9ethuk

Berbagi adalah sumber energi abadi

Ganti Ban, Ban Bocor

DSC00644 copy

Bismillah.

Sebulan ini, lebih dari 3 kali ganti ban dalam motor. Terakhir adalah kemarin, ganti ban dalam depan belakang sekaligus, dua-duanya bocor di sekitar pentil, dan pentilnya bocor. Sehingga tidak ada pilihan kecuali ganti ban.

Padahal, 2 hari yang lalu baru saja ganti ban dalam bagian belakang di daerah depok pas pulang kerja. Kata temen kerja, “disini gak ada tambal Ban An, adanya ganti ban” dan benar saja, entah akunya yang bego atau apa, tapi hasil pengecekan tukang tambal ban pentilnya bocor, mau gak mau ganti ban. Apesnya lagi, kena tipu juga ama itu tukang tambal ban, dikasihnya ban dalam yang ukurannya lebih kecil dari ban dalam yang seharusnya. Wal hasil, di paragrap pertama yang aku sebutkan, ganti ban dalam lagi selang sehari.

2 minggu yang lalu, juga ganti ban dalam, tapi ini karena sudah lama tak ganti ban dalam dan tambalan di ban dalam bagian belakang sudah cukup banyak. Malu kalau tambal ban lagi, ya udah ganti ban dalam aja.

DSC00383 copy

Pengalaman ganti ban ataupun ban bocor sudah jadi lauk pauk tersendiri bagiku. Ban bocor mulai dari ban dalam tergores, ban bocor tidak terdeteksi karena apa, hingga ban bocor karena kena paku dan pakunya masih mancep sudah pernah aku alami.

Bukan bermaksud berburuk sangka, tapi jika ada berita di tipi temuan paku-paku yang ada di jalan-jalan, mungkin aku akan mengiyakan dengan cepat.

Jika ada tukang tambal ban yang nyari setoran ganti ban daripada tambal ban, aku juga akan mengiyakan. Dulu pernah nambal ban di jakarta, pas lagi ngecek lokasi bocornya aku gak ikut ngeliat, eh si abang tukang tambal ban heran. Kok gak ngeliat main percaya aja. Kata abangnya, di jakarta, setiap orang yang nambal ban, pasti saat pengecekan ban bocor ikut melototin bareng tukang tambal ban, gak mau ditipu katanya.

DSC00381 copy

Awalnya aku ragu pernyataan diatas, tapi setelah mengalami sendiri jadi gak ragu lagi, hehehehe.

Last, biar gak dibilang blogger bisanya kasih masalah tanpa solusi. Maka disini aku kasih tips triknya terkait ban bocor dan tambal ban :

1. Kalau lewat jalan raya, semacet apapun jangan ambil bahu jalan yang keluar dari aspal. tetepaja di aspal, coz paku dan ‘ranjau-ranjau’ paling sering ditabur di sana.

2. Sebisa mungkin hindari lubang atau jika ada genangan air yang kita tidak tau kedalamnya dan ada apa disana, sebaiknya dihindari.

3. Pastikan kita melihat langsung saat melepas ban hingga ditemukan kebocorannya, untuk memastikan kita tidak dikerjai.

4. Pastikan kita sesuaikan type dan ukuran ban vs ban dalam yang existing, jika klop baru pasang.

5. Saran pribadi sich, lebih baik ambil ban dalam yang agak bagusan daripada yang harga 35rb sekalian pasang. Biasanya pentilnya kagak kuat, justru bakal membengkak pengeluaran kita nanti.

6. Pastikan settingan rantai motor sesuai jika habis ganti ban di tukang tambal ban, supaya rantai awet, pengalaman pribadi, pernag rantai rusak gara-gara masang bannya gak pas. Hiks2.

Tidak semua tukang tambal ban jahat, tapi jika ada jahat tidak ada salahnya kita berhati-hati dan lebih teliti.

Semoga bermanfaat. Happy blogging…

10 comments on “Ganti Ban, Ban Bocor

  1. danirachmat
    February 17, 2013

    bisa turut merasakan sebelnya Mas. Dulu juga mengalami kejadian yang sama Mas..😀

  2. Ely Meyer
    February 17, 2013

    Ya ampun gedenya paku itu mas

  3. Iwan Yuliyanto
    February 17, 2013

    Lho aksi terorisme seperti ini masih ada ya? Seingatku dulu sudah ada sweeping besar-besaran.

  4. lambangsarib
    February 18, 2013

    Ranjau paku…… Heran kadang dengan orang2 yg mencari makan dengan mencelakakan orang lain.

    • 9ethuk
      February 22, 2013

      Terkadang berfikir, dalam kondisi seperti apa mereka saat melakukan itu. Pola pikir seperti apa sehingga memutuskan tindakan itu. hehmm,..

      • lambangsarib
        February 22, 2013

        Mereka sangat percaya Tuhan dan berusaha menghadirkan Tuhan dalam dalam setiap gerak langkahnya.

        Tuhan mereka adalah Uang.

      • 9ethuk
        February 22, 2013

        Hehm,,… begitu ya Pak. Mengerikan.
        Membenarkan segala cara untuk ‘Tuhan’ mereka.

      • lambangsarib
        February 22, 2013

        itulah kehidupan.

        Kadang2 Tuhan mereka dibalut dengan atribut keagamaan pula. Hehehe…..

      • 9ethuk
        February 22, 2013

        Ada juga yang kayak gitu ya Pak? Wow, kok bisa ya?

      • lambangsarib
        February 22, 2013

        hehe… ya itulah kehidupan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on February 17, 2013 by in [Catatan Harian], [Jalan Raya], [Roda Dua] and tagged , , , , , .

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 159 other followers

Tulisan Terdahulu

%d bloggers like this: