor benhenti tepat disampingku.

“Waduh, diapain neh, mana gelap lagi” (Dalam hati)

“Kehabisan bensin Mas?” Katanya sambil teriak (maklum bising kendaraan lalu lalang)
“Iya” Jawabku singkat.

“Sini saya dorong, Pom bensin masih jauh” Katanya lagi.
Kemudian kaki kirinya menmpel diujung knalpotku sambil njalanin motornya kecepatan rendah.

Aku dan motorku di dorong ampek POm bensin terdekat (jauh denk ternyata)

“Makasih Mas.. teriakku “(Maklum bising kendaraan lalu lalang, setelah nyampek depan POM Bensin).

Guys, jangan takut berkelana, masih banyak orang baik di luar sana, yang tidak menghitung segalanya dengan uang semata.

 
—————————————-
 
Cerita Hari ini (9/10/12)

Beli nasi bungkus di warteg langganan, nasi sayur ma lauk satu ajjah. Hemat!

Keluar warteg, pas mau pegang motor datang bapak-bapak umur 50an, pake peci hitam, hem biru (perawakannya kayak butet seniman itu lho). Sehat, agak gemukmalah.

“Mas sedekahnya, buat ngopi” Katanya sambil menjulurkan tangan, entah mau salaman atau kode meminta.

“Mbooten.” Sahutku lirih. Waduh

keceplosan, emang ngerti artine mboten. Efek kebiasaan di warteg pake bahasa jawa terus.

Dalam hati, “mbook, minta sedekah buat ngopi? lha aku aja mau bungkus es teh mikir2 tadi. Ini minta sedekah buat beli kopi? harga kopi minimal 2500 rupiah.

Yaa Alloh, hindarkan keluarga kami, saudara kami, anak keturunan kami, sahabat2 kami dari meminta selain kepadaMU.

 
———————————–
 
Nasehat dari Sahabatku,

“Orang biasa yang jatuh… ya sudah, tapi saat dia bisa menjadi lebih dari biasa orang akan memujinya.

Orang hebat saat melakukan hal hal hebat orang akan kagum dan memujinya, TAPI saat ia jatuh… dia digunjingkan.

Hati hati ya An!”

(tertulis jelas di memorial bookku)

 
—————————————
 
Hehmm, ada 3 tingkat degradasi warna di lenganku.
1. Paling gelap, dari pergelangan tangan ke ujung jari (efek motoran)
2. Agak tidak gelap, dari pergelangan ke pertengahan lengan (efek renang)
3. Agak terang, dari lengan ke badan (efek pake baju, hehe)
—————
Habis ngobrol ama temen, dia bertanya :
Lha kalau istriku cuti melahirkan 3 bulan. Trus tetep digaji.
Iku halal ta haram gajine? mosok gak kerjo kok digaji?

Deghhh, tertegun. Sedemikian wara’nya sobatku ini. Dan kok ya masih ada orang kayak gini.

……………………… perbincangan selanjutnya aku berperan seolah olah sebagai HRD menjelaskan yang bisa diterima secara logika dan alur pikirnya.

 
————————
 
Sebuah percakapan antara seorang ustad dgn seorang pemuda…

Ustadz : “Eh.. kamu ga malu, udah
besar belum bisa ngaji?”

…Pemuda : “Emang masalah buat
pak ustadz..?”

ustadz : “Anak saya saja baru TK sudah hafal banyak surat-surat pendek..”

Pemuda : “Trus, gue harus bilang
WAOW gitu..???”

Ustadz : “Sabaar… kita mulai dari
huruf Aliif, Baa, Taa.. dst, huruf
WAUW masih jauh!”

 
———————- to be continued

   

 

   

     

Leave a Reply

Information

This entry was posted on October 18, 2012 by in [Catatan Harian] and tagged , , , , .

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 159 other followers

Tulisan Terdahulu

